Milenial Juga Bisa Merdeka Finansial, Begini Caranya!

|

|

|

Merdeka secara finansial tentunya menjadi dambaan setiap orang, tidak terkecuali milenial yang menjadi generasi produktif di Indonesia saat ini. Generasi milenial adalah orang-orang yang lahir dari tahun 1977-1995. Di samping bekerja kantoran, sebagian dari generasi milenial di masa sekarang juga sudah memilih membuka bisnis sendiri untuk menuju kesuksesan.

Karena terlahir di era globalisasi serta bergantung pada gadget dan internet, generasi ini cenderung memiliki sifat konsumtif untuk membeli paket internet, atau bahkan membeli gadget keluaran terbaru. Namun, jangan khawatir, buat kamu yang merasa masuk di generasi milenial tetap dapat merasakan merdeka finansial kok asalkan menerapkan berbagai cara berikut:

1. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Generasi milenial seringkali ceroboh dalam menggunakan kartu kredit. Generasi ini cenderung merasa karena masih muda, kartu kredit pun akhirnya hanya digunakan untuk membeli barang-barang konsumsi yang sifatnya menyusut.

Akhirnya, penggunaan kartu kredit pun hanya akan menambah beban keuangan karena tagihan yang tidak terkontrol setiap bulannya. Oleh karena itu, generasi milenial disarankan untuk menghindari menggunakan kartu kredit hingga lebih bijak dalam mengatur keuangannya.

2. Menyiapkan Tabungan Pensiun Sejak Dini

Saat ini, sebenarnya sudah tersedia banyak sekali pilihan investasi yang bisa dijadikan tabungan masa tua, yakni ketika kamu sudah tidak di usia produktif lagi. Jika kamu saat ini masih berada di rentang usia 20-an tahun, kesempatan untuk menabung akan lebih panjang, dan angka yang akan dikumpulkan menjadi semakin besar.

Bank atau perusahaan asuransi biasanya menawarkan produk tabungan pensiun hingga usia yang bisa kamu pilih. Misalnya, hingga usia 45 tahun, 50 tahun, atau 55 tahun. Kita pun dapat memilihnya sesuai masa produktif bekerja.

3. Disiplin Menyisihkan Penghasilan Bulanan untuk Ditabung  

Jangan pernah berpikir untuk menunda menabung ketika masih muda. Justru selagi muda, kesempatan menabung pun harus mulai dilakukan dari sekarang. Susunlah pengeluaran kamu, sisihkan minimal 10% dari penghasilan untuk tabungan. Nantinya, tabungan ini juga dapat kamu jadikan dana darurat yang sewaktu-waktu bisa kamu gunakan ketika harus melakukan pengeluaran tidak terduga.

4. Hasilkan Pendapatan Tambahan Selain Gaji  

Salah cara yang bisa dilakukan generasi milenial untuk mencapai merdeka finansial adalah mencari pendapatan tambahan di luar gaji.  Lalu, bagaimana caranya? Sebagai generasi milenial yang hidup di era teknologi informasi yang berlimpah, banyak sekali peluang untuk mencari pendapatan tambahan selain gaji bulanan. Kamu bisa mulai rencana membuka usaha, menjadi agen asuransi, ataupun menjadi influencer di sosial media.

Selain mencari pendapatan tambahan, saat ini skema pendanaan di Amartha juga layak dicoba oleh generasi milenial sebagai instrumen investasi masa kini. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kalian bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya juga dapat diambil kapan saja.

Keamanannya? Aman dan terpercaya pastinya, karena Amartha merupakan Peer to Peer (P2P) Lending yang telah berizin usaha dan diawasi oleh OJK. Amartha juga menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi.

Manfaat lainnya? Dana milikmu akan punya dampak dan manfaat sosial karena Amartha bertekad menciptakan kesejahteraan yang merata di Indonesia. Dana milikmu pun akan disalurkan kepada para Perempuan Tangguh, pengusaha mikro mitra Amartha di pelosok pedesaan.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...