Home Tech ⚙ Menggali Pundi-Pundi Keuntungan dari Fintech

Menggali Pundi-Pundi Keuntungan dari Fintech

Financial Technology atau sering disebut dengan Fintech. Seiring waktu pertumbuhan teknologi tersebut semakin pesat bertumbuh. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku penyelenggara pemberi regulasi untuk para pengembang fintech, OJK menyarankan untuk memberikan kemudahan dan tingkat keamanan yang tinggi bagi para pengguna fintech.

Sebelum menggali keuntungan dari platform fintech, tentu kamu perlu tahu apa itu fintech dan perbedaan antara Fintech Lending dan Fintech Peer to Peer Lending?

Apa itu Fintech?

Fintech, Financial Technology adalah inovasi baru pada sebuah industri jasa keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Produk ini biasanya berupa suatu sistem yang dibangun untuk menjalankan mekanisme transaksi keuangan yang spesifik.

Apa itu Fintech Lending atau Fintech Peer to Peer Lending?

Fintech Lending atau disebut juga Fintech Peer to Peer Lending (P2P Lending) yaitu sebuah Layanan Pinjam Meminjam Uang yang Berbasis Teknologi Informasi. Salah satu inovasi pada bidang finansial dengan pemanfaatan teknologi yang memungkinkan pemberi pinjaman (lenders) dan penerima pinjaman (borrower)  melakukan sebuah transaksi pinjam-meminjam tanpa harus bertemu secara langsung. Mekanisme transaksi ini dilakukan melalui sistem yang disediakan oleh Penyelenggara Fintech Lending, baik menggunakan aplikasi maupun halaman website.

Apa perbedaan Fintech dengan Fintech Lending?

Fintech yaitu bersifat sangat umum dan tidak terbatas pada satu industri jasa keuangan tertentu. Sedangkan fintech lending itu sangat terbatas pada inovasi jasa keuangan pada sebuah transaksi pinjam meminjam saja.

Lalu, dari semua itu bagaimana cara menggali keuntungan dari sebuah Fintech? Para penyelenggara fintech seperti yang sudah tercantum diatas kini sudah semakin banyak. Tentu kamu perlu mengetahui saja penyelenggara fintech mana saja yang telah resmi terdaftar di OJK dan mencari tahu keuntungan-keuntungannya.

Baca Juga : Millenials Sasar Fintech P2P Lending

  • Keuntungan Bagi Para Peminjam (Borrower)

Bagi para peminjam tentu dalam hal ini sangat menguntukan, kenapa? Ya, karena dari platform penyelenggara fintech, kamu bisa meminjam uang untuk kebutuhan dari beberapa segi keperluan. Misalnya untuk konsumsi sehari-hari atau mungkin untuk modal mengembangkan usaha bagi UMKM.

  • Keuntungan Bagi Para Pendana (Lender)

Dalam hal ini juga sangat menguntukan bagi para pendana, siapapun dapat menjadi pendana di platform fintech peer to peer lending. Dengan syarat ketentuan berlaku yang telah disediakan penyelenggara. Disini kamu dapat menggali pundi-pundi keuntungan dari profit pendanaan yang kamu berikan. Semakin memberikan lebih banyak pendanaan tentu keuntungannya pun semakin tinggi dari setiap presentasi. Selain dari pendanaan, kamu juga bisa menggali keuntungan dari referral, yaitu dengan mengajak seseorang untuk mendanai/meminjam di platform tersebut. 

Nah berikut pundi keuntungan yang bisa kamu gali dari setiap platform fintech. Apa kamu mau mulai mencoba?

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

5 Lapisan Mitigasi Risiko Ini Ada di Amartha

Sebelum memulai pendanaan di dunia fintech, Anda harus mengetahui risiko dan keamanan yang dilakukan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar...

Perjalanan Hidup Menjadi Single Parent

Perjalanan hidup menjadi single parent, sebagai seorang ayah dari seorang putri, tidak pernah terpikirkan sebelumnya disaat mengikat janji dengan pasangan, selalu terucap...

Semua yang Saya Raih Ini Karena Amartha

“Tolong Amartha dijaga sebaik mungkin agar ibu-ibu lain yang belum bisa bangkit bisa terbantu.” Begitu kata Pariyah saat tim Amartha bertemu di rumahnya, desa Randusari,...