Mengenal Perspektif Pemberdayaan Perempuan dalam Islam

|

|

|

Perempuan sebagai makhluk ciptaan Allah, sejatinya sama seperti laki-laki yang juga mahluk ciptaan Allah. Perempuan dan laki-laki punya kedudukan yang sama dalam hal ketaatan ketika menjalankan hukum-hukum Allah.

Sejak abad 14 yang lalu, Al-Qur’an telah menghapuskan diskriminasi antara laki-laki dan perempuan. Bahkan, Al-Qur’an memandang sama kedudukan laki-laki dan perempuan. Islam mengajarkan persamaan antara manusia, baik antara laki-laki dan perempuan, persamaan antara bangsa, suku, dan keturunan. Perbedaan yang digarisbawahi dan yang kemudian meninggikan dan merendahkan seseorang hanyalah nilai ketakwaan dan pengabdiannya kepada Allah.

Bila Perempuan Kita Beri Kesempatan…

Perlu diketahui, Islam telah mendudukkan perempuan di tempat yang mulia dan setara dengan laki-laki. Pengakuan kedudukan perempuan yang mulia dalam Islam dibuktikan dengan penghapusan tradisi-tradisi yang bersifat diskriminatif.

Ajaran Islam sendiri menyatakan bahwa pemberdayaan perempuan adalah upaya pencerdasan muslimah hingga mampu berperan menyempurnakan seluruh kewajiban dari Allah SWT, baik di ranah domestik maupun publik. Pemberdayaan perempuan ini didasarkan pada visi menjadi perempuan unggul sebagai ummun warobbatul bait sebagai mitra laki laki demi melahirkan generasi cerdas, takwa, pejuang syariah, dan khafilah, dan kesakinahan keluarga.

Sementara itu, misinya adalah mengokohkan ketahanan keluarga muslim, melahirkan generasi pejuang, membangun muslimah berkarakter, kuat dalam rangka amal, ma’ruf, nahi, munkar, melahirkan perempuan sebagai mitra laki laki dalam rumah tangga dan pejuang di masyarakat.

Well, pembahasan seputar perspektif pemberdayaan perempuan dalam Islam ini merupakan salah satu subtopik yang akan dibahas dalam Amartha Impact Talks.

Selain perspektif pemberdayaan perempuan dalam Islam ini, topik-topik lainnya seperti memberdayakan perempuan underprivileged di pedesaan dan mainstreaming gender perspective dalam masyarakat Indonesia yang cenderung konservatif juga akan dibahas.

Ketiga subtopik tersebut akan dibahas dalam topik utama tentang mendobrak stigma dan reduksi diskriminasi gender yang akan dibawakan oleh Kalis Mardiasih, penulis sekaligus aktivis kesetaraan gender sebagai narasumber.

Pemberdayaan Perempuan Jadi PR Indonesia Untuk Tingkatkan Kesetaraan Gender

Kalis telah menerbitkan beberapa buku yang bisa kamu nikmati dengan judul Muslimah Yang Diperdebatkan dan Hijrah Jangan Jauh-Jauh, Nanti Nyasar! Kalis juga aktif menyuarakan pemikirannya melalui media sosial Instagram dan Twitter. Sejak muda, penulis asal Yogyakarta tersebut sudah aktif menulis di berbagai platform dan memenangkan aneka kompetisi menulis. 

Dalam rangka perayaan International Women’s Month, Amartha akan menggelar Impact Talks bertajuk “Investing in Women: Mainstreaming Women Participation in the Economy” yang akan diadakan pada tanggal 30 Maret 2021 dari jam 13.00-15.00 WIB via Zoom.

Dalam diskusi ini, Amartha ingin mengajak masyarakat melihat beragam peluang dan dampak luar biasa dari pemberdayaan perempuan pada aktivitas perekonomian dengan perspektif: UMKM, kesetaraan gender dalam kehidupan sosial ekonomi.

Selain Kalis Mardiasih, akan hadir juga Maya Juwita selaku Executive Director IBCWE (Indonesia Business Coalition for Women Empowerment) dan Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer dari Amartha sebagai moderator.

Yuk, daftar sekarang di https://bit.ly/ImpactTalkVol7

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...