Panduan Mencari Modal Usaha Tanpa Jaminan Untuk Pengusaha Kecil

1
17
Impact Investing Sebagai Solusi Pemerataan Ekonomi di Indonesia
Impact Investing Sebagai Solusi Pemerataan Ekonomi di Indonesia

Salah satu kendala yang dihadapi pengusaha baru adalah keterbatasan modal. Demi mengatasi permasalahan tersebut biasanya pinjaman modal usaha menjadi alternatif demi menambah tingkat produksi.

Namun, minimnya potfolio usaha dan belum adanya aset jaminan yang dimiliki biasanya menjadi kendala bagi para usaha rintisan untuk memenuhi persyaratan bank.

Namun sekarang sudah terbuka kesempatan bagi usaha rintisan untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan. 

Dengan adanya perusahaan Financial Technology (FinTech) seperti Amartha.com, para pengusaha rintisan kini bisa mendapatkan modal usaha tanpa jaminan melalui para investor yang ingin menanamkan modalnya melalui investasi online.

Amartha.com sendiri adalah marketplace lending yang mempertemukan antara investor dengan peminjam melalui platform peer to peer lending.

Fokus utama pembiayaan modal usaha Amartha melalui investasi online adalah kaum ibu yang membutuhkan modal mulai dari 2 juta Rupiah.

Nantinya, modal usaha tanpa jaminan yang diterima akan digunakan untuk usaha produktif di tempat mereka tinggal.

Alasan Peminjam Modal Usaha Memilih Amartha

Banyaknya pengusaha didaerah berprospek yang membutuhkan modal usaha tidak menjadikan investor lebih antusias untuk memberikan pinjaman lunak alias pinjaman tanpa jaminan.

Tapi di amartha.com, banyak pengusaha perempuan bisa mendapatkan modal usaha tanpa jaminan. Setidaknya ada 4 alasan utama kenapa mereka mengajukan peminjaman modal usaha di amartha.com

Pembiayaan modal usaha dengan rate terjangkau, Melalui marketplace yang inovatif kami menghubungkan ekonomi informal dengan rate pembiayaan yang lebih rendah dan fair sesuai dengan profil dan kapasitas.

Transparant dan Fair, Meminjam mulai dari Rp. 2 juta, tanpa jaminan, dan tenor fleksibel 3, 6, dan 12 bulan. Semua informasi disampaikan diawal secara transparan tanpa ada hidden fee serta kemudahan pelunasan lebih awal tanpa penalty.

Menjangkau Pedesaan, Kami mengintegrasikan pendekatan kelompok serta aplikasi online dengan dukungan dari tim lapangan selama jangka waktu pembiayaan.

Membangun Kelayakan Peminjaman Lewat Profile, Sejarah pengembalian angsuran memungkinkan peminjam membangun credit score untuk mendapatkan plafon lebih besar serta rate lebih rendah lagi.

Dengan total dana tersalurkan lebih dari 30 milyar rupiah, Amartha berkomitmen membantu sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah pedesaan untuk tumbuh dan eksis menopang perekonomian nasional.

Saat ini telah dua wilayah yang dijangkau Amartha, yaitu di Kabupaten Bogor dan Bandung. Pembiayaan yang diberikan meliputi beberapa sektor usaha, yaitu: perdagangan, industri rumah tangga, pertanian, peternakan, jasa, pendidikan, perumahan, air dan sanitasi, serta kesehatan.

Berikut proses pengajuan pembiayaan di Amartha.com:

1.Membentuk sebuah kelompok usaha

Sebelum mendapat modal usaha tanpa jaminan anggota diminta untuk membentuk sebuah kelompok usaha terdiri dari 15-20 orang di area tempat tinggalnya.

2. Mengikuti pelatihan

Sebelum mendapatkan pembiayaan calon peminjam wajib mengikuti pelatihan usaha yang diselenggarakan oleh amartha

3. Mendapatkan pembiayaan

Bila proposal pembiayaan lolos terseleksi selanjutnya akan terdaftar di marketplace untuk ditawarkan kepada investor yang berminat melalui sistem investasi online.

Jika komitmen dana dari investor telah didapatkan, Amartha akan memfasilitasi aqad dan pencairan kepada peminjam.

4. Mengikuti pertemuan kelompok mingguan

Setiap anggota yang telah mendapatkan modal usaha tanpa jaminan diwajibkan menghadiri pertemuan mingguan selama proses pembiayaan berlangsung.

Pertemuan akan dipimpin oleh field officer Amartha. Tujuan dilakukannya pertemuan untuk memonitor perkembangan usaha secara berkali hasil investasi online.

Peluang pinjaman usaha kecil tanpa agunan kini dapat dinikmati oleh berbagai pihak, khususnya pengusaha perempuan yang memiliki kebutuhan modal mulai dari 2 juta Rupiah.

Peminjaman modal usaha akan semakin banyak mendapatkan investor untuk usaha yang produktif dan berdampak sosial.

Mau mengajukan pinjaman modal?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here