Mengenal Salah Satu Anggota 9 Naga, Jacob Soetoyo

0
1252
9 naga jacob soetoyo
Sumber Foto: Berita Jakarta

Jacob Soetoyo, Anggota 9 Naga di Indonesia yang Berjaya

Bagi pengamat perekonomian dunia, khususnya Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kata “9 Naga”. Namun, tidak sedikit juga yang belum mengenal istilah tersebut dan siapa saja yang termasuk di dalamnya. 

Istilah yang satu ini merujuk pada para tokoh pengusaha yang memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia. Sesuai dengan namanya, para tokoh tersebut berjumlah 9 orang yang merupakan keturunan Tionghoa dan terdiri dari: 

1. Dato’ Sri Tahir

2. Anthony Salim

3. Jacob S. 

4. Rusdi Kirana

5. Sofjan Wanandi

6. Tommy Winata

7. Edward Soeryadjaya

8. Robert Budi Hartono

9. James Riady

Profil Jacob Soetoyo

Salah satu anggota dari kesembilan naga tersebut adalah seorang pengusaha terkenal yang bernama Jacob Soetoyo. Beliau merupakan presiden komisaris, presiden direktur, komisaris di sejumlah perusahaan di bawah bendera Gesit Group. Perjalanan karier yang pernah dilalui oleh salah satu tokoh pengusaha yang ikut membangkitkan perekonomian nasional tersebut diantaranya adalah: 

  • Pada tahun 1978 berhasil meraih gelar S1 bidang perdagangan lulusan Concordia University, Montreal Kanada. Sedangkan gelar S2 dari McGill University, Kanada dengan bidang administrasi. 
  • Di tahun 1980, salah satu dari 9 Naga Indonesia ini  meraih jabatan sebagai Wakil Komisaris Utama PT Alakasa Industrindo Tbk.
  • Tahun 2005, beliau masuk dalam barisan dewan pengawas SCIS (Center of Strategic and International Studies).
  • Pada tahun 2010, beliau ditunjuk sebagai Wakil Presiden Komisaris PT  Alakasa Industrindo Tbk. 

Bisnis yang Ditekuni Jacob Soetoyo Sebagai Bagian Dari 9 Naga

Berdasarkan perjalanan kariernya, tidak heran jika Jacob termasuk dalam salah satu profil 9 Naga yang terkenal di dunia perekonomian Indonesia. Ini terbukti saat berada di PT Alakasa Industrindo Tbk. Beliau berhasil menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden Komisaris di perusahaan yang bergerak di beberapa bidang. 

Diantaranya adalah kontraktor, perdagangan umum, industri manufacturing dan fabrikasi, serta perwakilan atau keagenan. Selain itu, perusahaan ini juga bergerak di bidang pengolahan aluminium dan logam, pemukiman, dan bidang percetakan. 

Menjadi salah satu anggota dari “9 Naga” juga membuat nama Jacob semakin dikenal oleh berbagai kalangan, termasuk kalangan pejabat. Bahkan, presiden Jokowi pun mengenal sosok Jacob tidak hanya sebagai pengusaha, tetapi juga sebagai pendiri Yayasan Kebun Raya Indonesia. 

Tidak hanya itu, tokoh yang satu ini juga tergabung dalam JS Brother Fund Foundation. Merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dengan beranggotakan Jahja Soetoyo, Meiriana Soetoyo, dan Meiriani Soetoyo. 

Dan sampai dengan saat ini, pengusaha sukses ini memiliki kedudukan sebagai Presiden Direktur PT Gesit Sarana Perkasa. Ini adalah perusahaan yang bergerak di beberapa bidang sekaligus yaitu perdagangan & jasa, manufaktur, sumber daya alam, dan properti. 

Selain itu, PT Gesit Sarana Perkasa yang dikelolanya juga dikenal sebagai pengembang sekaligus menyewakan ruang kantor yang berada di Segitiga Emas, Jakarta. Jacob bahkan memiliki hotel berbintang yang diberi label JS Luwansa Hotel yang lokasinya ada di kawasan Kuningan, Jakarta. 

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa dipetik dari profil Jacob yang notabene sebagai salah satu anggota dari 9 Naga adalah kerja keras akan membuahkan hasil yang memuaskan. Apalagi jika disertai dengan jiwa sosial yang tinggi. 

Nah, kamu juga bisa berjasa bagi perekonomian Indonesia sekaligus mendapatkan keuntungan. Caranya dengan ikut mendanai perempuan pengusaha mikro di pedesaan di P2P Lending Amartha yang menawarkan proses investasi yang mudah dan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Yuk, ikutan bergabung di Amartha sekarang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here