#NyalakanDesa untuk Nyalakan Produktivitas Warga Desa Ulak Bedil

0
15

Berangkat dari fenomena yang Amartha temukan di beberapa daerah, ternyata masih ada sebagian dari masyarakat yang belum merasakan akses listrik secara merata.

Mengutip data siaran pers Kementerian ESDM (05/21), hingga kini masih ada lebih dari 540.000 warga dan 345 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik hingga kuartal pertama 2021 – termasuk para mitra Amartha di Desa Pedamaran dan Ulak Bedil, Sumatera Selatan. 

Menanggapi hal itu, Amartha mengadakan program #NyalakanDesa untuk memberikan 500 lampu rumah tangga serta 30 lampu jalan tenaga surya dengan total dana 500 juta rupiah, di mana sekitar 40 juta rupiah berasal dari dukungan publik yang digalang melalui Kitabisa. 

Amartha menyalurkan 150 lampu rumah tangga tenaga surya serta 30 lampu jalan kepada Desa Ulak Bedil yang penyaluran dan pendiriannya dilakukan secara gotong-royong bersama para warga. Amartha juga menyalurkan 350 lampu rumah tangga tenaga surya kepada para mitra Amartha di Pedamaran.

Mukhlis, Kepala Desa Ulak Bedil, Sumatera Selatan menyampaikan, “Bantuan lampu untuk penerangan jalan dan rumah tangga ini sangat bermanfaat bagi warga, karena sebelumnya kegiatan warga otomatis berhenti di malam hari. Padahal, beberapa warga berpotensi untuk melanjutkan usahanya di malam hari, seperti melanjutkan menenun kain songket, atau memproduksi kerajinan. Namun, tanpa penerangan di malam hari, kegiatan tersebut menjadi tertunda dan memperlambat kapasitas produksi warga. Alhamdulilah dengan bantuan dari Amartha, saat ini Desa Ulak Bedil menjadi terang benderang”. 

Pemberian lampu tenaga surya ini merupakan upaya Amartha untuk meningkatkan produktivitas masyarakat Pedamaran dan Ulak Bedil sehingga dapat mendorong ekonomi secara berkelanjutan melalui sumber energi baru dan terbarukan. Dengan lampu bertenaga matahari ini, meski tanpa listrik, masyarakat kini dapat lebih produktif dan lebih nyaman beraktivitas di malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here