Mengenal Konsep Kaizen untuk Melawan Rasa Malas

0
53
konsep kaizen pada keuangan
sumber foto: www.istockphoto.com

Konsep Kaizen, untuk Meningkatkan Produktivitas

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah seperti Kaizen? Kaizen merupakan istilah yang berasal dari bahasa Jepang dan memiliki arti berubah menjadi lebih baik. Konsep kaizen ini dikembangkan di Jepang tahun 1950. 

Dari banyaknya filosofi yang berasal dari Jepang, Kaizen merupakan salah satu konsep yang banyak diterapkan di perusahaan atau bisnis. Hal ini disebabkan karena Kaizen dinilai dapat meningkatkan produktivitas operasional perusahaan. 

Tidak hanya itu, ada berbagai macam manfaat dari penerapan Kaizen yang lainnya sehingga bisa mendukung keberhasilanmu. 

Sekilas Mengenai Konsep Kaizen

Konsep kaizen adalah cara kerja yang membuat perbaikan secara terus menerus dilakukan. Metode Kaizen ini berpijak dalam prinsip jika tidak ada yang terbaik, namun berubah menjadi semakin baik merupakan sebuah kewajiban.

Metode Kaizen seperti sebuah budaya kerja yang memungkinkan perubahan-perubahan kecil dan memiliki intensitas tinggi. Bila dilihat dari Kaizen, kita sebenarnya tidak dituntut untuk secara langsung memberikan perubahan yang revolusioner. 

Namun sebaliknya, kita dituntut untuk melakukan perubahan cara kerja seperti yang disyaratkan pada Kaizen yakni melakukan satu perbaikan spesifik di alur tertentu. 

Manfaat Penerapan Kaizen

Ada berbagai macam manfaat ketika menerapkan Kaizen contohnya seperti dapat menghemat dana. Hal ini disebabkan karena Kaizen bisa membantu optimalisasi anggaran, dengan menggunakan Kaizen, bahan sisaan yang muncul dapat diminimalisasi khususnya dalam kegiatan produksi. 

Selain itu dengan menerapkan Kaizen, produktivitas juga bisa mengalami peningkatan. Produktivitas dapat dikatakan sebagai jantung kegiatan operasional perusahaan, Kaizen dapat mengakomodasi hal tersebut dengan cara pemecahan masalah serta memperbaiki skala kecil yang mungkin sebelumnya dianggap remeh namun memberi dampak luar biasa. 

Baca Juga: 4 Metode Budgeting Efektif Atur Keuangan Bulanan

Konsep Kaizen dan Penerapannya

Lantas, bagaimana langkah untuk menerapkan konsep ini? Berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Lakukan Analisis Kinerja

agar bisa menerapkan metode Kaizen ini, penting untuk sebuah tim mengetahui kemampuan yang mereka miliki. Kemudian dari sini dapat dilakukan pemilihan langkah yang tepat berdasarkan gambaran awal.

2. Lihat Gambaran Besar

Setelah melakukan analisis kinerja, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah melihat gambaran sistem kerja. Kamu bisa memahami gambaran besar, kemudian fokuskan diri pada salah satu proses. 

Hal ini dilakukan agar tim tetap berada di jalur yang tepat, hal yang tidak kalah penting ialah fokus pada salah satu kegiatan yang bersifat spesifik. 

3. Identifikasi Kekurangan 

Jika sudah memahami prosedur yang sebelumnya, cara menerapkan konsep kaizen yang berikutnya adalah melakukan proses identifikasi tahapan yang memang membutuhkan pembaharuan. 

Jika kamu sudah memperhatikan tahapan yang spesifik, tentu langkah ini dapat dilakukan secara efektif. 

4. Perbarui Standar Kerja

Jika sudah melengkapi berbagai langkah di atas, kamu bisa memetakan mana saja bagian yang harus diperbarui serta prioritasnya. Perbaikan berikutnya dapat ditentukan apakah akan diseragamkan atau tidak. 

Salah satu contoh kaizen sederhana untuk diri sendiri adalah diet, tidak terus menerus membuka media sosial ketika jam kerja dan lainnya. 

Saat awal menerapkan konsep ini, mungkin kita akan kesulitan untuk melakukannya, namun bila dilakukan secara konsisten dan niat yang bulat, menerapkan konsep ini bukan menjadi hal yang tidak mungkin bukan?

Kamu bisa mulai menerapkan konsep kaizen ini dengan tidak malas untuk mencari aplikasi keuangan yang terpercaya sebagai investasi keuanganmu. Salah satu pilihannya adalah P2P lending Amartha. Dengan aplikasi keuangan ini, kamu bisa berinvestasi dengan imbal hasil yang mencapai 15% flat per tahunnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here