Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Dia 4 Ide Takjil Sehat dan Enak

Ramadhan

Buat Puasamu Makin Sehat, dengan Konsumsi Makanan Berikut

Wah tidak terasa ya, sebentar lagi tiba bulan istimewa, bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh belahan dunia. Ya benar sekali, Ramadhan yang suci, bulan penuh rahmat dan berkah.

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, banyak orang yang merasa cepat lelah ataupun merasa kurang sehat. Padahal, jika kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat saat berbuka ataupun sahur, tubuh kita pun juga akan lebih prima dalam menjalankan ibadah puasa.

Ada nih sebuah penelitian yang telah dipresentasikan pada konferensi American College of Cardiology di New Orleans. Para peneliti menemukan bahwa orang yang berpuasa secara teratur memiliki risiko 58% lebih rendah terkena penyakit koroner, jika dibandingkan dengan mereka jarang berpuasa. Maka momen puasa ini bisa kita manfaatkan lho untuk meningkatkan kesehatan kita, tentunya dengan menjaga asupan makanan yang lebih baik dan sehat.

Nah terkait hal tersebut, maka kamu harus memilih menu buka puasa dengan tepat. Karena momen berbuka memang selalu menjadi momen yang ditunggu bagi orang yang berpuasa, tak jarang kita menjadi kalap dan lupa mengontrol apa yang kita makan.

Kamu ingin tahu menu takjil yang praktis, sehat dan enak? Yang pastinya akan membuat puasamu kali ini menjadi lebih maksimal dan bermanfaat untuk dirimu. Ini dia, 4 Ide Takjil yang enak dan sehat, dan pastinya kamu tidak perlu repot-repot beli, karena kamu bisa coba sendiri dirumah. Simak yaa!

  1. Kolak Nangka Jagung Manis

eac3f0c36b20e9a228e611951b5686b8

Menu takjil puasa memang identik dengan yang manis-manis, salah satunya adalah kolak nangka jagung manis ini. Menu ini sangat mudah dan praktis untuk dibuat sendiri di rumah. Selain itu, kolak nangka jagung ini juga sangat sehat karena terdapat nangka yang kaya akan vitamin A, B1 dan vitamin C, serta jagung yang mengandung 70% pati, 10% protein, dan 5% lemak.

Nah cara buatnya sangat mudah nih, ini dia langkah-langkahnya :

  1. Siapkan 500 ml santan, didihkan dengan ½ cangkir beras ketan sembari tetap diaduk,
  2. Biarkan mendidih sekitar 12 menit.
  3. Tambahkan ½ cangkir nangka yang diiris tipis, 400 g jagung manis dan 1 sendok teh vanili.
  4. Biarkan mendidih sampai 4 menit atau sampai beras ketan sepenuhnya matang,
  5. Masukan susu kental manis sekitar ¼ cangkir lantas tambahkan gula pasir sesuai selara. Sajikan saat panas karena pasti sangat menggugah selera.
  1. Es Cincau

img_0679tokomesin

Ada yang tahu gak sih apa saja manfaat dari cincau? Ternyata cincau yang sering diolah menjadi es yang segar itu, banyak sekali lho kandungan vitamin dan manfaat lain bila kamu mengkonsumsinya. Cincau itu sendiri juga bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan, mencegah sembelit maupun diare, mengobati sakit maag, kolesterol, vertigo.

Nutrisi yang terkandung didalam cincau yaitu: karbohidrat, protein, zat besi, lemak, vitamin A, B1, C, fosfor, kalsium, energi, dan serat pangan. Bila kamu ingin membuat es cincau, resepnya mudah lho.

  1. Pertama, buat cincaunya terlebih dahulu, rendam daun cincau dalam baskom dan cuci sampai bersih.
  2. Angkat dan tiriskan. Lalu tambahkan air ke daun cincau.
  3. Remas semua daun cincaunya sampai keluarnya gel hijaunya, dan tampung semua air perasan tersebut.
  4. Saring semua air perasan, dan tampung pada sebuah wadah.
  5. Diamkan air saringan tersebut ditempat yang cukup dingin sampai mengental dan terbentuk seperti agar.

Nah untuk membuat es nya, adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, rebus santan, daun pandan, dan garamnya sampai mendidih. Saat merebus, jangan lupa juga sesekali untuk mengaduk santannya agar tidak menggumpal.
  2. Untuk pemanisnya, rebus gula merah, air, dan sehelai daun pandan sampai gula merahnya larut kedalam air.
  3. Ambil cincau secukupnya dan masukkan kedalam gelas saji.
  4. Tambahkan es serutnya, dan sirma dengan santan serta air rebusan gula jawa diatanya.
  5. Sajikan es cincaumu.
  1. Smoothie Cokelat Pisang

muslim_kids

Taukah kamu? Tidak selamanya cokelat dan smoothie itu tidak baik lho untuk hidup sehatmu. Coba satu resep smoothie coklat pisang yang kaya dengan sumber potasium, karbohidrat, mineral, vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, mangan, natrium, dan kalsium, yang dapat menstabilkan cairan dalam tubuh setelah seharian berpuasa.

Dengan resep smoothie ini, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat baik dari cokelat, pisang, dan air kelapa dan yang terpenting, rasanya pun sangat lezat! Berikut cara membuatnya.

  1. Siapkan pisang, bubuk cocoa, air kelapa dan es batu kedalam blender,
  2. Blender semua bahan hingga halus dan bertekstur seperti smoothie, dan siap dinikmati.

Jika kamu menginginkan varian yang lebih nikmat dan menyehatkan, kamu dapat memasukan buah-buahan lain seperti, stroberi, jus lemon atau jeruk nipis.

  1. Cocktail Buah

Resep Es Buah Praktis Untuk Berbuka Puasa

Tentu saja tidak ada takjil buka puasa yang paling sehat selain dari campuran buah. Salah satunya dengan cocktail buah. Campuran aneka buah ini akan sangat menyegarkan saat dinikmati diwaktu buka puasa tiba. Lalu gimana ya cara membuatnya?  Nah, ternyata sangat sederhana lho.

  1. Pilih buah-buahan yang sesuai dengan seleramu,
  2. Didihkan air, lalu masukkan gula dan bahan kuah lainnya.
  3. Aduk terus hingga gula larut dan semua bahan tercampur rata.
  4. Terakhir, masukkan buah-buahan dan masak di atas api kecil hingga 5 menit, angkat dan sajikan.

Nah, manakah takjil buka puasa favoritmu?

Itu dia beberapa menu takjil yang bisa kamu coba untuk dinikmati pada setiap moment buka puasamu. Memang banyak menu buka puasa yang lebih menggiurkan, namun kamu akan lebih prima bila berbuka dengan makanan yang sehat. Yuk atur menu buka puasa mulai sekarang, sehingga manfaat ibadah puasa bisa kamu ambil dengan lebih baik. Karena pahala kamu raih, kesehatan kamu dapatkan.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: