Menikah Saat Pandemi? Ini Untung Rugi Yang Perlu Kamu Tahu

0
32
Sumber Foto: SweetEscape

Pandemi Covid-19 membuat kegiatan harus ditunda bahkan dibatalkan, termasuk soal pernikahan. Penundaan kegiatan yang menyebabkan kerumunan terpaksa ditunda untuk meminimalisir penyebaran virus.

Meski demikian, saat angka kasus sudah mereda, kamu bisa menikah saat pandemi lho. Pastikan untuk mematuhi protol kesehatan yang berlaku ya!

Menikah saat pandemi memang sudah dibolehkan, namun tentu saja ada keuntungan dan kerugian yang perlu kamu ketahui sebagai pertimbangan. Pasalnya, pernikahan adalah momen sakral untuk menandai awal baru dalam menjalani kehidupan berumah tangga bersama pasangan.

Nah, Money+ telah merangkum untung rugi yang bisa jadi bahan pertimbanganmu jika memutuskan ingin menikah saat pandemi!

Kerugian Menikah Saat Pandemi

tips resepsi selama pandemi
Sumber Foto: genpi.co

1. Tidak Bisa Mengundang Banyak Keluarga

Ada anggapan yang kerap dilontarkan di masyarakat bahwa menikah bukanlah hanya tentang orang tersebut dan pasangannya, melainkan penyatuan dari dua keluarga mereka juga. Karena itu, momen pernikahan kerap digelar secara besar-besaran untuk menampung seluruh keluarga besar dari kedua pasangan yang menikah.

Apabila kamu akhirnya memutuskan untuk menikah saat pandemi, hal seperti itu tidak akan bisa dilakukan. Sebab, ada sejumlah protokol kesehatan yang harus ditaati saat menggelar pernikahan saat pandemi, salah satunya adalah jumlah tamu yang datang maksimal 30 orang.

2. Minim Momen Berkesan

Pada dasarnya, pernikahan adalah momen sakral yang ingin dirayakan hanya sekali bagi semua orang. Karena itu, banyak orang yang rela menghabiskan banyak biaya untuk menggelar pernikahan secara besar-besaran.

Meski begitu, menggelar pandemi dengan segala protokol tentu mengharuskan pesta pernikahan tidak dapat digelar secara besar-besaran. Hal ini pada akhirnya akan membuat pesta pernikahan tidak semeriah biasanya.

Dengan begitu, bisa jadi juga banyak momen berkesan saat berbagi kebahagiaan bersama keluarga ataupun teman-teman yang akan hilang.

Baca Juga: Perlukah Perjanjian Pra-Nikah? Apa Saja Isinya?

Keuntungan Menikah Saat Pandemi

1. Biaya Pernikahan Jauh Lebih Murah

Menggelar pesta pernikahan dengan 1.000 undangan dibandingkan dengan pesta pernikahan hanya dengan maksimal hanya 30 orang sesuai protokol, jelas berimbas besar pada kebutuhan biaya pesta. Jumlah undangan yang sedikit meringankan beban kamu dalam membiayai pernikahan.

Kamu tidak perlu menyewa gedung yang terlalu besar dan berharga mahal. Kamu juga tidak perlu memesan katering dalam jumlah besar karena jumlah undangan hanya sedikit. Ada banyak pos pengeluaran pesta pernikahan yang bisa dihemat bila pernikahan dilaksanakan saat pandemi seperti sekarang ini.

Sebagai informasi, kamu bisa mengumpulkan biaya nikah dengan mengalokasikan dana ke platform investasi Amartha. P2P Lending Amartha menawarkan bagi hasil bersaing seperti instrumen lainnya, yaitu hingga 15% flat per tahun. Selain itu, dana bisa diambil kapan saja.

2. Acara Pernikahan Bisa Jadi Lebih Intim

Akad nikah sudah seharusnya menjadi momen sakral yang intim bagi pasangan dan keluarganya. Dengan adanya pandemi ini, kamu bisa mengadakan akad dengan hanya dihadiri oleh keluarga inti. Bukankah ini menjadi lebih spesial dan berkesan? Kamu tidak perlu khawatir bersalaman dengan orang yang tidak kamu kenal di pelaminan.

3. Ada Banyak Promo Hotel dan Gedung

Karena pandemi, bisnis hospitality seperti perhotelan cukup terguncang. Untuk tetap beroperasi, ada banyak hotel yang berusaha bangkit dengan memberikan banyak promo menarik. Salah satunya adalah promo pesta pernikahan privat dengan harga menarik.

Kamu bisa diuntungkan dengan penawaran itu karena berkesempatan menyelenggarakan pesta pernikahan dengan biaya lebih murah di tempat yang cukup bagus seperti ballroom hotel.

Yang juga menarik, biasanya hotel memberikan promo itu lengkap dengan jaminan penyelenggaraan acara pesta sesuai protokol kesehatan. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi menyiapkannya sendiri.

Well, itulah untung rugi yang bisa didapatkan saat memutuskan untuk menikah ketika pandemi seperti sekarang ini. Semoga informasi ini berguna buatmu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here