Mengenal Sharing Economy, Produk Persilangan Internet dan Teknologi

|

|

|

Sharing Economy merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari perkembangan teknologi informatika dan komunikasi. Berdasarkan survei DailySocial dan Jakpat, masyarakat merespon positif terhadap layanan berbasis sharing economy. Lebih dari 97% mendukung dengan asumsi layanan seperti ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.

Lalu, sebenarnya apa itu sharing economy dan bagaimana contohnya?

Definisi Sharing Economy

Menurut Investopedia, sharing economy adalah sebuah model ekonomi yang didefinisikan sebagai aktivitas berbasis peer-to-peer (P2P). Sementara Business Because mendefinisikan sharing economy sebagai sistem ekonomi di mana aset dan layanan dibagi antara individu pribadi. Jadi, sharing economy adalah penggunaan teknologi untuk memfasilitasi pertukaran atau penyewaan barang atau jasa antara dua pihak atau lebih.

Kelas-kelas Sharing Economy

Dalam praktiknya, sharing economy mengembangkan bentuk yang bervariasi. Pais dan Provasi (2015) berusaha mengembangkan definisi sharing economy menurut praktiknya ke dalam 6 kelas yang berbeda, yaitu:

1. Rental Economy

Ekonomi yang dibangun dari skema sewa yang dijalankan oleh perusahaan yang mengkhsuskan pada sewa barang-barang yang umumnya kurang digunakan ketika pengguna memiliki kepemilikan pribadi ekslusif padanya. Contohnya mobil berbagi atau ZipCar.

2. Peer-to-peer Economy

Skema ekonomi ini menyangkut barang-barang yang kurang digunakan tetapi yang ditawarkan langsung oleh pemiliknya. Contoh: AirBnB.

3. On-Demand Economy

Skema ekonomi yang ditandai oleh penggunaan yang mempertaruhkan layanan pribadi yang disediakan oleh profesional dan non-profesional. Contoh: Uber

4. Time Banking and Local Exchange Trading System

Skema ini mirip dengan yang sebelumnya dalam hal layanan yang ditawarkan, tetapi menunjukkan perbedaan mendasar dalam kurangnya uang di transaksi, akan tetapi menggunakan bentuk barter sebagai gantinya berdasarkan penggunaan mata uang alternatif atau waktu sebagai unit nilai dari layanan yang dipertukarkan. Contoh: TimeRepublik.

5. FLOSS – Free/Libre Open Source Software

Ini merupakan bentuk praktik yang paling tua dari sharing economy terkait dengan program perangkat lunak sumber bebas atau terbuka yang diproduksi oleh komunitas pengembang dan pengguna. Contoh: Linux

6. Social Lending and Crowdfunding

Skema ini tentang penerapan keuangan pada sharing economy, termasuk pinjaman langsung antara orang dan platform yang membantu meningkatkan modal yang diperlukan untuk pengembangan ide baru di antara mereka yang berpotensi tertarik padanya. Contoh: Amartha

Contoh Perusahaan Sharing Economy di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa perusahaan yang sudah memanfaatkan sharing economy sebagai salah satu sistem yang dijalankan agar dapat digunakan oleh masyarakat. Berikut ini 3 perusahaan yang menerapkan sharing economy:

1. Gojek

Gojek merupakan perusahaan startup yang memanfaatkan teknologi dan aplikasi untuk mendapatkan dan menerapkan sharing economy. Dalam hal ini, Gojek memanfaatkan para pelanggan yang membutuhkan alat transportasi yang cepat dan aman sementara dari sisi driver dapat memanfaatkan kendaraan yang dimiliki untuk mendapatkan pendapatan atau penghasilan.

2. Tokopedia

Tokopedia merupakan platform dengan layanan utama marketplace di mana pembeli dan penjual atau merchant dapat melakukan transaksi jual beli secara online. Penempatan economy sharing ini berfungsi bagi para pemilik toko untuk memasarkan produknya dan mendapatkan untung dan sebaliknya. Melalui layanan satu pintu, maka biaya menjadi lebih murah.

3. Amartha

investasi amartha

Amartha merupakan perusahaan peer-to-peer (P2P) lending yang menghubungkan investor kepada para perempuan pelaku usaha ultra mikro dan mikro di pedesaan. Para pelaku usaha yang membutuhkan modal usaha bisa mendapatkan modal dari para investor Amartha, baik itu perorangan atau pun institusi. Investor yang meminjamkan dana akan diberikan keuntungan berdasarkan sistem credit scoring yang disediakan oleh penyedia dalam hal ini Amartha.

Sharing economy secara umum merujuk pada perusahaan atau startup yang menggunakan internet dan berbasis aplikasi dalam operasionalnya. Hal ini disebabkan karena saat ini internet dan teknologi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...