Home Lifestyle ⛾ Menu Takjil dari Berbagai Penjuru di Indonesia

Menu Takjil dari Berbagai Penjuru di Indonesia

Ngabuburit atau kegiatan menunggu buka puasa sudah menjadi budaya di Indonesia. Biasanya, ngabuburit dilakukan untuk berjalan-jalan, bermain, nongkrong bersama teman atau membeli takjil.

Ya, membeli takjil menjadi salah satu kegiatan di sore hari sambil menunggu buka puasa. Menu-menu takjil banyak dijual di pasar atau kawasan kuliner. Ada berbagai menu takjil yang biasa dibeli masyarakat seperti kolak pisang, gorengan atau aneka minuman segar.

Beberapa mitra usaha Amartha pun memiliki usaha kuliner biasanya dijual saat bulan Ramadan seperti gorengan, kue serta takjil lainnya. Salah satu mitra usaha Amartha, Dede (47) mempunyai usaha gorengan. Bahkan, dia juga membuka warung makan pada 2015. Tak disangka, usaha gorengan yang membuat dirinya maju secara ekonomi hingga memiliki warung makan.

Tetapi tahukah kamu, kalau menu takjil di berbagai daerah memiliki kekhasannya? Kali ini, Amartha akan memberikan menu-menu takjil yang perlu dicoba,

Bubur Kampiun

Bubur kampiun merupakan salah satu jenis kuliner khas dari Minangkabau Daratan (Darek), Bukittinggi, Sumatera Barat. Makanan ini terdiri dari berbagai campuran buah dan kacang-kacangan seperti kolak pisang, bubur sumsum, ketan hitam  dan kacang hijau.

Asida

Asida atau dodol Arab merupakan makanan yang berasal dari Arab. Namun, sudah menjadi makanan takjil bagi masyarakat Maluku. Asida memiliki warna yang pekat, manis, dan taburan rempah yang menghangatkan tubuh. Kue ini biasa dinikmati dengan teh hangat saat berbuka puasa.

Getuk Pisang

Getuk Pisang merupakan makanan khas Kediri yang menjadi warisan turun temurun dari zaman kerajaan. Kue ini  terbuat dari singkong, ubi atau sukun serta pisang. Pisang yang digunakan merupakan pisang raja nangka.

Kue Apang Colo

Kue Apang Calo merupakan kue asal Gorontalo. Kue ini mirip dengan serabi dan disajikan dengan gula merah cair taburan

Bubur Peca

Bubur peca asal Samarinda ini dimasak dengan rempah-rempah seperti jahe, pala dan kayu manis. Yuk, kita rasakan takjil nusantara ini sambil bertemu dengan keluarga dan sanak saudara.

 

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

5 Lapisan Mitigasi Risiko Ini Ada di Amartha

Sebelum memulai pendanaan di dunia fintech, Anda harus mengetahui risiko dan keamanan yang dilakukan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar...

Perjalanan Hidup Menjadi Single Parent

Perjalanan hidup menjadi single parent, sebagai seorang ayah dari seorang putri, tidak pernah terpikirkan sebelumnya disaat mengikat janji dengan pasangan, selalu terucap...

Semua yang Saya Raih Ini Karena Amartha

“Tolong Amartha dijaga sebaik mungkin agar ibu-ibu lain yang belum bisa bangkit bisa terbantu.” Begitu kata Pariyah saat tim Amartha bertemu di rumahnya, desa Randusari,...