Menjadi Pilar Perekonomian, Ini 5 Manfaat UMKM Indonesia

0
1577
manfaat umkm indonesia
Ilustrasi masyarakat yang merasakan manfaat umkm indonesia. Photos by istockphoto

Mengenal Manfaat UMKM Indonesia untuk Masyarakat dan Negara

Membicarakan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) selalu mengasyikan, terutama bagi yang berniat untuk membuka usaha. Pasalnya ada beberapa manfaat UMKM Indonesia yang dapat membantu perekonomian masyarakat.

Selain manfaat UMKM bagi masyarakat, juga bagus untuk perekonomian negara. Ingin tahu apa saja manfaat-manfaatnya? Tanpa berlama-lama lagi, yuk, langsung intip penjelasannya berikut ini:

1. Membantu Membuka Lapangan Kerja Baru

Manfaat UMKM Indonesia yang pertama yaitu membantu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Selain itu, persyaratan untuk bekerja di sebuah perusahaan UMKM juga tidak memerlukan persyaratan yang berat.

Masyarakat yang ingin bekerja hanya perlu memiliki keterampilan di bidang usaha terkait saja. Contohnya seperti bisnis di bidang fashion seperti menjahit, menjaga toko, dan lainnya.

2. Membantu Perekonomian Menjadi Merata

Usaha mikro dapat membantu meningkatkan ekonomi di kawasan pedesaan maupun perkotaan. Itulah kenapa usaha mikro berperan penting dalam membantu kondisi ekonomi yang lebih merata.

UMKM merupakan bisnis yang bisa dijalankan di rumah-rumah tanpa harus pergi ke luar kota. Bahkan promosi dan pemasaran sudah dibantu dengan adanya jaringan internet.

3. Membantu Meningkatkan Devisa Negara

Manfaat UMKM bagi perekonomian Indonesia selanjutnya yaitu berpengaruh pada ekonomi negara. Karena selain membantu ekonomi agar lebih merata, juga bagus membantu mengembangkan dan meningkatkan devisa negara.

Jika dikelola dengan baik, usaha mikro dapat berkembang pesat. Contohnya seperti melakukan ekspor barang yang nantinya akan memberikan keuntungan bagi negara. Itulah manfaat UMKM bagi pemerintah.

Baca Juga: 30 Juta UMKM Belum Tersentuh Layanan Pembiayaan

4. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Luas

Produk maupun jasa yang dijual dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Bahkan dengan hadirnya sistem pemasaran online, produk atau jasa tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang jauh lebih luas.

Contohnya penjual makanan akan membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Contoh lainnya seperti produk busana muslim yang memudahkan masyarakat beragama Islam untuk mendapatkan busana yang tepat.

5. Sebagai Sumber Penghasilan

Usaha mikro tidak hanya bisa kamu jalankan sebagai bisnis utama saja. Bisnis yang satu ini juga sangat cocok sekali untuk usaha sampingan. Itu artinya, UMKM menawarkan peluang usaha bagi seluruh kalangan masyarakat.

Di sisi lain, usaha mikro juga tidak memerlukan modal yang sangat besar. Meski begitu, potensinya tidak kalah dari perusahaan-perusahaan besar.

Kriteria Bisnis yang Masuk Kategori UMKM

Ada banyak contoh-contoh UMKM, mulai dari agribisnis, kuliner, hingga otomotif. Namun usaha mikro tidak dinilai dari jenisnya. Usaha ini dinilai dari seberapa besar maksimal aset dan omzet yang didapatkannya.

Usaha mikro sendiri umumnya memiliki aset dengan minimum Rp50.000.000. Omzet maksimalnya berada pada kisaran Rp300.000.000 per tahunnya. Itulah kenapa bisnis pada kategori mikro juga bisa membuka peluang kerja bagi banyak orang.

Sedangkan untuk kategori usaha kecil yaitu memiliki nilai aset maksimal Rp50.000.000 hingga Rp500.000.000. Sedangkan untuk omzet yang diterimanya mulai dari Rp300.000.000 hingga Rp2.000.000.000 per tahunnya.

Untuk usaha menengah biasanya memiliki nilai aset mulai dari Rp500.000.000 hingga Rp10.000.000.000. Untuk omzet yang didapatkan mulai dari Rp2.500.000.000 hingga Rp50.000.000.000.

Kesimpulan

Usaha mikro kecil dan menengah ternyata tidak hanya menguntungkan dari sisi pengelolaannya saja. Bahkan masyarakat sekitar dan juga negara juga turut merasakan manfaatnya. Selain itu, UMKM juga merupakan usaha yang tergolong prospektif untuk semua kalangan masyarakat.

Untuk kamu yang ingin merasakan manfaat UMKM Indonesia, saat ini kamu bisa menjadi investor di aplikasi P2P lending, Amartha. Download aplikasinya sekarang juga dan dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dengan menjadi pemodal untuk para perempuan CEO UMKM di pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here