Menyambut Bulan Ramadhan, Jangan Lupakan Hal-hal Berikut Ya! Biar Ibadahmu Makin Maksimal

Ramadhan

Lakukan Hal Berikut agar Puasamu Makin Berkah

Tak terasa besok kita akan memasuki bulan Ramadhan penuh berkah. Seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia kini tengah bersiap untuk menyambutnya. Ada banyak hal ternyata yang bisa kamu lakukan dalam rangka mengisi ibadahmu di bulan penuh rahmat ini, khususnya kegiatan yang akan membuat ibadahmu makin maksimal.

Pastikan kamu tidak hanya berpuasa dari makan dan minum saja ya! Karena di bulan Ramadhan ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin, mengisi hari demi hari dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk melakukan lebih banyak kebaikan, sehingga puasamu makin berkah.

Ternyata banyak sekali lho hal-hal yang sangat bermanfaat untuk kamu kerjakan. Tentunya, hal ini bukan hanya untuk dirimu sendiri saja, tapi bagi orang lain juga. Kalau kamu mengabaikannya, bukan tidak mungkin kamu akan menyesalinya nanti. Karena kita tidak tahu, apakah di tahun depan kita masih bisa berjumpa lagi dengan bulan yang penuh kebaikan ini atau tidak. Maka manfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin! Nah, simak hal-hal berikut agar puasa kamu penuh berkah dan bermanfaat.

Jangan Banyak Tidur! Keluar dari Zona Nyaman, dan Manfaatkan Waktu untuk Melakukan Hal Positif

Tak bisa dipungkiri, saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan membuat kita merasa mudah lelah atau merasa ngantuk. Ini wajar, karena saat berpuasa terdapat perubahan pola makan dari yang awalnya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari di waktu malam, disertai dengan aktivitas yang bertambah di malam hari, sehingga mengubah metabolisme tubuh seseorang, seperti suhu inti tubuh dan pola tidur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saat berpuasa, suhu inti tubuh dan pengeluaran hormon kortisol di siang hari menurun, dan pengeluaran hormon melatonin juga berkurang selama puasa. Perlu diketahui, melatonin merupakan hormon utama yang mengatur siklus tidur-bangun dengan cara mengubah suhu inti tubuh, sedangkan kortisol yang disebut dengan ‘hormon stress’ membantu kita untuk tetap terjaga di siang hari. Nah hal tersebut, sedikit banyak berpengaruh nih pada pola tidur kita, makannya kita sering merasa ngantuk saat siang hari.

Puasa memang bawaannya ingin tidur terus dan sebisa mungkin bermalas-malasan karena tubuh terasa lemas. Nah, daripada cuma tidur aja, lebih baik kamu keluar dan melakukan hal-hal positif. Contohnya membantu orang yang membutuhkan pertolonganmu. Karena di luar sana banyak sekali lho orang yang masih kesulitan dan mengharapkan bantuanmu. Hal-hal sederhana seperti membeli barang dagangan yang dijual oleh kakek tua di pinggir jalan, merupakan bentuk bantuan yang sangat berarti untuk orang lain.

Puasa Bukan Hanya Perkara Menahan Lapar!

Saat puasa pasti akan membuatmu lebih mudah merasa lapar bukan? Tapi, makanan dan minuman itu godaannya anak-anak yang masih sekolah, kalau seusiamu sih godannya udah beda lagi, bisa dibilang sudah naik level.

Maka kamu harus menyiapkan diri untuk menahan emosimu dari segala nafsu dan godaan. Inilah hal yang seharus kamu kendalikan dengan baik.

Gimana ya caranya? Nah, kamu bisa memulainya dengan cara melakukan aktivitas lain yang lebih baik dan bermanfaat. Pilih hal-hal positif yang kamu sukai, dan lakukan dengan sepenuh hati. Niscaya pahala akan kamu raih, apalagi di bulan puasa yang penuh berkah. Makin berlipat-lipat lho pahalamu.

Berhenti Bergosip!

Kita tahu kalau bergosip itu adalah hal yang buruk, namun sayangnya kebiasaan membicarakan orang lain memang sulit dihindari ya, apalagi saat kita bertemu dengan teman dekat atau teman yang memiliki hobi “bergosip”.

Gimana dong caranya biar kita bisa jauh dari aktivitas tak bermanfaat ini? Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, harus pintar-pintar mengendalikan diri. Kamu bisa memulainya dengan menasehati dirimu sendiri sebelum menyampaikan nasihat itu pada orang lain. Nah selain itu, lakukan aktivitas positif dengan teman-temanmu saat kamu berkumpul, misalnya melakukan rencana bakti sosial di bulan Ramadhan ini. Bila kamu sudah mampu melakukannya, dijamin kamu akan terbiasa untuk dapat terhadap dari aktivitas bergosip ria.

Bersedekah Lebih Banyak pada Orang yang Membutuhkan

Harta yang kamu miliki sekarang hanyalah sebuah titipan, karena di dalamnya ada harta orang-orang di luar sana yang mungkin lebih membutuhkan dari pada dirimu. Di bulan Ramadhan yang datang sebentar lagi, adalah waktu yang sangat tepat bagimu untuk bersedekah sebanyak-banyaknya. Karena Ramadhan ini, amal dan ibadahmu akan dilipat gandakan olehNya.

Kalau kamu tidak banyak cukup uang, lalu gimana dong?

Kamu tahu gak? Bersedekah itu bukan hanya dalam bentuk harta saja lho, senyumpun bisa jadi sedekah murah yang jadi ibadah. Selain senyum kamu juga bisa berbagi kisah-kisah penuh kebaikan dan inspiratif di sosial mediamu, agar hal positif yang kamu dapatkan dapat tertular pula pada orang lain.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: