Home Tech ⚙ Peer-to-peer Lending Mengenal Teknologi Machine Learning

Mengenal Teknologi Machine Learning

Kata teknologi merata pada seluruh aspek kehidupan, terutama dalam bidang komputerisasi. Salah satunya adalah machine learning atau istilah yang digunakan untuk mempelajari mesin beserta rangkaiannya. Kelahiran teknologi yang modern didukung dengan beragam alat canggih bernama komputer. 

Pada awal penciptaan komputer, diperlukan beragam data untuk disimpan dalam memori. Sehingga komputer bisa melakukan tugasnya untuk membantu setiap orang mendapatkan efektivitas dalam bekerja. Terdapat penjelasan yang harus dipahami tentang machine learning, di antaranya:

Apa Itu Machine Learning?

Machine learning didefinisikan sebagai istilah pada proses komputer untuk mempelajari data atau Learn From Data. Berfungsi supaya komputer mengolah beragam data yang tersedia. Sebab jika tidak, komputer tanpa data adalah hal yang tidak berarti sama sekali. 

Seseorang yang mempelajari machine learning akan berinteraksi lebih banyak dengan sekumpulan data. Meskipun data terbilang sama, namun terdapat pendekatan dan perhitungan algoritma yang berbeda-beda. Sehingga menjadi satu bidang ilmu yang bisa menghasilkan beragam keahlian spesialis di bidang komputer.

Belajar Teknologi Machine Learning

Seiring perkembangan waktu teknologi komputer menarik perhatian lebih banyak orang. Salah satu fenomena ini juga terjadi di indonesia, di mana banyak orang yang mengambil studi pada bidang program komputer. 

Pembelajaran machine learning menjadi cabang ilmu di bidang artificial intelligence. Bidang ini membahas pembelajaran yang membangun beragam sistem dari sekumpulan data. Terdapat 4 pokok penting untuk mempelajari disiplin machine learning agar kelak menjadi seorang programer Indonesia yang profesional, di antaranya:

  • supervised learning atau pelajaran terarah
  • Unsupervised learning atau pelajaran yang tidak terarah
  • Semi supervised learning atau pelajaran semi terarah
  • Reinforcement learning

Aplikasi dan Manfaat Machine Learning dalam Kehidupan

Machine learning yang kian modern bisa ditemukan dalam berbagai bidang kehidupan. Seperti teknologi rontgen dan USG pada kedokteran, kemudian information retrival dalam komputer guna mengubah teks menjadi suara atau bahkan sebaliknya.

Meskipun teknologi machine learning bermanfaat. Namun bukan berarti lalai dalam memperhatikan kerugian yang bisa ditimbulkan. Seperti berlangsungnya kegiatan PHK karena perusahaan mengganti para pekerja dengan robot modern. Sehingga kondisi ini harus diwaspadai untuk menjaga kesejahteraan dalam kehidupan.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

5 Lapisan Mitigasi Risiko Ini Ada di Amartha

Sebelum memulai pendanaan di dunia fintech, Anda harus mengetahui risiko dan keamanan yang dilakukan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar...

Perjalanan Hidup Menjadi Single Parent

Perjalanan hidup menjadi single parent, sebagai seorang ayah dari seorang putri, tidak pernah terpikirkan sebelumnya disaat mengikat janji dengan pasangan, selalu terucap...

Semua yang Saya Raih Ini Karena Amartha

“Tolong Amartha dijaga sebaik mungkin agar ibu-ibu lain yang belum bisa bangkit bisa terbantu.” Begitu kata Pariyah saat tim Amartha bertemu di rumahnya, desa Randusari,...