Home Finance Mengenal Broker Asuransi: Cara Kerja dan Manfaatnya

Mengenal Broker Asuransi: Cara Kerja dan Manfaatnya

|

|

|

Beberapa tahun terakhir, asuransi menjadi kebutuhan penting yang harus dimiliki oleh semua orang, terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Kesadaran untuk punya asuransi semakin meningkat belakangan ini di masyarakat.

Pasalnya, masyarakat mulai sadar bahwa dengan memiliki asuransi, berarti mereka punya proteksi terhadap berbagai risiko, seperti jiwa, kehilangan harta benda ataupun usaha yang sedang dijalankan. Tidak heran, produk asuransi pun dihadirkan semakin bervariasi seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat.

Namun, meningkatnya kebutuhan masyarakat akan asuransi ini juga turut mempengaruhi persaingan antar perusahaan penyedia layanan asuransi yang semakin ketat. Tidak mengherankan jika persaingan ini pada akhirnya juga berimbas ke nasabah. Persaingan tersebut menimbulkan tingginya laporan dari nasabah yang merasa dirugikan ketika ingin melakukan klaim asuransi meski rutin membayar premi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sesuai Undang-Undang No.2 Tahun 1992 tentang asuransi, diciptakanlah broker asuransi. Peraturan mengenai broker dalam penjualan dan pembelian asuransi juga tercantum dalam POJK Nomor 70/POJK.05/2016.

Peraturan ini menyebutkan bahwa broker asuransi adalah usaha jasa konsultasi dan/atau keperantaraan dalam penutupan asuransi atau asuransi syariah serta penanganan penyelesaian klaimnya dengan bertindak untuk dan atas nama pemegang polis, tertanggung, atau peserta sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nonmor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

Perlu kamu tahu, broker asuransi merupakan badan yang dibentuk di bawah naungan pemerintah dengan tujuan membantu nasabah asuransi untuk mendapatkan haknya, seperti membantu proses klaim hingga pencairan klaim atas perusahaan asuransi.

Fungsi broker asuransi bisa dibilang sebagai institusi yang melindungi kepentingan nasabah, sehingga nggak bisa diganti secara perseorangan. Berbeda dengan cara kerja agen asuransi yang ditunjuk langsung oleh perusahaan asuransi secara profesional untuk menjual produk-produk mereka.

Secara garis besar, tugas dari broker asuransi adalah melindungi kepentingan tertanggung atau nasabah sebuah perusahaan asuransi. Nasabah di sini bersifat luas dan tak terbatas pada satu orang saja. Berikut ini adalah rincian tugas broker asuransi sebagaimana dimaksud dalam undang-undang:

  • Melakukan identifikasi terhadap segala bentuk usaha-usaha penghilangan, pengurangan, serta menghindarkan kemungkinan terjadinya risiko tersebut.
  • Sesuai dengan kebutuhan tertanggung, broker asuransi harus mempersiapkan serta membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan kompetitif.
  • Membantu memilihkan penanggung bagi tertanggung (klien asuransi), yang aman.
  • Menjembatani pemilihan dan negosiasi tingkat premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien asuransi (Penanggung).
  • Selama polis berjalan, broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan risk inspection serta administrasi program, termasuk melakukan claim management service.
  • Dalam satu waktu tertentu, pihak broker asuransi bisa juga menjalankan negosiasi klaim atas nama tertanggung.
  • Melakukan adminstrasi serta penelitian asuransi.

Nah, untuk menggunakan jasa broker asuransi, ada baiknya kamu melakukan langkah berikut:

  • Pihak Tertanggung mendatangi pihak broker asuransi untuk mendapatkan placing slip. Dengan adanya placing slip ini maka pengisian application form tak diperlukan karena broker asuransi sudah mengantongi hasil survei sebagai pedoman kerjanya.
  • Broker asuransi akan langsung bekerja setelah placing slip diserahkan oleh tertanggung dengan ini maka waktu untuk mengurusi urusan klaim dan hal lain terkait masalah antara pihak tertanggung dan penanggung bisa lebih singkat.

Well, selain memiliki asuransi, investasi juga merupakan hal penting yang dimiliki untuk jaminan di masa depan. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...