Home Tech & Bisnis Mengenal Data Scientist : Apakah Kamu Salah Satunya?

Mengenal Data Scientist : Apakah Kamu Salah Satunya?

|

|

|

Buat beberapa orang, nama profesi serupa data scientist mungkin belum akrab di telinga. Padahal profesi yang dekat dengan dunia digital ini adalah salah satu profesi yang sekarang ini sedang dilirik. Sebenarnya apa sih data scientist itu?

Secara umum, seorang data scientist adalah seseorang yang tahu cara mengekstrak dan menafsirkan data. Profesi ini membutuhkan alat dan metode statistik yang digunakan untuk mengekstrak data digital ke dalam data fisik.

Pengin Jadi Data Scientist? Gimana Caranya?

Kamu mau jadi seorang Data Scientist? Sama saja dengan pekerjaan yang lain, kamu harus memenuhi kriteria yang diperlukan, beberapa di antaranya yaitu pemahaman yang sangat baik tentang perhitungan matematis, pemikiran analitis, keingintahuan, dan pemikiran kreatif.

Selain itu, kamu juga harus jago menemukan peluang, tren, pola, dan banyak lagi hal yang tersembunyi di dalam sebuah data. Semuanya dimulai dengan mengajukan pertanyaan yang tepat, menghubungkan titik-titik, dan mencari jawaban yang tepat dari berbagai hasil yang tersedia.

Kamu harus mampu merancang model dan algoritma komputer yang tepat yang dapat menjawab pertanyaan bisnis yang paling mendesak. Kalau urusan gelar, sebagian besar Data Scientist memiliki gelar master, dan hampir setengah dari mereka memiliki gelar PhD.

Udah Merasa Cocok Jadi Data Scientist? Kamu Juga Harus Menguasai Tools Berikut!

Mengenal Data Scientist saja belum cukup lho, kamu juga harus mahir dengan tools yang akan kamu gunakan setiap harinya. Alat-alat ini termasuk dalam berbagai kategori seperti alat scripting dan pemrograman, alat pemrograman statistik, dan alat untuk analisis data.

SQL adalah salah satu alat paling populer yang digunakan oleh Data Scientist. Alat ini membantu memahami data terstruktur dan bekerja pada sistem manajemen basis data relasional. Kamu juga harus paham tentang R Programming, karena alat komputasi statistik ini paling penting.

Tools lain yang harus kamu kuasai adalah Phyton, Hadoop, SAS dan juga Tablo. Tidak menutup kemungkinan jika nantinya kamu harus berhadapan dengan tools baru seiring dengan perkembangan zaman.

Worth It Nggak Jadi Data Scientist?

Menurut Harvard Business Review, Data Scientist adalah seorang profesional berpangkat tinggi dengan pelatihan dan keingintahuan untuk membuat penemuan di dunia Big Data. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa Data Scientis adalah para profesional yang diidamkan di Big Data Analytics dan industri TI.

Bisa dibilang bahwa pekerjaan sebagai Data Scientist itu tidak ada matinya, kecuali dunia ini sudah tidak lagi mengandalkan digitalisasi. Kalau urusan gaji, tentunya bisa dibayangkan sendiri, kan? Kamu bisa bekerja di start up maupun perusahaan unicorn yang tentunya akan memberi gaji layak.

Tingkat kesulitan menjadi Data Scientist memang cukup besar, apalagi aliran data selalu berubah setiap harinya. Tapi tentu saja tidak ada yang salah jika kamu mencintai dunia ini. Sudah penasaran banget pengin coba? Siapkan CV-mu dan mulailah melamar!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...