Mengenal Time Value of Money Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

|

|

|

Sebagian besar orang masih menganggap uang hanyalah lembaran kertas dan kepingan koin yang digunakan sebagai alat pembayaran dalam setiap transaksi ekonomi. Namun, orang-orang yang mempelajari tentang ilmu ekonomi cenderung memiliki pandangan yang lebih luas.

Pasalnya, dalam ilmu ekonomi tidak hanya menjelaskan uang sebagai alat pembayaran saja dengan nilai tetap, tetapi nilai uang dipengaruhi oleh waktu, yang disebut dengan Time Value of Money (TVM) atau nilai waktu dari uang.

Adapun, Time Value of Money (TVM) diambil dari gagasan bahwa investor rasional lebih suka menerima uang hari ini daripada jumlah uang yang sama di masa depan karena potensi uang untuk tumbuh nilainya selama periode waktu tertentu. Misalnya, uang yang disimpan ke dalam rekening deposito menghasilkan tingkat bunga tertentu dan oleh karena itu dikatakan memiliki nilai yang lebih berharga di masa depan.

Secara prinsip, konsep dari Time Value of Money (TVM) ini berbasis pada adanya potensi pendapatan uang tersebut untuk menghasilkan bunga apabila diinvestasikan. Sebaliknya, ada pula risiko kehilangan dalam jumlah tertentu karena penurunan nilai mata uang akibat inflasi dan kegagalan investasi.

Formula Time Value of Money (TVM)

Dalam Konsep Time Value of Money (TVM) atau Nilai Waktu Uang ini, terdapat beberapa istilah yang perlu kamu ketahui yaitu Present Value (Nilai Sekarang), Future Value (Nilai yang akan datang) dan Interest (Tingkat Suku Bunga). Rumus untuk Menghitung Time Value of Money atau Nilai Waktu Uang adalah sebagai berikut:

Rumus Menghitung Future Value (Nilai yang akan Datang)

Fn = P (1+i)n

Rumus Menghitung Present Value (Nilai Sekarang)

P = Fn / (1+i)n

Keterangan:

Fn = Future Value (Nilai yang akan Datang) pada tahun ke-n

P = Present Value (Nilai Sekarang)

i = Interest (Tingkat suku bunga)

n = Jumlah Tahun

Contoh kasus: Kamu punya uang sebanyak Rp. 5 juta dan akan dimasukkan sebagai deposito ke Bank dengan bunga 5% per tahun. Berapakah nilainya dalam 5 tahun ke depan?

Jawaban:

Fn = P (1+i)n

Fn = 5.000.000 (1 + 0,05)5

Fn = 5.000.000 (1,05)5

Fn = 6.381.408

Jadi, dalam 5 tahun ke depan, jumlah uang yang kamu terima menjadi Rp.6.381.408

Kenapa Time Value of Money (TVM) Itu Penting?

Perlu kamu tahu, konsep Time Value of Money (TVM) sangat penting dalam pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien. Tidak bisa dipungkiri, uang memang tidak hanya sekadar sebagai alat pembayaran, namun punya nilai lebih untuk merencanakan keuangan di masa depan.

Dalam manajemen keuangan, konsep Time Value of Money (TVM) tidak hanya bermanfaat bagi investor dan perusahaan-perusahaan besar yang memang membutuhkan informasi keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan finansial di masa yang akan datang, namun juga untuk individu.

  • Bagi Investor

Informasi mengenai konsep Time Value of Money (TVM) penting bagi investor untuk mengetahui dan menganalisis suatu investasi menguntungkan atau tidak. Konsep Time Value of Money (TVM) memungkinkan investor untuk membuat keputusan yang lebih tepat terkait dengan pemanfaatan uang yang mereka miliki.

  • Bagi Perusahaan

Manfaat konsep Time Value of Money (TVM) bagi perusahaan adalah membantu untuk menghitung dan menyusun anggaran. Suatu perusahaan tentu tidak hanya sebatas melakukan kegiatan produksi saja, tetapi juga pengembangan dan inovasi. Pengembangan dan inovasi ini menjadi investasi bagi perusahaan.

  • Bagi Individu

Bagi individu, konsep Time Value of Money (TVM juga penting karena dapat digunakan untuk membantu memahami berapa banyak uang yang harus ditabung untuk mencapai jumlah yang diinginkan dalam periode waktu tertentu. Tidak hanya itu, dengan konsep Time Value of Money (TVM, kamu juga bisa terbantu dalam pengambilan keputusan pembelian suatu barang, apakah lebih menguntungkan apabila dibeli hari ini atau beberapa tahun yang akan datang.

Well, itulah pembahasan seputar konsep Time Value of Money (TVM). Semoga bermanfaat ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...