Mengenal Lembaga Keuangan Bukan Bank Terpopuler

0
44
sumber: www.pexels.com
sumber: www.pexels.com

Tidak hanya bank, nyatanya di Indonesia terdapat berbagai macam lembaga keuangan bukan bank. Ini merupakan lembaga yang salah satu perannya menghimpun uang masyarakat menjadi simpanan yang disalurkan kembali pada masyarakat dalam bentuk pinjaman. 

Belum tahu sepenuhnya seputar hal ini? Mari ulas seputar lembaga keuangan ‘bukan bank’ dalam informasi berikut! Tanpa perlu basa-basi lebih panjang lagi, berikut ini terdapat beberapa lembaga keuangan bukan termasuk bank di Indonesia yang wajib kamu ketahui.

4 Lembaga Keuangan Bukan Bank Di Indonesia

Lembaga keuangan yang bukan termasuk ke dalam golongan bank memiliki fungsi penting. Beberapa diantaranya yakni sebagai penyimpan uang, penyedia modal, penyedia pinjaman, hingga sebagai lembaga yang tentu saja merupakan pelaksana kegiatan keuangan.

Dengan fungsi menarik tersebut, lembaga keuangan bukan bank yang berdiri di Indonesia antara lain sebagai berikut:

Perusahaan Pegadaian

Lembaga keuangan bukan termasuk bank yang pertama ialah perusahaan pegadaian. Umumnya, sistem perusahaan gadai yaitu memberikan pelayanan dalam rupa pinjaman uang secara tunai yang dibarengi dengan penyerahan benda sebagai jaminan.

Tidak hanya itu saja, meskipun bukan termasuk lembaga bank, namun perusahaan gadai juga menyediakan layanan seperti penyimpanan barang berbentuk emas atau sering disebut juga dengan tabungan emas. 

Oleh karena persyaratan serta prosedurnya yang mudah, banyak masyarakat yang mengajukan pinjaman di perusahaan non-bank satu ini.

Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi termasuk lembaga keuangan bukan bank. Perusahaan yang cara kerjanya memberi perlindungan pada nasabah yang terdaftar menjadi anggota perusahaan asuransi tersebut dari terjadinya sebuah risiko ini terbagi ke dalam beberapa jenis.

Jenis perusahaan asuransi dibagi berdasarkan sesuatu yang diasuransikan antara lain yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi pendidikan, hingga asuransi kepemilikan properti. 

Tidak cuma itu, perusahaan asuransi juga dapat memberikan perlindungan terhadap keuangan milik pribadi.

Sistemnya, perusahaan asuransi ini mengumpulkan dana dalam bentuk premi dari para nasabah selama jangka waktu tertentu sesuai dengan polis asuransi yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Baca Juga: Ini Deretan Bank Digital Indonesia, Kamu Pakai yang Mana?

Badan Koperasi

Contoh lembaga keuangan bukan bank selanjutnya yaitu badan koperasi. Salah satu kegiatan operasional dari badan koperasi ini antara lain berupa layanan simpan pinjam yang bekerja dengan cara menghimpun dan menyalurkan uang.

Perbedaan koperasi dengan lembaga bank yaitu dapat dilihat dari bagaimana sistem keleluasaannya.

Jika lembaga bank bersifat umum & fleksibel digunakan seluruh lapisan masyarakat, badan koperasi hanya berjalan berdasarkan kehendak dari anggota koperasi. dalam artian dana dikumpulkan dan disalurkan dari dan hanya kepada anggota yang tergabung.

Untuk bisa mengikuti layanan simpan pinjam di koperasi, kamu harus tergabung terlebih dahulu menjadi anggota dan mengikuti seluruh prosedur dan persyaratannya.

Perusahaan Fintech

Perusahaan ini adalah jenis lembaga keuangan di luar bank yang memiliki sistem lebih modern. Perusahaan fintech ini dikemas dalam sistem operasionalnya berupa crowdfunding, micro financing, hingga peer to peer lending service.

Lembaga yang menawarkan layanan pinjaman online ini memiliki keunggulan berupa kemudahan dalam tahapan prosedurnya. 

Namun, sebelum mengajukan pinjaman di perusahaan fintech, kamu perlu mempelajari ketentuan-ketentuan seperti bunga yang diberlakukan. Pasalnya bunga di perusahaan fintech biasanya diberikan dalam persentase lebih tinggi.

Demikian pembahasan mengenai empat lembaga keuangan bukan bank yang memiliki popularitas tinggi di indonesia. Selain empat lembaga di atas, terdapat juga beberapa pilihan lembaga lainnya yang termasuk dalam golongan lembaga bukan bank. 

Untuk kamu yang tertarik untuk memulai investasi, kamu bisa mulai berinvestasi di perusahaan fintech seperti di Amartha dengan imbal hasil mencapai 15% flat untuk tiap tahunnya. Yuk, yang penasaran download aplikasi Amartha di smartphone kamu dan mulai berinvestasi.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here