Mengenal Data Scientist Yang Menambah Peluang Karirmu Di Bidang Teknologi

0
51

Sebelum kita hidup dengan jejak digital seperti sekarang ini, tentu kita sudah membutuhkan data dalam kehidupan sehari-hari. Data ini bisa untuk kebutuhan apa saja. Hingga kini munculah data scientist, terutama di bidang bisnis tertentu. Pentingnya informasi di era digital, membuat kita menjadi harus lebih mengenal data scientist lebih dalam lagi.

Sehingga muncul istilah data science dan juga data scientist. Perlu Kamu ketahui juga, bahwa keduanya memiliki perbedaan. Banyak juga orang yang belum memahami makna dari keduanya. Supaya Kamu tidak salah kaprah dengan data yang banyak digunakan oleh orang banyak, simak penjelasan di bawah ini mengenai data scientist berguna untuk mengakomodasi kebutuhan dalam mengolah informasi.

Pahami Lebih Dalam Tentang Data Science dan Data Scientist

Suatu ilmu pengetahuan yang sifatnya interdisiplin atau mengombinasikan beragam ilmu pengetahuan yang ada, disebut dengan data science. Pada umumnya, di dalam data science ini terdapat data yang sifatnya kuantitatif. Baik yang terstruktur atau yang tidak berstruktur.

Sedangkan data scientist sering kali digunakan oleh orang-orang yang menjalani profesi yang berkaitan dengan data science. Kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang ini adalah mengolah data sudah disiapkan terlebih dahulu oleh data engineer. Yang nantinya diolah menjadi informasi yang penting bagi suatu perusahaan.

Hal-Hal Yang Dilakukan Oleh Seorang Data Scientist

Ingin tahu lebih banyak tentang apa yang biasa dikerjakan/dilakukan oleh para data scientist? Simak penuturan di bawah ini :

1.Menganalisa data di perusahaan, juga bisa dilakukan oleh data scientist loh!

Data science ini sangat berkaitan erat dengan analisis data. Sehingga tugas dari seorang data scientist juga berkaitan dengan menganalisa data perusahaan. Mereka akan berkutat dengan pengolahan data dalam MATLAB, membuat tabel pivot dengan microsof excel, dan masih banyak lagi.

2. Meneliti data menjadi makanan sehari-hari data scientist

Untuk beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa analis, seperti misalnya PIWIK, Histat, Google Analytic, dan sebagainya biasanya tugas penelitian data di dalamnya juga dikerjakan oleh seorang data scientist. 

Penelitian data ini, juga mencakup bidang ilmu yang lainnya seperti fisika, matematika dan juga statistik. Kemudian data yang telah diteliti itu akan diimplementasikan ke dalam produk analytical program yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan, yang bersangkutan. 

3.Data scientist juga bertanggung jawab pada kualitas data suatu perusahaan

Bukan hanya hal yang sifatnya fisik, data juga mempunyai infrastrukturnya sendiri. Apalagi untuk beberapa perusahaan yang trafik datanya tinggi, baik dari sumber internal ataupun eksternal. Dalam hal ini, mempunyai seorang data scientist menjadi sesuatu yang wajib. Supaya mereka dapat menyiapkan infrastruktur data dan kemudahan dalam mengakses analisis datanya.

Masih ada banyak tugas atau job desc dari data scientist, tetapi secara garis besarnya tugas data scientist ini yang telah dijelaskan tadi di atas. Pekerjaan ini cocok dengan Kamu yang menyukai bidang analisis atau penelitian data.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here