Odading, Asal-usul dan Resep Mudahnya

|

|

|

Belakangan ini, odading sedang menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Odading merupakan jajanan yang terbuat dari adonan tepung, telur, dan gula pasir yang digoreng. Penganan ini digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan empuk. Untuk mengenal lebih jauh mengenai asal-usul odading dan cara membuatnya, Anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini. 

Asal-Usul Odading

Odading merupakan penganan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan sederhana dan memiliki rasa yang lezat. Penganan yang memiliki bentuk seperti bantal dengan cita rasa manis ini sangat populer di kalangan masyarakat Bandung kala itu, bahkan sampai saat ini. 

Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat Bandung, odading ini berasal dari pernyataan seorang anak keluarga Belanda. Saat itu, salah seorang anak dari keluarga tersebut meminta kepada ibunya untuk dibelikan jajanan yang dijajakan oleh seorang anak kampung. Anak dari keluarga Belanda tersebut menunjuk ke arah dagangan yang dibawa oleh sang penjaja makanan. 

Karena bingung dengan permintaan anaknya dan timbul rasa penasaran, ibu si anak memanggil penjaja makanan dan membuka dagangan yang ditutup dengan daun pisang tersebut. Saat dibuka, sang ibu berkata dalam bahasa Belanda “O, dat ding” yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “O yang itu”. 

Perkataan ibu tersebut yang kemudian oleh orang-orang dihubungkan dengan jajanan yang dibeli oleh anak itu. Agar lebih mudah untuk diingat dan dilafalkan oleh masyarakat pada saat itu, maka penganan tersebut diberi nama odading. Tidak hanya di Bandung saja, di beberapa daerah juga mengenal jajanan yang mirip dengan odading, hanya saja memiliki sebutan yang berbeda-beda.

Di Jawa Tengah dan sekitarnya, kue sejenis odading ini dikenal dengan nama galundeng atau bolang-baling. Sementara itu, di daerah Jawa Barat dikenal dengan kue bantal atau roti goreng dan di daerah Medan dikenal dengan nama roti bohong. Disebut dengan roti bohong karena di dalam rotinya tidak berisi alias kosong. 

Resep Mudah Odading Lezat dan Nikmat

Karena rasanya yang nikmat, empuk, dan mengenyangkan, odading sering disantap bersama kopi atau teh sebagai makanan pengganti sarapan. Kue ini juga biasanya menjadi menu favorit anak-anak untuk dijadikan bekal dan makanan pengganjal perut. Tidak perlu membeli, Anda bahkan bisa membuat odading sendiri di rumah dengan resep berikut ini. 

Bahan yang Diperlukan: 

  • ¼ kilogram (250 gram) tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur, 
  • 1 sdt ragi instan
  • 80-100 gr gula pasir (sesuai selera)
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air hangat
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Odading:

  • Siapkan wadah dan pecahkan telur, kemudian kocok telur hingga mengembang. 
  • Siapkan mangkok besar atau baskom, masukkan tepung terigu, ragi, gula pasir, dan garam.
  • Tuangkan air hangat, kemudian aduk semua bahan sampai merata. 
  • Masukkan telur yang sudah dikocok dan mengembang ke dalam adonan tepung, kemudian uleni adonan hingga kalis. 
  • Tutup adonan yang sudah kalis menggunakan kain atau serbet yang bersih. Anda juga bisa menggunakan plastik bening, lalu diamkan adonan odading selama 1 jam. 
  • Setelah didiamkan selama 1 jam, buka penutup wadah dan kempiskan adonan odading yang mengembang. 
  • Potong dan bentuk adonan sesuai dengan selera Anda sampai adonan habis. 
  • Diamkan adonan beberapa saat, kemudian siapkan wajan dan tuang minyak goreng secukupnya. 
  • Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan adonan odading yang sudah dipotong-potong dan goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Saat menggoreng, sebaiknya jangan sering dibolak-balik.

Sekarang Anda sudah lebih mengenal kue yang memiliki nama unik dan rasa yang enak ini, bukan? Nah tau gak sih, ada banyak mitra usaha Amartha yang juga mengelola usaha kuliner yang viral ini lho. Sayangnye mereka terhalang modal usaha. Anda bisa mendanai usaha mereka dan mendapatkan imbal hasil sampai 15% Flat per tahun. Pelajari mengenai Amartha di sini.

Sumber Foto: diadona.id

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.