Mengenal Surat Utang Negara Sebagai Instrumen Investasi

0
67
Ilustrasi surat utang negara. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi surat utang negara. sumber: www.istockphoto.com

Ada banyak instrumen investasi yang kini dapat dimanfaatkan masyarakat. Salah satunya adalah surat utang negara atau SUN. Sebenarnya apa itu SUN dan bagaimana orang-orang bisa mendapatkan keuntungan dari instrumen ini? Yuk, cari tahu lebih lengkap mengenai SUN di pembahasan berikut ini!

Mengenal Surat Utang Negara

Mari mulai dulu dengan memahami pengertian surat utang negara. Ini merupakan sebuah dokumen surat berharga yang diterbitkan oleh pihak pemerintah. Tujuan pemakaiannya adalah untuk memenuhi kebutuhan anggaran pemerintah dan menutup defisit dari anggaran yang sudah ada.

SUN juga bisa diartikan sebagai sebuah produk keuangan yang memberikan keuntungan baik dari sisi investor maupun penerima dana. Bagi investor, SUN ini akan memberikan keuntungan karena ada pemberlakuan sistem kupon. Ada potensi peningkatan harga dari SUN ini sehingga bisa jadi instrumen investasi yang menjanjikan. 

Singkatnya, SUN merupakan bukti bahwa pemerintah berutang kepada investor. Utang tersebut berlaku untuk jangka waktu tertentu. Melalui SUN ini, pemerintah menjamin adanya pembayaran bunga dan biaya pokok dari investor. 

Keuntungan Investasi Surat Utang Negara SUN

Banyak orang kini memilih untuk investasi surat utang negara karena menawarkan banyak keuntungan. Jika kamu juga tertarik dan melirik instrumen ini, maka mari cari tahu dulu apa saja keuntungan yang didapatkan. Berikut ini beberapa keuntungan dari investasi SUN:

1.Tidak Ada Imbas Fluktuasi

Keuntungan pertama, investor tidak akan merasakan imbas fluktuasi pasar. SUN ini menawarkan 2 sumber keuntungan yaitu kupon dan capital gain atau perbedaan harga. Nilainya pun sama-sama stabil karena tidak dipengaruhi fluktuasi harga pasar. 

2. Nilai Kupon Kompetitif

Nilai keuntungan yang ditawarkan dari surat utang negara ini sangat kompetitif. Bahkan besar kuponnya cenderung lebih besar dari keuntungan deposito. Jadi kamu bisa menerima imbal hasil yang jauh lebih besar sehingga cocok jadi investasi untuk masa depan. 

3. Bisa Digadaikan

Salah satu hal menarik dari instrumen investasi ini adalah bisa digadaikan. Kamu bisa menggadaikan SUN kapan saja dibutuhkan di kantor pegadaian. Selain digadaikan, kamu juga bisa menjualnya lagi di pasar saham sekunder jika memang sedang butuh dana. 

4. Nilai Pajak Lebih Kecil

Jenis instrumen investasi ini memiliki pajak yang jauh lebih kecil nilainya. Apalagi jika dibandingkan dengan pajak deposito. Semakin kecil nilai pajaknya, maka akan semakin besar keuntungan yang bisa kamu terima sebagai investor. 

Baca Juga: Mengenali Jenis Investasi Surat Utang Negara

Cara Membeli Surat Utang Negara SUN

Tertarik untuk membeli SUN dan menjadikannya sebagai aset investasi? Jika iya, maka kamu harus melakukan pembelian sesuai prosedur yang sudah ditetapkan. Berikut adalah petunjuk cara membeli surat utang negara:

  • Lakukan pendaftaran lewat laman penyedia surat utang milik pemerintah dan isikan data diri secara lengkap sesuai instruksi. 
  • Lakukan pemesanan untuk membeli SUN sesuai nomor seri masing-masing (baca secara cermat keterangan setiap nomor seri SUN sebelum melakukan pemesanan).
  • Selesaikan pembayaran untuk memastikan bahwa SUN tersebut sudah kamu beli secara resmi (pembayarannya bisa lewat ATM, mobile banking, maupun kantor pos).
  • Selesaikan tahap konfirmasi dimana kamu harus memberikan keterangan bahwa sudah membayar SUN sehingga nantinya kamu akan menerima NTPN atau Nomor Transaksi Penerimaan Negara. 

Surat utang negara memang bisa jadi pilihan instrumen investasi yang menjanjikan. Supaya kamu bisa mendapat untung yang lebih besar, lakukan diversifikasi dengan melakukan pendanaan di microfinance marketplace Amartha. Mulai investasi dari Rp100.000, kamu sudah bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Dengan melakukan pendanaan, kamu juga turut membantu para pengusaha mikro (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya. Yuk, persiapkan masa depan yang sejahtera mulai dari sekarang!

Amartha menerapkan prinsip bisnis yang berkelanjutan dan transparansi. Di mana setiap pendana dapat memonitor portofolio mitra secara mingguan di aplikasi Amartha. Amartha juga sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2019. Gabung di Amartha sekarang, yuk!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here