Mengenal Laporan Pajak dan Contoh Pembukuan Sederhana

0
246
Ilustrasi pelaporan pajak. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi pelaporan pajak. sumber: www.istockphoto.com

Contoh Pembukuan Sederhana untuk Laporan Pajak 

Sebagai pengusaha kamu harus memiliki pembukuan yang baik karena hal tersebut berkaitan dengan laporan pajak. Kamu bisa membuat pembukuan keuangan secara sederhana untuk menunjang bisnis yang dikelola. 

Tentunya, sistem pembukuan yang baik akan sangat membantumu agar bisa lebih efektif ketika berurusan dengan hal-hal yang berkaitan dengan pajak, baik dalam hal pembayaran maupun pengurusan pajak itu sendiri. 

Pengertian Pembukuan Sederhana dan Pelaporan Pajak

Sebelum membahas tentang contoh pembukuan yang sederhana, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu laporan pajak. Merupakan surat pemberitahuan (SPT) yang digunakan oleh wajib pajak (WP) untuk melaporkan perhitungan dan atau pembayaran pajak penghasilan. 

Sedangkan pembukuan sederhana adalah proses pencatatan yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk mengumpulkan semua data dan informasi keuangan. Pencatatan tersebut meliputi harta, modal, biaya, dan kewajiban yang nantinya akan ditutup dengan menyusun sebuah laporan keuangan dalam bentuk neraca di periode tersebut. 

Baca Juga: Memahami Pajak Royalti Untuk Kamu Yang Punya Banyak Karya

Contoh Membuat Pembukuan yang Sederhana 

Apabila semua catatan yang berhubungan dengan transaksi keuangan tersimpan dengan baik, dan dalam menjalankan bisnis juga dilakukan secara profesional. Maka, sudah menjadi hal yang wajar jika kamu bisa mengelola perhitungan laporan pajak dengan lebih mudah. 

Jika sewaktu-waktu diaudit oleh pihak pajak dan harus menyerahkan bukti yang berkaitan dengan pembayaran pajak. Maka, kamu bisa dengan mudah menunjukkan bukti tersebut karena semua catatan keuangan telah ditulis secara tertib dan up-to-date. Berikut ini beberapa contoh pembukuan laporan pajak yang sederhana dan bisa diterapkan pada bisnis yang kamu miliki. 

1. Buku Kas Pemasukan

Pembukuan yang bertujuan untuk mencatat semua pemasukan setiap hari agar bisa memantau keseimbangan bisnis. Jadi, semua uang yang masuk ke rekening perusahaan akan dicatat di buku kas masuk, termasuk utang perusahaan yang telah lunas. Buku kas pemasukan ini akan berguna di akhir bulan, kuartal, dan akhir tahun. 

2. Buku Kas Pengeluaran 

Kebalikan dari kas pemasukan, untuk buku kas pengeluaran digunakan untuk mencatat semua pengeluaran perusahaan mulai dari yang terkecil hingga pengeluaran yang paling besar sekalipun. Contoh, membeli alat tulis kantor atau membeli mobil untuk operasional perusahaan. Dengan mencatat semua pengeluaran yang ada akan membuat kamu lebih mudah untuk menyeimbangkan buku kas di akhir tahun.  

3. Buku Kas Utama

Kamu bisa membuat pembukuan sederhana laporan pajak apabila memiliki buku kas utama. Yaitu pembukuan yang merangkum semua pengeluaran dan pemasukan perusahaan, baik itu berupa barang maupun uang. 

Berdasarkan apa yang terangkum dalam buku kas utama akan terlihat apakah perusahaan yang kamu miliki mengalami kerugian atau keuntungan. Dengan kata lain, buku kas utama ini bisa digunakan sebagai dasar laporan keuangan. 

4. Buku Inventaris

Buku kas yang keempat ini berfungsi untuk mencatat semua barang milik perusahaan yang digunakan sebagai penunjang aktivitas pekerjaan. Catatan semua inventaris perusahaan ini sangat diperlukan karena berkaitan langsung dengan laporan keuangan di akhir periode.  

5. Buku Stok Barang

Selain uang dan inventaris, kamu juga perlu membuat pembukuan untuk mencatat stok barang, yaitu barang yang dijual atau dibeli oleh perusahaan. Itulah beberapa contoh pembukuan sederhana yang berguna untuk membuat laporan keuangan di akhir periode. Jangan lupa untuk mencatat hasil investasi melalui Amartha di pembukuan laporan pajak milik kamu. Imbal hasil sebesar 15% flat per tahun dari hasil investasi di Amartha pastinya akan menambah modal yang kamu miliki untuk menunjang operasional perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk berinvestasi di Amartha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here