Home Health & Fitness Mengenal Pandemic Fatigue dan Cara Menghadapinya!

Mengenal Pandemic Fatigue dan Cara Menghadapinya!

|

|

|

Menelusuri akun twitter @asumsico, angka kasus baru positif Covid-19 harian di Indonesia beberapa hari terakhir ada di angka 3.000 – 5.000an. Sejak adanya kasus Covid-19 pada Maret lalu, angka kasus baru terus bertambah. Bahkan berdasarkan laman covid19.go.id, total angka pasien positif per 16 November 2020 sebanyak 470.648 orang.

Kenaikan angka tersebut bisa disebabkan oleh protokol kesehatan yang perlahan mulai ditinggalkan. Setelah masa PSBB dan New Normal, banyak orang merasa Covid-19 sudah usai, nyatanya, Covid-19 masih ada di sekitar kita. Kali ini tantangan yang dihadapi adalah Covid-19, mematuhi protokol kesehatan, dan juga mengelola pandemic fatigue. Pandemic fatigue merupakan kelelahan akan kondisi pandemi yang tidak kunjung usai.

Rasa lelah tersebut bukanlah hal aneh yang dialami oleh kita. Menurut teori psikologi, perubahan perilaku yang berhubungan dengan kesehatan seperti mematuhi protokol kesehatan, berhenti merokok, diet, berolahraga, setelah 6 bulan dilakukan, ada kemungkinan 50% orang akan kembali ke kebiasaan lama. 

Nah berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menyiasati Pandemic Fatigue dikutip dari akun Instagram @pandemictalks :

  1. Hati-hati Terhadap Informasi Yang Beredar
    Pasti ada saja lingkungan sekitar yang merasa bahwa pandemi covid-19 ini tidak nyata sehingga enggan untuk mematuhi protokol kesehatan. Meskipun secara populasi, hanya <1% masyarakat Indonesia yang terinfeksi, pusat transmisi virus ini lebih besar di kota-kota besar lho. Selain itu, Case Fatality Rate Indonesia masih secara konstan lebih buruk dibanding dengan nilai rata-rata dunia.

    Kartini Indonesia: Perempuan Tangguh di Garda Terdepan, Bekerja dengan Sepenuh Hati
  2. Berpegang Teguh Pada Keyakinan
    Norma sosial adalah aturan yang berbentuk tidak tertulis mengenai bagaimana kita berperilaku dalam masyarakat. Karena bentuknya tidak tertulis jadi sulit untuk mengaturnya, bukan? Nah, dibukanya kembali tempat hiburan membuat kita merasa aman untuk mengunjungi tempat tersebut. Lalu, orang-orang yang berkerumun tanpa menjaga jarak dan menggunakan masker. Disinilah keteguhan diri kita untuk mematuhi protokol kesehatan diuji. 
  3. Pilih 2 Circle Saja
    Sebagai makhluk sosial, agaknya susah untuk mengubah kebiasaan sosial yang sudah dilakukan sejak lama mungkin sejak kita lahir. Manusia sendiri berdasarkan riset hanya bisa berhenti berkumpul pada enam bulan saja, selebihnya akan kembali ke kebiasaan lamanya. Karena covid-19 belum berakhir, hal yang bisa digunakan adalah dengan menyeimbangkan physical distancing dan hubungan sosial. Caranya dengan memilih 2 lingkaran pertemanan terdekat saja. Hal ini bisa membuat kita berhubungan sosial juga meminimalisir penyebaran virus.

Tindakan Preventif Penyebaran Covid-19

Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, kita harus melaksanakan program 3 M dari pemerintah seperti:

  • Menjaga jarak,
  • Mencuci tangan secara rutin, dan
  • Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah.

Kita harus senantiasa mengingat bahwa pandemi ini belum berakhir. Namun kita bisa meminimalisirnya dengan mengurangi porsi kegiatan di luar rumah. Memang lama-kelamaan berdiam diri di rumah juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental, kita bisa mencari alternatif hiburan agar tetap sehat dan waras. Dengan mematuhi protokol kesehatan, kita sudah membantu para tenaga medis dan meminimalisir persebaran virus.

Salah satu rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan di rumah adalah mendanai mitra usaha Amartha. Amartha merupakan perusahaan peer to peer lending yang menghubungkan pendana kepada peminjam melalui suatu platform online. Dengan mendanai mitra usaha Amartha, kita bisa mendapatkan keuntungan sampai dengan 15% Flat per tahun. Selain itu kita juga menciptakan dampak sosial yang nyata bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...