Home Finance Mulai Siapkan Dana Pensiun untuk Kehidupan Nyaman di Masa Depan

Mulai Siapkan Dana Pensiun untuk Kehidupan Nyaman di Masa Depan

|

|

|

WhatsApp Image 2017-11-28 at 15.48.02

Ketika mendadak tidak ada pekerjaan, banyak pensiunan bingung mau kerja apa, sehingga ia akhirnya beralih jadi Pengangguran. Ketika ritme hidup mendadak menjadi lambat, bingung bagaimana memanfaatkannya, banyak pensiunan yang akhirnya tidak produktif di masanya itu. Padahal bila bisa memanfaatkan waktu dan juga keuangan dengan baik, maka bukan tidak mungkin di masa pensiun justru keadaan ekonomi mereka akan terus tumbuh.

Seperti yang kita ketahui bersama, ketika mendadak tambah kaya, dan bingung bagaimana mengelolanya, biasanya orang cenderung untuk menghabiskan uang daripada mengelolanya. Jika tidak diantisipasi, maka dia malah menghabiskan uangnya untuk keinginannya dan bukan berdasarkan dengan kebutuhan dirinya. Nah, dalam hal ini menabung dan berinvestasi menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi para pensiunan.

Di sisi lain, kebanyakan masyarakat tidak sadar perlunya menabung dan berinvestasi untuk dana pensiun sedini mungkin. Bahkan, seharusnya masyarakat disadarkan sebaiknya persiapan pensiun, dilakukan sejak pertama kali menerima penghasilan atau gaji. Nah, kira-kira apa sih pentingnya kegiatan investasi ini bagi para pensiunan? Yuk kita pelajari hal berikut!

Mengapa harus berinvestasi sedini mungkin?

  1. Pertama, untuk memenuhi biaya hidup pasca pensiun, ketika kita tidak bekerja lagi, membutuhkan dana sangat besar.
  2. Kedua, jika kita tahu untuk mengakumulasi dana besar itu kita memiliki waktu yang semakin panjang, semakin ringan tabungan rutin yang harus kita sisihkan.
  3. Ketiga, semakin panjang waktu persiapan, kemungkinan memanfaatkan instrumen investasi saham atau investasi berisiko yang menghasilkan imbal hasil investasi tinggi, semakin terbuka.

Kebutuhan persiapan pensiun sebetulnya harus dilakukan oleh semua orang. Hal ini karena akan ada masa setiap orang memasuki periode yang tidak lagi produktif dalam artian tidak menghasilkan pemasukan. Di sinilah mengapa, belajar perencanaan keuangan dan juga belajar investasi adalah hal yang penting.

Menyadarkan masyarakat agar mempersiapkan pensiun sedini mungkin, bisa menjadi alternatif meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa. Betapa tidak, jika setiap orang sudah memiliki dana cadangannya di masa depan dan akan terus tumbuh, maka hal ini akan menguntungkan, baik bagi diri mereka maupun pemerintah.

Mengedukasi masyarakat untuk mempersiapkan pensiun, memberikan jawaban atas pertanyaan “untuk apa dan mengapa saya harus berinvestasi?”. Sementara produk-produk keuangan hanya merupakan sarana atau alat, yang sejatinya untuk menjawab pertanyaan “bagaimana mencapainya?”

Kesadaran mempersiapkan pensiun menjadi salah satu pintu masuk bagi seseorang belajar investasi. Ia memahami, dengan berinvestasi masa depan lebih baik. Edukasi investasi melalui penyadaran perlunya mempersiapkan dana pensiun, akan menolong masyarakat terhindar dari pemborosan, karena secara sadar, ia harus menabung dan berinvestasi.

Lalu, sudahkan Anda mempersipakan dana pensiun? Jika belum, jangan khawatir! Yuk pelajari salah satu produk investasi yang aman dan telah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berikut. Berinvestasi sejak dini akan memberikan kesiapan bagi Anda di masa depan, makin cepat Anda memulai berinvestasi makin banyak dana yang Anda siapkan untuk masa depan. Raih keutungan hingga 17 % p.a. dengan berinvestasi. Cek di sini ya.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...