Mengenal QRIS, Pembayaran Online Yang Inklusif

0
280

Teknologi semakin berkembang dengan pesat saat ini. Kemajuan teknologi pun bisa dibilang memberikan banyak kemudahan, termasuk dalam melakukan transaksi pembayaran. Saat ini, cukup dengan scan QR code melalui smartphone pembayaran sudah bisa dilakukan.

Sayangnya, tak jarang kamu harus memiliki berbagai aplikasi pembayaran digital sesuai dengan yang ditawarkan oleh seller. Belum lagi, kamu juga harus melakukan instalasi dan melakukan top-up dana di aplikasi tersebut. Hal ini tentu menjadi sangat merepotkan.

Untungnya, sekarang sudah ada QRIS yang dibuat oleh Bank Indonesia sebagai solusinya. Dikutip dari website resmi Bank Indonesia, Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

Dalam satu kesempatan, Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia mengatakan QRIS mengusung semangat UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung) demi mendukung perkembangan ekonomi digital.

“QRIS bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia maju,” ujarnya kala itu.

Lebih lanjut, Perry menjelaskan bahwa ada empat karakteristik QRIS. Pertama, universal dimana penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri. Kedua, gampang karena masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman smartphone.

Ketiga, transaksi dengan QRIS dianggap menguntungkan pembeli dan seller karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. Keempat, transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Secara teknis, QRIS disusun menggunakan standar internasional EMV Co. untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas. Qris juga mengakomodasi kebutuhan spesifik negara sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

Konsep standarisasi QR Core ini sebelumya sudah hadir di berbagai negara seperti, India, Thailand, Malaysia dan Singapura. Perlu diketahui, berikut ini adalah 4 kelebihan dari menggunakan QRIS:

1. Mendukung Beragam Aplikasi Pembayaran

QRIS dapat menerima pembayaran dari aplikasi apa saja. Jadi, sebagai pembeli, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan aplikasi pembayaran digital mana yang harus dimiliki. Semua aplikasi pembayaran digital/e-money/e-wallet dapat digunakan membayar transaksi dengan melakukan scan QR code QRIS.

2. Gampang

Proses pembayaran menggunakan QRIS sangat mudah. Kamu hanya perlu scan QR code yang disediakan seller, memastikan nama toko milik seller yang muncul di aplikasi telah sesuai, dan melakukan pembayaran.

3. Proses Cepat

Setelah klik bayar, proses pembayaran akan langsung diproses seketika. Setelah berhasil, pembeli dan seller akan langsung mendapatkan notifikasi transaksi. Tidak perlu lagi melakukan verifikasi dan lain sebagainya. Jadi, prosesnya akan jauh lebih mudah.

4. Menguntungkan

Bagi pembeli, kesempatan untuk bisa berbelanja di seller yang menawarkan promo akan lebih besar. Pasalnya, tidak ada lagi kendala pada perbedaan aplikasi pembayaran yang digunakan.  Sementara itu, bagi seller, kemudahan transaksi dapat meningkatkan minat belanja pelanggan.

Itulah beberapa kelebihan dari QRIS, sistem pembayaran online yang inklusif. Selain mendukung produk-produk karya anak bangsa dengan bertransaksi menggunakan QRIS, kamu juga bisa membantu perkembangan UMKM sebagai pendana di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja loh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here