Mengenal Minimalist Lifestyle, Gaya Hidup untuk Investasi dan Berbagi

0
779
minimalist lifestyle
minimalist lifestyle

Apa sih Minimalist Lifestyle itu? Menurut artinya dalam Bahasa Indonesia, minimalist lifestyle adalah gaya hidup minimalis.

Bagi sebagian orang, minimalist lifestyle atau gaya hidup minimalis adalah hidup dalam kesederhanaan. Namun, ternyata bukan hanya kesederhanaan yang kita dapatkan. Melainkan lebih daripada itu. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Minimalist Lifestyle

Menurut Joshua Becker dalam tulisannya berjudul what is minimalism?, menuliskan bahwa Minimalism adalah memiliki lebih sedikit harta benda.

Minimalis adalah hidup dengan memiliki benda yang benar-benar dibutuhkan dalam mendukung sebuah tujuan seseorang sehingga dapat lebih fokus dalam mencapai tujuan.

Jadi, minimalist lifestyle adalah gaya hidup pilihan seseorang dalam mencapai tujuan.

Manfaat Minimalist Lifestyle

Gaya hidup minimalis memiliki beberapa manfaat, diantaranya seperti membuat hidup lebih bahagia, dapat menabung, dapat membantu sesama manusia yang kekurangan.

Nah kalau manfaat gaya hidup minimalis menurut Joshua Becker dalam ditulis dalam blognya adalah terbebas dari rasa ingin memiliki yang begitu besar, terbebas dari Modern Mania, dan dapat terbebas dari tipu daya duniawi. Artinya kita bisa hidup lebih bahagia tanpa mengejar kenikmatan dunia.

Baca Juga:
Selain Minimalist Lifestyle, Ada Juga Financial Minimalism. Apakah Itu?

Kira-kira, bisa atau enggak ya kita menerapkan gaya hidup minimalis? Bagaimana sih caranya?

Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Hidup minimalis bukan hidup kekurangan, namun hidup dengan secukupnya dan membebaskan diri dari segala tekanan.

1. Membiasakan diri merasa cukup

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membiasakan diri merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Berhenti merasa ingin memiliki sesuatu yang di luar kemampuan kita.

Kita seringkali melihat seseorang yang jauh di atas kita dari perspektif keuangan maupun kemampuan. Seakan-akan kalau kita memiliki apa yang orang lain miliki, kita akan bahagia. Tidak peduli gender baik perempuan maupun laki-laki pasti memiliki rasa iri tersebut.

Mulai sekarang lihat sekelilingmu, lihat apa yang kamu miliki dan dapat bermanfaat untuk impianmu.

2. Mengurangi FOMO (Fear Of Missing Out)

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk up to date, mengikuti trend, dan mengikuti kemajuan teknologi. Sayangnya, keinginan ini justru memberikan dampak negatif pada kita.

Nah, dengan mengurangi bermain media sosial ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kebebasan seperti bebas dari rasa khawatir, bebas dari rasa bersalah, bebas dari rasa depresi, hingga bebas dari jebakan budaya yang melekat di masyarakat yang semestinya tak harus selalu dilakukan.

3. Mengurangi gaya hidup konsumtif

Gaya hidup konsumtif dengan terus membeli barang karena trend atau self reward dapat memicu perasaan stres.

Gaya hidup ini sering sekali dialami oleh perempuan karena barang tersebut lucu, tidak mau ketinggalan dengan trend fashion baru, hingga tidak ingin melewatkan sale.

Bahkan, tak jarang mereka tidak memikirkan apakah barang yang ingin dibeli tersebut benar-benar butuh atau tidak.

4. Investasi atau menabung

Gaya hidup sangatlah berpengaruh dengan kondisi finansial seseorang. Dan gaya hidup berlebihan dapat memberi dampak buruk terhadap uang yang dimiliki.

Jika dibuat perhitungan dari gaya hidup berlebihan, kemungkinan akan mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada pemasukan. Sehingga menabung dan melakukan investasi adalah cara yang baik untuk menerapkan gaya hidup minimalis.

Cara investasi yang bisa dicoba dan memberikan keuntungan adalah dengan berinvestasi pada pembiayaan pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM). Investasi ini adalah jenis investasi tren masa kini karena bisa investasi dan memberdayakan sesama.

Salah satu investasi itu adalah P2P Lending Amartha. Platform investasi yang juga fokus pada pemberdayaan perempuan ini menawarkan keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun. Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK juga.

5. Membantu sesama

Gaya hidup minimalis juga dapat membuat kita lebih peka dengan sekitar, sehingga kita dapat melihat hal yang mungkin selama ini tidak kita lihat.

Dengan mengubah gaya hidup menjadi minimalis kita bisa mengurangi barang yang tidak kita butuhkan dan masih layak digunakan untuk diberikan kepada orang lain.

Itulah informasi mengenai minimalist lifestyle atau gaya hidup minimalis. Nah, apakah kamu sudah tertarik untuk menerapkan gaya hidup ini?

Kontributor: Rahma Dhini Nur Arifa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here