Mengenali 7 Karakteristik Istimewa Pada Generasi Milenial

0
97
Sumber Foto: Pexels

Karakteristik Unik yang Dimiliki oleh Generasi Milenial – Kamu pasti sudah sangat sering mendengar istilah generasi milenial. Untuk mengenali golongan generasi ini dengan baik, kamu perlu tahu kelahiran milenial tahun berapa saja.

Generasi ini terdiri dari orang-orang yang lahir pada kisaran tahun 1980 sampai 2000-an. Menariknya lagi, ternyata generasi ini punya karakteristik yang cukup unik. Berikut adalah 7 karakteristik istimewa yang melekat pada generasi ini:

1. Generasi Milenial Akrab dengan Teknologi

Jelas sekali bahwa generasi ini hidup di tengah perkembangan teknologi yang melaju begitu pesat. Tak heran jika mereka juga sangat akrab dengan teknologi.

Bisa dikatakan bahwa golongan generasi ini sangat cepat menerima perubahan teknologi yang ada di lingkungannya. Mereka sangat melek teknologi sehingga begitu mudah memanfaatkan beragam jenis teknologi dalam kehidupan sehari-hari. 

2. Generasi Milenial Mudah Beradaptasi

Generasi milenial adalah golongan orang-orang yang sangat mudah untuk beradaptasi. Mereka sangat mudah menyesuaikan diri dengan berbagai jenis hal.

Contoh paling mudahnya adalah ketika terjadi perubahan besar dalam kehidupan sejak pandemi menyerang.

Perubahan paling besar adalah adanya sistem WFH atau work from home. Mereka yang masuk ke dalam generasi ini tergolong begitu mudah beradaptasi dengan sistem tersebut.

3. Berorientasi pada Pencapaian

Bisa dikatakan bahwa generasi milenial Indonesia memiliki karakter yang achievement oriented atau berorientasi pada pencapaian.

Dengan kata lain memang generasi ini bersifat ambisius dan selalu ingin mencapai target-target yang sudah ditetapkan dalam kepala mereka.

Ini sangat dipengaruhi oleh orang tua yang cenderung memacu generasi ini untuk lebih baik dan lebih berkualitas dari generasi sebelumnya. 

Baca Juga: Berbisnis Ala Generasi Milenial
Sumber Foto: Freepik

4. Percaya Diri

Generasi milenial juga memiliki kepercayaan diri yang begitu kuat. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa generasi ini merupakan Me Me Me Generation yang artinya berfokus pada Me atau aku.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, generasi ini cenderung memiliki perhatian penuh pada diri sendiri. Mereka tidak begitu tertarik pada urusan negara maupun politik dan lebih antusias dengan dirinya sendiri.

5. Open Minded

Karakter lainnya yang juga dimiliki oleh generasi ini adalah open minded atau berpikiran terbuka. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa generasi ini jauh lebih terbuka terhadap berbagai hal jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Generasi milenial bisa lebih mudah menerima perbedaan di tengah kehidupan bermasyarakat. Generasi ini juga lebih mudah menghadapi perbedaan pendapat saat berdiskusi. 

6. Butuh Perhatian

Karakteristik generasi milenial berikutnya adalah selalu butuh perhatian. Terdengar unik namun memang itulah kenyataannya. Orang-orang yang masuk ke dalam kelompok generasi ini cenderung membutuhkan perhatian yang lebih besar.

Itulah yang menyebabkan mereka sangat obsesi dengan media sosial. Mereka cenderung ingin populer dan mendapatkan perhatian dari banyak orang di sekitarnya. 

7. Mudah Merasa Bosan

Salah satu karakter unik yang dimiliki oleh milenial umur berapa saja adalah mudah merasa bosan. Namun karakter ini justru membawa perubahan ke arah yang positif.

Ketika generasi ini merasa bosan maka mereka akan mengembangkan pemikiran yang lebih kreatif. Jadi bisa dikatakan bahwa generasi ini memiliki kreativitas yang begitu tinggi. Tak heran jika sekarang ada begitu banyak inovasi dan hal-hal kreatif tercipta dari tangan generasi ini. 

Itulah 7 karakteristik yang dimiliki oleh generasi milenial. Generasi ini juga ternyata punya kesadaran tinggi dalam manajemen finansial. Begitu juga dengan kamu yang harus punya perencanaan finansial sejak sekarang.

Lakukan pendanaan bersama Amartha agar kamu memiliki investasi dengan bagi hasil yang bersaing, yaitu 15% flat per tahun. Selain mendapatkan pendanaan, kamu juga memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan lho. Yuk daftar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here