Mudah dan Praktis! 7 Tips Hemat Uang Jajan Setiap Hari

0
516
Sumber Foto: Pexels

Tips Cara Hemat Uang yang Baik dan Benar – Sulit mengontrol jajan sehari-hari bisa menjadi penyebab pemborosan yang tidak terasa. Hal tersebut bahkan dapat mempengaruhi keuangan kamu. 

Namun tidak perlu khawatir, karena kami punya tips hemat agar bisa membatasi kebiasaan jajan kamu yang sulit dikendalikan. Ada 7 tips hemat uang yang sudah Money+ kurasi. 

Simak 7 cara mudah dan praktis ini agar kau bisa menghemat uang jajan!

1. Membatasi Kebiasaan Minum Kopi di Luar 

decoy effect - kopi

Banyaknya tempat nongkrong atau tempat “ngopi” menjadi salah satu kendala yang menyulitkan kita untuk bisa menghemat. Ajakan teman yang menggoda kita untuk pergi nongkrong pun kerap menjadi godaan yang sulit ditolak. 

Padahal jika kita hitung, untuk segelas kopi di cafe, kita harus mengeluarkan uang Rp15.000 hingga Rp25.000. Belum lagi cemilan atau makanan. Sekali nongkrong, mungkin bisa menghabiskan sekitar Rp50.000 hingga Rp75.000.

2. Berhenti Merokok

Bagi kamu yang suka merokok, mulailah untuk belajar berhenti merokok mulai dari sekarang. Terlebih jika kamu masuk ke dalam golongan perokok berat.

Harga sebungkus rokok mulai dari Rp20.000 hingga Rp35.000. Jika bisa berhenti, tentu akan menghemat pengeluaran menjadi lebih besar.

Jika ditotal, pengeluaran per bulan untuk rokok bisa sekitar Rp500.000. Dengan begitu, kamu bisa menghemat ratusan ribu untuk pengeluaran bulanan.

Baca Juga: Deretan Cara Menghemat Uang dengan Menerapkan Gaya Hidup Go Green

3. Mengurangi Hobi Jajan Cemilan

Tips hemat berikutnya ini khusus untuk kamu yang punya kebiasaan ngemil. Mulailah mengurangi jajan cemilan sekarang juga. Selain untuk menghemat pengeluaran, juga bagus untuk kesehatan. 

Perlu kamu ketahui, pengeluaran rata-rata untuk makanan pokok yaitu sekitar 30% dari pendapatan. Angka tersebut belum termasuk jajan cemilan.

Akibat kebiasaan tersebut, bisa saja pengeluaran makanan mencapai 50%. Angka tersebut termasuk makanan pokok dan cemilan.

4. Berhenti Belanja Baju maupun Aksesoris

Berhenti belanja merupakan tips hemat untuk pelajar maupun ibu rumah tangga. Pasalnya, aktivitas belanja saat ini sudah dipermudah dengan hadirnya berbagai marketplace.

Godaan diskon maupun gratis ongkir menggoda setiap orang yang suka belanja baju maupun aksesoris. Efeknya hal tersebut dapat menghabiskan uang hanya untuk mengikuti tren dan nafsu.

5. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Ilustrasi Kartu Kredit

Credit card seakan menjadi pisau bermata dua. Di lain sisi, alat pembayaran tersebut memudahkan kita saat bertransaksi. Di sisi lainnya, kartu kredit adalah alat yang mendorong kita pada perilaku boros dalam berbelanja.

Jika terlanjur memilikinya, maka bijaklah saat menggunakannya. Karena layanan kartu kredit ini memberi kita kemudahan saat berbelanja, termasuk cicilan dengan bunga 0% yang membuat siapa saja tergoda.

6. Biasakan Menabung

Investasi untuk Single Parent
Sumber Foto: Shutterstock

Ketahui dan aplikasikan tips menabung cepat. Karena menabung bisa membantu kamu agar bijak menggunakan uang. Selain itu, tabungan juga punya manfaat yang besar.

Ketahui juga tips menabung mahasiswa bagi yang masih belajar di kampus. Buatlah dua rekening, yang satu untuk tabungan dan yang satunya lagi untuk kebutuhan transaksi.

7. Menggunakan Transportasi Publik Daripada Online

Layanan transportasi online menawarkan kemudahan pencarian transportasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Namun, biaya yang ditawarkannya justru lebih mahal jika kita bandingkan dengan transportasi publik.

Gunakanlah transportasi publik karena selisih biaya antara transportasi publik dan online tergolong sangat signifikan. Kecuali jika mendesak dan sulit menemukan transportasi publik di jam-jam tertentu.

Dari penjelasan di atas, sedikit banyaknya kini kamu mengetahui bahwa tips hemat di atas berkaitan dengan gaya hidup. Jika sudah merasa menghemat tapi pemasukan masih kurang, yuk, gabung investasi P2P lending di www.amartha.com. Kamu bisa mendapatkan imbal balik investasi hingga 15% flat per tahun, lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here