Home Finance Monkey Business: Salah Satu Jenis Investasi Bodong

Monkey Business: Salah Satu Jenis Investasi Bodong

|

|

|

Investasi kini menjadi aktivitas yang mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Teak heran jenisnya pun mulai beragam seiring perkembangan teknologi, misalnya saja seperti investasi peer to peer lending, deposito, emas, reksadana, dan lain sebagainya. 

Investasi biasa dianggap sebagai jalan pintas untuk menambah pundi-pundi keuangan. Padahal, selalu ada risiko dalam setiap investasi. Maka dari itu, sebagai calon investor diperlukan pengetahuan yang cukup sebelum berinvestasi. Salah satu pengetahuan yang akan dibahas kali ini ialah mengenai monkey business.

Istilah pada monkey bisnis di sini bukan merujuk pada bisnis topeng monyet atau jual beli hewan, melainkan bisnis yang mana pengelolanya bersikap seperti hewan monyet setelah mendapatkan keuntungan. Misalnya yaitu monyet akan akan kabur atau lari ketika sudah mendapatkan makanan. Maka Anda sudah sedikit memperoleh gambaran tentang monkey business. 

Kemudian, apa sebenarnya yang dimaksud dengan monkey business?

Bisnis monyet atau monkey business dapat diartikan sebagai suatu strategi di dalam bisnis dengan tujuan untuk membuat rugi orang lain menggunakan cara yang meningkatkan keuntungan dirinya sendiri meskipun melakukan penipuan.

Sehingga monkey business ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang tergolong kotor (bisnis kotor) dan tidak boleh dilakukan oleh seorang pengusaha atau pelaku bisnis.

Tips Terhindar Jerat Investasi Bodong

Contoh Monkey Business

Monkey business dalam hal ini, pelaku bisnis akan kabur dengan membawa keuntungan yang sudah diperoleh dari korbannya. Misalnya seperti pada saat di dunia nyata yaitu :

  • Arisan Bodong

Ada banyak arisan bodong, para anggotanya mengalami kerugian. Pada awalnya para anggotanya diiming-imingi dengan arisan yang keuntungannya berlipat. Di satu putaran atau awal waktu sampai dengan selesai.

Anggota bisa merasakan keuntungan sehingga pada periode selanjutnya akan diminta untuk menambah jumlah saldo arisan. Anggotanya pun tidak merasa khawatir pada awalnya, hal itu karena mereka memperoleh keuntungan sebelumnya.

Kemudian iuran yang lebih tinggi dan tentunya jumlah anggota bertambah banyak. Sehingga membuat pihak penyelenggara bisa mengumpulkan lebih banyak uang.

Bahkan jumlah uangnya bisa mencapai hingga angka ratusan hingga miliaran. Selanjutnya pihak penyelenggara arisan membawa kabur uang yang sudah ada di tangannya.

Lima Cara Memilih Investasi Yang Tepat Untuk Kamu

  • Batu Akik

Batu akik pernah booming beberapa tahun yang lalu dan harganya pun menjadi fantastis. Kemudian banyak orang berbondong-bondong ramai membelinya, meskipun harganya tidak masuk akal. Batu akik yang dibeli kemudian dibuat pajangan di rumah.

Hal itu dilakukan dengan harapan akan ada orang lain membelinya dengan harganya yang tinggi juga. Sebenarnya tidak menjadi masalah, karena apabila suka menyukai suatu hal pasti dibeli meskipun harganya mahal.

Bisa dikatakan yang menjadi masalah yaitu cara berpikir orang tersebut karena rela membeli suatu barang dengan harga selangit meskipun tidak ada kegunaannya sama sekali untuk hidupnya. Bahkan tidak jarang apabila barang itu adalah sesuatu tidak berguna atau tidak terpakai.

Selain dua contoh di atas, ada juga yang lain seperti tanaman hias musiman yang harganya selangit seperti gelombang cinta. Oleh sebab itu, Anda bisa mengalihkan dana tersebut ke bisnis nyata, misalnya investasi di Peer to Peer Lending Amartha.

Amartha merupakan perusahaan investasi P2P Lending di Indonesia yang menghubungkan investor kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Fokus memberikan akses layanan keuangan juga edukasi mengelola usaha dan keuangan kepada pelaku UMKM di desa, kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% Flat per tahun lho.

Pelajari mengenai Amartha selengkapnya di sini

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...