Pasti Cuan Belajar Investasi Saham dari 5 Sumber Ini

0
71
belajar investasi saham
Sumber Foto: Pexels

Sumber Kredibel untuk Belajar Investasi Saham bagi Pemula

Sama seperti forex, saham adalah investasi yang memerlukan pengetahuan dan wawasan luas. Artinya, belajar investasi saham adalah kunci sukses agar kamu bisa menjalankannya dengan baik dan benar.

Saat ini, ada banyak sekali sumber bagi yang ingin belajar investasi saham. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi siapa saja yang ingin menginvestasikan uang di pasar saham.

Nah, berikut ini kami sudah merangkum sumber-sumber kredibel bagi kamu yang ingin mempelajarinya.

1.   Bergabung di Forum Atau Komunitas Investor Saham

komunitas
komunitas

Bagi yang belum punya modal untuk sekolah investasi, kamu bisa memilih bergabung forum saham sebagai solusi alternatif. Di forum atau komunitas saham, kamu bisa belajar langsung dari penggiat investasi.

Saat ini bahkan banyak sekali forum-forum atau komunitas saham di Indonesia. Sebut saja salah satunya forum-forum online yang ada di media sosial.

Di forum atau komunitas tersebut, kamu bisa belajar investasi saham dari nol.  Ada banyak sekali diskusi menarik yang bisa kamu baca untuk menambah wawasan. 

Namun, kamu tidak boleh secara mentah-mentah mengikuti rekomendasi yang ada di forum, sebaiknya kroscek terlebih dahulu dari sumber lain.

2.   Mengikuti SPM – IDX

Bagi kamu yang punya biaya, Sekolah Pasar Modal (SPM) bisa menjadi solusi tepat untuk belajar saham pemula. SPM diadakan oleh Indonesia Stock Exchange  (IDX) yang dikenal juga dengan sebutan Bursa Efek Indonesia (BEI).

SPM menyediakan tiga program belajar yang bisa kamu pilih. Adapun program-programnya meliputi SPM Saham, SPM Saham Syariah, dan SPM Reksa Dana. Silahkan pilih program yang berkaitan dengan saham untuk mempelajarinya.

SPM khusus saham dan saham syariah diselenggarakan pada 2 tingkatan atau level. Pada level pertama, kamu akan belajar terkait wawasan umum seputar pasar modal dan investasi. Kemudian pada level kedua, akan diadakan workshop khusus untuk membahas analisis teknikal dan fundamental.

Baca Juga: 10 Kesalahan Investasi Saham Pemula yang Harus Dihindari

3.   Kursus Pasar Saham

Sumber Foto: Unsplash

Selain sekolah khusus, kamu juga bisa mengikuti Stock Online Course, atau kursus online saham. Selain kursus berbayar, saat ini juga banyak platform online baik dari luar maupun dalam negeri yang menyediakan Stock Online Course for free, atau belajar saham gratis.

Silahkan kamu pilih salah satu situs kursus saham yang kredibel. Kemudian silahkan masuk ke situs kursus saham tersebut. Nah, nantinya akan muncul banyak opsi kursus yang menyediakan berbagai topik menarik seputar saham.

4.   Membaca Buku-Buku Saham dan Investasi

Investasi Leher Ke Atas
Sumber Foto: Shutterstock

Kursus dan sekolah bukanlah salah satu sumber utama untuk mempelajari investasi saham. Buku-buku juga bisa menjadi sumber yang dapat menambah wawasanmu terkait investasi maupun saham.

Silahkan kamu cari buku-buku investasi dan saham yang ditulis oleh investor ternama. Kamu bisa memulainya dari buku yang membahas tentang hal-hal fundamental atau mendasar. Untuk pemula, pilihlah buku-buku yang pembahasannya ringan namun menarik.

5.   Mengikuti Workshop dan Talkshow Tentang Saham

Dewasa ini cukup banyak perencana keuangan dan investor yang mengadakan talkshow maupun workshop saham. Kelasnya ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Topik yang dibahasnya pun tergolong beragam, namun tetap relevan dengan investasi dan saham.

Silahkan kamu ikuti beberapa program workshop dari pembicara yang berbeda-beda. Lakukan hal ini secara berkala. Cara ini dapat membantumu untuk menambah banyak perspektif terkait investasi dan saham.

Itulah berbagai sumber yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar investasi saham bagi pemula. Jika kamu masih belum paham investasi saham, kamu bisa memulainya dari yang mudah yaitu dengan berinvestasi P2P lending seperti Amartha.

Kamu cukup memilih mitra usaha berdasarkan preferensi profil risiko yang kamu miliki lalu mendanai usaha mereka dan dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Yuk danai sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here