P2P Lending Apakah Termasuk Investasi Aman untuk Pemula?

0
141
Sumber Foto: Shutterstock

Ini Dia Investasi Aman untuk Pemula, Simak ya!

Banyaknya investasi memunculkan kebingungan di masyarakat. Maka dari itu sebelum menanamkan modal, sebaiknya harus diketahui instrument investasi aman untuk pemula.

Ya, ada banyak macam ragam investasi, baik riil maupun finansial. Salah satu investasi yang lagi hype yakni Peer to Peer (P2P) Lending. Lantas, apakah investasi ini aman untuk yang baru memulai? 

Pengertian Investasi P2P Lending

Sebelum memutuskan aman tidaknya sebuah investasi, baiknya kamu mengetahui pengertiannya. P2P lending adalah sebuah platform yang bisa mempertemukan seorang investor dengan borrowers atau pelaku usaha.

Platform ini bertindak sebagai penengah dengan sistem interaksi secara online. Investor bertindak sebagai penyedia dana. Sementara borrowers merupakan pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal usaha.

Cara Kerja Investasi P2P Lending

Cara kerja investor di P2P lending cukup sederhana, seperti berinvestasi di platform lain. Berikut caranya:

  1. Daftarkan diri ke platform P2P Lending,
  2. Pilih borrower atau mitra yang akan diberi modal usaha,
  3. Analisis dahulu portfolio dan akad bersama mitra,
  4. Beri pendanaan usaha,
  5. Pantau terus investasi di platform yang disediakan.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri P2P Lending Paling Aman

Keuntungan Berinvestasi di P2P Lending

Tips atur keuangan
Sumber Foto: Shutterstock

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika berinvestasi di P2P lending. Selain merupakan investasi aman untuk pemula, berikut keuntungan yang bisa kamu peroleh:

1. Cara Investasi Mudah

Untuk berinvestasi di platform ini cukup mudah. Kamu hanya perlu registrasi diri melalui online, kemudian melampirkan dokumen asli data diri.

Setelah itu, kamu akan diminta melakukan verifikasi data diri tersebut. Bubuhkan tanda tangan dan kamu siap untuk bekerja sama dengan mitra.

2. Investasi Aman

Selain mudah, P2P juga menjadi investasi paling aman di masa kini. Ketimbang kamu mengikuti arisan bodong, atau investasi tak bertanggung jawab. Lebih baik jadi investor di P2P Lending.

3. Keuntungan Bersaing

Selain mudahnya untuk berinvestasi, platform P2P lending juga mampu memberikan imbal hasil yang bersaing dengan instrumen investasi lainnya. Amartha sebagai perusahaan P2P Lending produktif menawarakan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

Dengan imbal hasil yang besar ini, kamu bisa memanfaatkannya sebagai investasi jangka menengah. Misalnya saja hasilnya untuk membeli gadget keluaran terbaru atau yang lainnya.

4. Modal Kecil

Modal atau nilai investasi yang kamu keluarkan tidak perlu besar. Hanya dengan Rp100 ribu, kamu bisa mulai membantu memberi modal kepada pelaku usaha mikro.

P2P lending cocok untuk investasi pemula modal kecil. Kamu bisa sekalian belajar menganalisis portofolio dan lain sebagainya.

5. Dapat Memilih Borrower

Platform juga memudahkan kamu untuk memilih langsung borrower yang kamu mau. Nantinya, perusahaan fintech ini akan mengirimkan profil dan portofolio si borrower untuk dipelajari.

Kemudian jika kamu merasa aman, langsung saja beri bantuan modal. Kamu tinggal memantau di dashboard untuk perkembangannya.

6. Membantu Pelaku Usaha Mikro

Kamu juga bisa membantu pelaku usaha mikro dengan berinvestasi di P2P lending ini. Sebab, platform ini menjadi salah satu penyokong dalam UMKM di Indonesia.

Seperti yang dilakukan Amartha. Perusahaan fintech ini turut membantu perempuan Tangguh di seluruh negeri untuk mendapatkan modal usaha. Tentu kamu juga turut berperan penting di sini.

Amartha sebagai investasi aman OJK menyediakan program crowdfunding untuk kamu yang mencoba menjadi investor. Dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi nyaman di Amartha.

Modal yang cukup rendah ini membuat Amartha cocok sebagai platform investasi aman untuk pemula. Segera daftarkan diri di www.amartha.com ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here