Mudah, Cara Cek BI Checking Online Melalui Situs OJK

0
2327
cara cek bi checking
Sumber Foto: Pexels

Layanan BI Checking kini sudah beralih dari Bank Indonesia kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Dengan demikian, kamu dapat mengakses atau mengecek BI Checking secara online melalui situs OJK.

BI Checking adalah informasi yang berisi riwayat pelunasan kredit atau pinjaman salah seorang warga negara Indonesia yang dapat diakses oleh semua bank. BI Checking juga menjadi salah satu syarat ketika seseorang ingin mengajukan kredit ke suatu lembaga keuangan seperti perbankan. 

BI Checking awalnya merupakan salah satu layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Informasi SID berisi identitas debitur, agunan, jumlah pembiayaan yang diterima dan riwayat pembayaran cicilan kredit. 

Skor Kredit Debitur Menurut BI Checking

Sebelum mengetahui cara BI Checking online 2021, kamu wajib mengetahui skor kredit atau riwayat kredit yang ada di BI Checking. Skor kredit diukur ke dalam skor dengan skala 1 sampai 5 di mana skor 5 adalah kredit macet. Berikut penjelasannya:

Skor 1 adalah golongan kredit lancar. Artinya, debitur memenuhi kewajiban pembayaran kredit tanpa pernah menunggak. Skor 2 adalah kredit dalam perhatian khusus. Artinya, debitur memiliki tunggakan 1-2 bulan pembayaran. 

Skor 3 adalah kredit tidak lancar. Artinya debitur menunggak selama 3 hingga 4 bulan. Skor 4 adalah kredit diragukan yang artinya debitur menunggak cicilan selama 4 hingga 5 bulan. Skor 5 adalah kredit macet di mana debitur menunggak cicilan lebih dari 6 bulan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Riwayat Kredit di BI Checking 

Cara Cek BI Checking Online 

Kini, kamu bisa dengan mudah mengecek BI Checking secara online melalui browser dengan mengunjungi situs OJK. Hingga saat ini belum ada aplikasi BI Checking yang bisa kamu unduh di smartphone.

Untuk mengecek BI Checking secara online, kamu harus mengajukan informasi SID terlebih dahulu ke kantor OJK. Setelah itu kamu bisa cara melihat BI Checking di hp android dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke laman OJK untuk permohonan SID di http://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registresi 
  • Siapkan dokumen syarat yaitu e-KTP, identitas diri dan paspor bagi WNA, fotokopi surat kuasa jika dikuasakan. 
  • Khusus badan usaha, siapkan syarat berupa NPWP dan akta pendirian.  Kemudian isi formulir dan nomor antrian. 
  • Kemudian unggah semua dokumen yang menjadi syarat pengajuan. 
  • Setelah semua dokumen terunggah, kamu tinggal menunggu proses verifikasi data yang dilakukan oleh petugas OJK.
  • Nantinya kamu akan menerima pemberitahuan dari OJK berupa hasil verifikasi antrian online paling lambat H-2 dari tanggal antrian
  • Jika data sudah lengkap, kamu bisa mencetak formulir pada email dan menandatanganinya. 
  • Kirim kembali formulir ke nomor Whatsapp yang sudah diberikan. OJK kemudian akan melakukan verifikasi lanjutan
  • Jika semua persyaratan lolos verifikasi, OJK akan mengirimkan informasi debitur atau iDeb SLIK ke alamat email dan cara membaca iDeb

Itulah langkah-langkah atau cara cek BI Checking secara online. Pastikan kamu membayar pinjaman tepat waktu dan mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan atau saat dalam keadaan mendesak saja.

Siapkan juga dana darurat agar kamu tidak perlu meminjam uang apalagi sampai terjerat pinjol ilegal. Kamu bisa menyiapkan dana darurat dengan melakukan investasi UMKM di P2P Lending Amartha. Ada bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan lho! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here