Pasti Cuan Dengan 3 Investasi di Bulan Ramadan Ini!

0
147
investasi di bulan ramadan
Ilustrasi investasi di bulan ramadan. Photos by istockphoto

Di bulan suci Ramadhan ini banyak hal yang perlu disiapkan termasuk keuangan. Mulai dari kebutuhan zakat, takjil, hingga belanja keperluan lebaran. Untuk itu, sebaiknya kamu wajib mengelola keuangan dengan baik. Salah satunya dengan investasi di bulan Ramadan.

Nah kira-kira apa saja rekomendasinya? Berikut ulasannya:

1. Reksa Dana Syariah

Rekomendasi investasi untuk pemula adalah reksa dana syariah. Investasi ini sangat cocok bagi umat muslim. Sebab semua proses investasi sudah sesuai dengan syariah yang menerapkan prinsip dasar-dasar islam. 

Kelebihan dari reksa dana Syariah ini kamu bisa mulai investasi hanya dengan modal uang Rp. 100.000. 

Dan uang yang kamu investasikan nantinya akan diolah dalam bentuk saham, pasar modal, dan lainnya sesuai syariah islam.

Pembelian reksa dana ini pun sangat mudah. Kamu bisa membelinya melalui agen atau manager reksa dana, bank, dan marketplace yang bekerja sama dengan reksa dana syariah.

Beberapa tahun ke depan rencanya reksa dana syariah akan memudahkanmu untuk berinvestasi. Nantinya kamu bisa melakukan pembelian melalui pegadaian, kantor pos, hingga minimarket.

Baca Juga: 
Apa Yang Dimaksud Dengan Investasi Syariah?

Kamu juga bisa investasi di reksadana pasar uang. Pada dasarnya antara reksa dana syariah dan reksa dana pasar uang hampir sama. Bedanya hanya dari segi pengawasannya saja.

Untuk reksa dana syariah diawasi oleh pengawas syariah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan untuk reksa dana pasar uang hanya diawasi oleh OJK.

Kelebihan dari reksa dana pasar uang adalah tingkat keamanan yang sangat bagus untuk pemula.

2. Investasi Emas

Salah satu investasi bulan puasa yang paling aman adalah investasi emas. Meskipun investasi ini termasuk investasi yang sangat kuno namun dari segi keamanan dan keuntungannya sangat lumayan bagus.

Sebab, kenaikkan harga emas setiap tahunnya meningkat. Keuntungan lainnya dari investasi emas adalah kamu bisa dengan mudah menjual emas ketika membutuhkan dana darurat. 

Selain itu, harga emas cenderung stabil dan meningkat meskipun terdapat krisis ekonomi di pasar global. Sayangnya, menyimpan emas di dalam rumah sangat beresiko terjadinya pencurian. Solusinya, kamu bisa berinvestasi secara digital. 

Melihat kelebihannya, tidak ada salahnya kamu mulai investasi di bulan Ramadan dengan investasi emas sekarang juga.

3. Investasi P2P Lending

Investasi syariah bulan ramadan yang lainnya adalah investasi P2P Lending.  Konsep P2P lending ini sangat sederhana yaitu mempertemukan antara si peminjam dengan pemilik modal.

Jadi, kamu sebagai investor nantinya akan mendapatkan imbal hasil secara rutin dari peminjam. Menjadi investor P2P lending ini juga sangat mudah. Kamu tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Sebab kamu bisa investasi mulai dari Rp. 100.000 saja.

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan dari investasi P2P lending adalah jumlah imbal hasil yang lumayan besar. Jadi, investasi P2P lending ini sangat tepat menjadi salah satu rekomendasi investasi di bulan Ramadan.

Dan salah satu platform digital yang menyediakan investasi P2P lending adalah Amartha. Melalui Amartha kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun untuk setiap mitra yang kamu danai.

Itulah 3 rekomendasi investasi di bulan Ramadan yang cukup aman bagi pemula. Kelebihan dari ketiga investasi di atas adalah kamu bisa investasi hanya dengan modal uang mulai dari Rp 100.000 saja. Selain itu kamu bisa investasi dengan mudah hanya melalui smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here