Home Perempuan Tangguh Mengenal Lebih Dekat Ummu Imarah, Perempuan Tangguh Di Masa Rasulullah

Mengenal Lebih Dekat Ummu Imarah, Perempuan Tangguh Di Masa Rasulullah

|

|

|

Anda dapat menjadikan Rasulullah sebagai suri tauladan yang baik, salah satunya yaitu berupa sifatnya. Selain itu ada kisah sahabat-sahabat beliau yang ikut secara terus menerus untuk berjuang bersama baginda nabi dalam mendakwahkan ajaran agama Islam.

Bahkan beberapa di antaranya, terdapat sejarah atau kisah para perempuan pada masa itu. Ada banyak juga perempuan tangguh yang ikut berjuang di jalan-Nya. #SaatnyaPerempuan ikut berjuang bersama-sama, dan turut serta membangun Islam yang lebih baik lagi.

Ummu Imarah: Cerita Tentang Seorang Perempuan Tangguh

Ummu Imarah berasal dari Bani Mazin an – Najar, merupakan salah satu perempuan yang ikut bertempur di beberapa peperangan antara kaum musyrikin dan umat muslim. Perang tersebut terjadi ketika zaman Rasulullah menyebarkan ajaran agama Islam.

Perempuan tangguh ini pun dikenal dengan nama lain yaitu Nusaibah binti Ka’bah, seseorang yang mempunyai jiwa pemberani serta tidak takut mati karena membela Islam. Adapun kisah Nusaibah di antaranya ada di bawah ini.

Bergabung Dalam Perang Uhud

Nusaibah R.A ikut berperang Uhud bersama kedua putra (Abdullah dan Hubaib) dan suaminya. Ia bertugas membagi-bagikan minuman kepada para pasukan yang sedang sakit. Namun ketika pasukan muslim berpencar, Nusaibah pun langsung mendekati Rasulullah.

Prioritas Pengeluaran Menurut Islam

Kemudian dengan senjatanya, ia menghadang busur-busur panah yang mengarah ke nabi Muhammad SAW. Pada saat nabi melihat Nusaibah terluka, beliau mengatakan untuk membalut lukanya. Lalu berdoa agar Allah menjadikan Nusaibah sekeluarga menjadi sahabatnya di surga.

Hal itu membuat semangat Nusaibah semakin bergejolak ketika mendengar doa tersebut, bahkan mengabaikan rasa sakit karena ada 13 luka di tubuhnya. Luka terparah ada pada bagian pundak, hingga membutuhkan 1 tahun untuk menyembuhkannya.

Ikut Serta Melawan Musailamah Al Kadzab

Nusaibah langsung menemui Abu Bakar ketika mengetahui keputusan hendak menyerang Musailamag beserta pengikutnya. Maksud dari kedatangan Nusaibah karena meminta izin supaya diperbolehkan bergabung dalam penyerangan itu.

Kemudian ia diizinkan bertempur dengan anaknya yang bernama Hubaib bin Zaid bin Ashim. Namun ujian besar pun menimpanya, musuh menawan Hubaib. Musailamah memerintahkan Hubaib untuk mengaku sebagai rasul ketika ditawan, dan ditolak karena iman serta didikan agama orang tuanya.

Hal itu mengakibatkan Hubaib disiksa oleh Musailamah. Bahkan tidak hanya itu saja, tubuhnya pun dipotong-potong hingga Hubaib mati syahid.

Perang Yumamah

Nusaibah kembali ikut ke dalam perang Yumamah bersama putra lainnya, yaitu Abdullah. Ia bertekad membunuh dengan tangannya sendiri, hal itu sebagai bentuk balasan atas putranya yang dibunuh. Perang tersebut ternyata berakhir dengan Musailamah terbunuh oleh Abdullah.

Intip Rahasia Sukses Dalam Berdagang Ala Nabi Muhammad

Ahsyi bin Harb melakukan kerja sama dengan Abdullah saat menyerang Musailamah. Nusaibah langsung sujud syukur kepada Allah SWT mengetahui peristiwa itu, dan mengakibatkan kehilangan satu tangan serta 12 luka. Selain itu, Nusaibah juga kehilangan Abdullah putra terakhirnya.

Berbagai kisah perempuan tangguh yang hidup di zaman Rasulullah selain Nusaibah, misalnya seperti Aisyah (isteri nabi) difitnah orang-orang kafir, Khaulah Binti Tsa’labah, dan sebagainya. Anda juga dapat menjadikan kisah di atas sebagai teladan yang baik.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...