Napak Tilas Kemerdekaan Indonesia Di 5 Tempat Bersejarah Ini

0
80
Ilustrasi Tempat Bersejarah Indonesia. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi Tempat Bersejarah Indonesia. sumber: www.freepik.com

Mengunjungi tempat bersejarah sebagai salah satu bentuk untuk melakukan napak tilas proses kemerdekaan negara Indonesia. Bulan Agustus merupakan bulan yang spesial untuk negara Republik Indonesia, pada bulan ini Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17.

Hal ini tentu menjadi lebih bermakna ketika dapat melakukan napak tilas ke tempat yang bersejarah yang menjadi saksi kemerdekaan Indonesia. Berikut ini 5 tempat yang sangat cocok untuk kamu yang berminat untuk melakukan napak tilas:

1. Monumen Nasional (Monas)

Lokasi satu ini sangat familiar dan popular untuk dikunjungi oleh masyarakat, terlebih ketika Hari Kemerdekaan pada bulan Agustus tiba. Monumen Nasional atau lebih akrab disebut Monas, merupakan tempat yang bersejarah dan di dalamnya berisi diorama yang menjelaskan proses perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan hingga mencapai kemerdekaan. Di dalam salah satu ruangan pada bangunan Monas juga tersimpan naskah asli proklamasi, sehingga masyarakat dapat napak tilas untuk melihatnya.

Tiket masuk Monas sangat terjangkau, yaitu Rp 2.000-Rp 15.000 untuk kategori yang berbeda. Sedangkan, jam operasionalnya mulai dari Hari Selasa-Minggu, pukul 08.00-21.00 WIB. Tidak heran jika Monas selalu ramai pengunjung di saat hari libur maupun hari-hari khusus seperti Hari HUT Kemerdekaan Indonesia.

2. Rumah Persinggahan Rengasdengklok

Daerah Rengasdengklok di Kabupaten Karawang menjadi tempat yang bersejarah untuk menjadi saksi kemerdekaan Indonesia. Rumah persinggahan di Rengasdengklok tersebut merupakan kediaman Djiaw Kie Siong yang berkenan untuk menjadi tempat persembunyian Soekarno ketika “diculik”.

Rumah persinggahan ini berada di desa Bojong yang saat ini menjadi cagar budaya nasional yang dilindungi. Jika kamu berminat untuk melakukan napak tilas kemerdekaan, maka rumah persinggahan ini dapat menjadi alternatif yang dapat dicoba.

Baca Juga: Mau Ikut Upacara HUT RI di Istana? Begini Cara Daftarnya!

3. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monjali atau Monumen Jogja Kembali dapat menjadi alternatif tempat bersejarah Indonesia yang dapat dikunjungi ketika melakukan napak tilas menuju HUT Kemerdekaan RI. Monumen ini dibuka pada hari Selasa-Minggu mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket mulai dari Rp 15.000 per orangnya.

Monjali merupakan museum yang bertujuan untuk mengenang peristiwa ketika tentara Belanda ditarik keluar dari Indonesia pada tanggal 29 Juni 1949. Di dalam monumen ini terdapat berbagai diorama dan relief yang dapat menjadi bahan untuk menapak tilas berbagai peristiwa kemerdekaan. 

4. Monumen Tugu Pahlawan

Warga Surabaya juga memiliki monumen sendiri sebagai tempat yang bersejarah untuk napak tilas peristiwa 10 November 1945. Monumen Tugu Pahlawan menjadi saksi perjuangan warga Surabaya melawan kependudukan Jepang di Surabaya. Di dalam kawasan monumen ini tersedia berbagai museum yang dapat menjadi sumber pengetahuan para pengunjungnya.

Tidak perlu membayar mahal untuk masuk ke Monumen Tugu Pahlawan, cukup membayar tiket seharga Rp 5.000 saja. Fasilitas yang tersedia pada lokasi bersejarah ini dapat menjadi bekal untuk napak tilas menjelang Hari Kemerdekaan RI.

5. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi yang terletak di Cikini, Jakarta Pusat menjadi rekomendasi lokasi bersejarah yang wajib dikunjungi ketika melakukan napak tilas. Kawasan Tugu Proklamasi menjadi saksi bersejarah Soekarno membaca teks proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Lokasi bersejarah ini sering digunakan untuk napak tilas menjelang HUT RI pada 17 Agustus. Untuk dapat mengunjungi tempat ini, pengunjung dibebaskan dari biaya tiket masuk alias gratis. Karena area yang terbuka, Tugu Proklamasi memiliki jam operasional 24 jam.

Itulah 5 rekomendasi tempat bersejarah yang wajib dikunjungi ketika kamu ingin melakukan napak tilas menjelang HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 nanti. Selain meluangkan waktu untuk berlibur, jangan lupa juga tetap menyisihkan uang kamu untuk berinvestasi di microfinance marketplace Amartha. Bersama Amartha kamu bisa mendapatkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

Kamu juga tak perlu khawatir, karena Amartha sudah terdaftar di OJK dan tentunya berdampak positif dengan modalin UMKM di Indonesia agar lebih berkembang.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here