Home Perempuan Tangguh Mengenal Silvany Austin, Perempuan Tangguh Indonesia Di Kancah Politik

Mengenal Silvany Austin, Perempuan Tangguh Indonesia Di Kancah Politik

|

|

|

Silvany Austin merupakan salah satu diplomat muda Indonesia yang aksinya mencuri perhatian masyarakat Indonesia pada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Sabtu (26/9/2020) lalu.

Aksi tersebut adalah keberanian dan ketegasan Silvany dalam membungkam Perdana Menteri Vanuatu, Bob Laoughman. Republik Vanuatu dalam sidang itu mengungkit mengenai masalah Papua. Silvany menjawab dengan “Anda bukanlah representasi dari orang Papua, dan berhentilah berfantasi untuk menjadi salah satunya.”

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia, kemlu.go.id, berikut informasi sosok Silvany Austin Pasaribu, salah satu perempuan tangguh Indonesia di bidang politik. 

Silvany menempuh pendidikan S-1 di jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjajaran, Bandung. Setelah lulus dari Unpad, Silvany memulai karirnya di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Melansir kompas.com, saat Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 2018 lalu, Silvany masih tergolong pegawai baru di Kemenlu. Meskipun demikian, Silvany sudah menjadi liaison officer (LO) untuk mendampingi delegasi dari Singapura.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana (S-2) di Universitas Sydney, Australia. Silvany juga aktif menulis, beberapa tulisannya dimuat di sejumlah media massa bertema Asia Pacific Population Growth and the UN Post-2015 Development Agenda.

Baca Juga:
Najwa Shihab, Tokoh Inspiratif Bagi Perempuan Indonesia
Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Saat ini, Silvany merupakan salah satu diplomat muda Indonesia yang menjabat sebagai Sekretaris Kedua dalam Urusan Ekonomi I untuk Perutusan Tetap RI di PBB, New York, Amerika Serikat.

Selain itu, Silvany juga pernah menjabat sebagai Atase Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Inggris. Berdasarkan Wikipedia, Atase Kedutaan adalah ahli-ahli dalam bidang tertentu yang diperbantukan pada sebuah kedutaan untuk mewakili sebuah negara dalam mengurus suatu bidang tertentu sesuai dengan keahliannya. 

Nah itulah sosok dari Silvany Austin Pasaribu. Keren banget, ya! Tapi tahu gak sih bahwa ada banyak perempuan tangguh lainnya lho seperti mitra usaha Amartha. Mereka adalah perempuan pengusaha mikro di pedesaan yang punya mimpi besar untuk keluarga dan sekitar. Sebagai pahlawan nasional ekonomi Indonesia, para perempuan pengusaha mikro ini terhalang modal. Kamu bisa banget memberdayakan mereka dengan mendanai di Amartha. Pelajari mengenai Amartha di sini.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...