Mengenal IDX30 Serta Perbedaannya dengan IDX80 dan LQ45

0
57
https://dashboard.amartha.com/v4/daftar-pendana?utm_source=blog_amartha&utm_medium=referral&utm_campaign=moneyplus&utm_content=moneyplus
Ilustrasi belajar saham IDX30. Photos by istockphoto

Berencana untuk terjun bermain di dunia saham? Perlu kamu ketahui, modal saja tidaklah cukup untuk memulainya. Kamu juga harus mengenal seluk beluknya. Salah satunya yaitu mengenal apa itu IDX30 untuk bekal sebelum terjun.

Hal dasar mengenai investasi saham akan membantu kamu untuk memahami indeks saham. Selain itu juga dapat membantumu untuk mengetahui nilai saham itu sendiri.

Apa Itu IDX30?

Istilah yang satu ini kerap muncul untuk yang sering bermain saham. IDX30 2022 merupakan sebuah indeks saham yang biasa digunakan untuk mengukur performa harga yang memiliki kapitalisasi pasar besar dan likuiditas tinggi yang didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Daftar saham IDX30 pada umumnya dikelola maupun diterbitkan oleh pihak ketiga di luar BEI (Bursa Efek Indonesia). Indeks saham sendiri merupakan sebuah pengukur performa yang memudahkan para investor.

Baca Juga: 
Arahan OJK Mengenai Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Fungsi dari indeks tersebut yaitu bisa digunakan untuk mengerucutkan pilihan pada saat berencana berinvestasi saham yang likuid. Selain itu juga bisa digunakan untuk saham yang memiliki kapitalisasi pasar besar.

Indeks IDX30 hari ini biasanya digunakan untuk mengukur kinerja harga 30 saham. Nah, saham-saham yang masuk ke dalam jajaran indeks ini juga bukan saham sembarangan.

Apa Perbedaannya dengan IDX80 dan LQ45?

Sumber Foto: Unsplash

Di sisi lain, juga ada indeks yang disebut IDX80 dan LQ45. Lalu apa perbedaannya? Sebenarnya semuanya sama yaitu untuk mengukur saham-saham yang mempunyai likuiditas dan transaksi yang besar karena masih satu kategori.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sudah merangkum pengertian untuk masing-masing indeks IDX80 dan LQ45.

1.  Pengertian IDX80

Pada dasarnya, istilah IDX80 sama seperti versi IDX30 dimana IDX sendiri merupakan kependekan dari indeks. Artinya, IDX 80 yaitu sebuah indeks untuk mengukur kinerja harga dari 80 saham yang mempunyai likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar.

Sama seperti versi 30, indeks ini juga digunakan untuk menghitung kinerja saham yang juga sudah didukung oleh fundamental perusahaan yang baik. Hanya saja indeks ini bisa digunakan untuk mengukur 80 saham sekaligus.

IDX80 juga bisa menjadi alternatif untuk para manajer investasi. Pasalnya, indeks ini sudah didesain untuk digunakan lebih banyak seperti IHSG. Dengan total 80 saham, itu artinya sudah bisa mewakili 80% hingga 90% dari pasar saham.

2.  Pengertian LQ45

Sesuai angkanya, indeks ini bisa digunakan untuk mengukur kinerja harga dari 45 saham. Indeks ini juga bisa kamu gunakan untuk saham dengan kapitalisasi pasar besar dan memiliki likuiditas tinggi serta sudah didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Indeks ini umumnya digunakan untuk mengukur saham-saham yang berada pada peringkat teratas. Untuk menilai peringkatnya biasanya menggunakan dasar-dasar kapitalisasi pasar saham selama 12 bulan terakhir.

Fungsi dari LQ45 ini yaitu sebagai pelengkap indeks IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain dari LQ45 ini, yaitu ketersediaan sarana yang kredibel dan objektif untuk para manajer investasi, investor, pemerhati pasar modal dan financial analyst.

Jadi perbedaan dari 3 jenis indeks tersebut terletak pada ruang lingkupnya. Indeks 30 untuk mengukur 30 saham, indeks 80 untuk mengukur 80 saham dan LQ45 untuk 45 saham. Semakin kecil angkanya, maka semakin sempit ruang lingkupnya.

Ingin terjun bermain saham tapi masih ragu? Atau masih belum paham cara mengukur IDX30? Jangan khawatir, kamu bisa memulai investasi dengan menanamkan modal di P2P (Peer to Peer) lending Amartha yang lebih mudah.

Perusahaan investasi yang sudah terdaftar OJK yang memiliki fokus pada pemberdayaan UMKM ini menawarkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun, lho. Yuk, daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here