/

Menu Takjil dari Berbagai Penjuru di Indonesia

Ngabuburit atau kegiatan menunggu buka puasa sudah menjadi budaya di Indonesia. Biasanya, ngabuburit dilakukan untuk berjalan-jalan, bermain, nongkrong bersama teman atau membeli takjil.

Ya, membeli takjil menjadi salah satu kegiatan di sore hari sambil menunggu buka puasa. Menu-menu takjil banyak dijual di pasar atau kawasan kuliner. Ada berbagai menu takjil yang biasa dibeli masyarakat seperti kolak pisang, gorengan atau aneka minuman segar.

Beberapa mitra usaha Amartha pun memiliki usaha kuliner biasanya dijual saat bulan Ramadan seperti gorengan, kue serta takjil lainnya. Salah satu mitra usaha Amartha, Dede (47) mempunyai usaha gorengan. Bahkan, dia juga membuka warung makan pada 2015. Tak disangka, usaha gorengan yang membuat dirinya maju secara ekonomi hingga memiliki warung makan.

Tetapi tahukah kamu, kalau menu takjil di berbagai daerah memiliki kekhasannya? Kali ini, Amartha akan memberikan menu-menu takjil yang perlu dicoba,

Bubur Kampiun

Bubur kampiun merupakan salah satu jenis kuliner khas dari Minangkabau Daratan (Darek), Bukittinggi, Sumatera Barat. Makanan ini terdiri dari berbagai campuran buah dan kacang-kacangan seperti kolak pisang, bubur sumsum, ketan hitam  dan kacang hijau.

Asida

Asida atau dodol Arab merupakan makanan yang berasal dari Arab. Namun, sudah menjadi makanan takjil bagi masyarakat Maluku. Asida memiliki warna yang pekat, manis, dan taburan rempah yang menghangatkan tubuh. Kue ini biasa dinikmati dengan teh hangat saat berbuka puasa.

Getuk Pisang

Getuk Pisang merupakan makanan khas Kediri yang menjadi warisan turun temurun dari zaman kerajaan. Kue ini  terbuat dari singkong, ubi atau sukun serta pisang. Pisang yang digunakan merupakan pisang raja nangka.

Kue Apang Colo

Kue Apang Calo merupakan kue asal Gorontalo. Kue ini mirip dengan serabi dan disajikan dengan gula merah cair taburan

Bubur Peca

Bubur peca asal Samarinda ini dimasak dengan rempah-rempah seperti jahe, pala dan kayu manis. Yuk, kita rasakan takjil nusantara ini sambil bertemu dengan keluarga dan sanak saudara.

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/menu-takjil-dari-berbagai-penjuru-di-indonesia">
LINKEDIN
%d bloggers like this: