Menguntungkan! Daftar Potensi Bisnis Kuliner di Tahun 2023

0
400

Dari tahun ke tahun, potensi bisnis kuliner tidak pernah turun pamor. Bahkan di tengah situasi pandemi beberapa waktu lalu, bisnis makanan masih tetap menguntungkan. Oleh karena itu, membuka usaha kuliner bisa menjadi opsi di 2023 nanti.

Hal ini karena makanan adalah kebutuhan pokok yang penting bagi manusia. Itu sebabnya bisnis kuliner tidak pernah kehilangan pasar. Bahkan bisa dibilang, bisnis di bidang F&B (Food and Beverage) dan potensi bisnis kuliner ini adalah kategori usaha paling populer dan menguntungkan.

Bagaimana Potensi Bisnis Kuliner di Tahun 2023? Ini Tips Maksimalkan Keuntungannya

Berbicara mengenai peluang, bisnis di bidang kuliner selalu memiliki potensi keuntungan yang besar. Hal ini karena segmentasi pasarnya juga sangat luas. Penyebab luasnya segmen pasar di bidang ini yaitu karena makanan adalah kebutuhan hidup yang utama.

Selama masih ada manusia yang membutuhkan makanan, maka bisnis kuliner akan selalu memiliki pelanggan. Khususnya di Indonesia yang memiliki populasi besar, target pasar di bidang kuliner seakan tidak ada habisnya.

Jika dikelola dengan benar, peluang bisnis kuliner di Indonesia selalu memiliki prospek yang baik. Untuk itu, 5 tips memaksimalkan keuntungan usaha kuliner berikut ini perlu kamu ketahui!

1. Pilih Produk yang Unik

Di antara banyaknya pemilik bisnis makanan dan minuman di Indonesia, sulit untuk tampil menonjol jika tidak punya ciri khas berbeda. Karena itu, pilihlah produk makanan yang unik dan tidak biasa untuk menarik target pasar.

Semakin unik produk makanan yang ditawarkan, semakin banyak konsumen yang tertarik untuk mencoba. Ada banyak segmen kuliner menarik yang bisa dicoba, seperti makanan tradisional, makanan sehat, makanan fusion, dan lain sebagainya.

2. Ikuti Tren Pasar

Potensi kuliner sebagai bidang bisnis akan selalu tinggi dan menguntungkan jika kamu mengikuti tren pasar. Jadi, kamu harus selalu mengikuti perkembangan yang sedang hits di kalangan konsumen sambil tetap mempertahankan keunikan produk.

Salah satu caranya adalah dengan melihat tren makanan di media sosial. Sebagai contoh, jika pie susu sedang ramai dibicarakan, kamu bisa membuka usaha pie susu dengan sentuhan inovasi dari segi varian rasa atau topping-nya sebagai ciri khas yang membedakan.

Baca Juga: 7 Sumber Modal Usaha untuk Memulai Bisnis

3. Kembangkan Networking

Jaringan atau networking berperan penting dalam mengembangkan usaha di bidang kuliner. Agar potensi bisnis kuliner kamu semakin maksimal, perbanyak relasi di bidang yang terkait.

Salah satu contoh manfaat networking yaitu kamu dapat menemukan informasi pemasok untuk bahan tertentu dengan harga lebih terjangkau. Selain itu, relasi dari networking juga bisa menjadi sarana promosi yang baik untuk bisnismu.

4. Lakukan Kolaborasi

Peluang usaha kuliner 2023 nanti diprediksi relatif sama dengan kondisi di tahun-tahun sebelumnya. Akan selalu ada bisnis baru yang bermunculan, sehingga persaingan menjadi semakin ketat.

Agar usaha kulinermu tidak tenggelam, jangan ragu untuk melakukan kolaborasi. Misalnya, kamu bisa berkolaborasi bersama brand bisnis minuman tertentu untuk merilis menu khusus sebagai bagian dari strategi promosi.

5. Manfaatkan Digital Marketing

Tips terakhir untuk memaksimalkan potensi keuntungan dari bisnis kuliner adalah dengan melakukan promosi. Sarana promosi terbaik adalah teknologi digital dan internet.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial populer seperti TikTok atau Instagram sebagai sarana digital marketing. Contohnya, cobalah membuat video promosi tentang produk makananmu seunik dan sekreatif mungkin agar berpotensi viral, sehingga semakin banyak orang yang mengenal bisnismu.

Untuk mendukung bisnis UMKM di bidang kuliner, kamu bisa bergabung bersama Amartha microfinance marketplace yang berkomitmen membantu pelaku usaha mikro di Indonesia melalui pendanaan kolektif.

Dengan produk pendanaan terbaik mulai dari Rp100 ribu saja, kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya. Mari maksimalkan potensi bisnis kuliner UMKM dengan cara berinvestasi di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here