Mengenal Blue Ocean Strategy: Cara Menerapkan Pada Bisnis

0
81
Ilustrasi blue ocean strategy. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi blue ocean strategy. sumber: www.freepik.com

Pengertian Blue Ocean Strategy yang Harus Diketahui

Blue Ocean Strategy adalah metode dalam pemasaran yang bertujuan untuk menjaga eksistensi perusahaan dan menyingkirkan kompetitor. Terkadang, blue ocean strategy bisa membantu kamu dalam menangkap peluang dan menciptakan pasar baru yang belum ada pesaingnya sama sekali. 

Strategi blue ocean pertama kali muncul di tahun 2005 melalui penulis sekaligus profesor yang bernama W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Dalam buku mereka, terdapat dua istilah yang tidak asing bagi para pengusaha, yaitu red ocean dan blue ocean. Keduanya berkebalikan satu sama lain. 

  • Red Ocean menggambarkan kondisi industri yang memiliki batasan yang sudah ditentukan dalam aturan permainan kompetitif. Aturan dan batasan pun diterima oleh semua pihak. Untuk menerapkan konsep ini, kamu harus bersaing dengan banyak kompetitor dengan cara yang berdarah-darah. Ketika pasar sudah ramai, keuntungan yang diperoleh akan semakin berkurang. Kesempatan untuk bertumbuh akan lebih sedikit. 
  • Blue Ocean, memberi gambaran tentang industri yang belum ada, bahkan tidak diketahui, serta persaingan masih sedikit. Ada banyak kesempatan untuk kamu bertumbuh dan memperoleh keuntungan dalam konsep ini. Sebab, tiap permintaan akan diciptakan bukan diperebutkan. 

Cara Menerapkan Blue Ocean Strategy

Dalam industri saat ini, ada perusahaan yang sudah menerapkannya. Contoh blue ocean strategy yang sudah diterapkan adalah layanan streaming online yang dibuat oleh Netflix. Di awal internet berkembang pesat, perusahaan ini membuat layanan yang memudahkan konsumen dalam melakukan streaming film maupun drama-drama kesukaan, tanpa harus mengunduh atau memiliki kaset fisiknya. 

Untuk kamu yang ingin menerapkan blue ocean strategy, ikuti langkah-langkah ini: 

1. Melakukan Rekonstruksi Terhadap Batasan Pasar

Dalam menerapkan konsep blue ocean, kamu harus berani untuk melangkah, mengambil keputusan yang baru. Pikirkan ide yang saat ini belum ada tetapi dapat memberi dampak yang signifikan untuk masyarakat dan memberi keuntungan pada perusahaan. 

Namun, ketika pasar sudah semakin ramai dengan banyaknya kompetitor yang bermunculan, kau harus kembali berubah dengan melakukan rekonstruksi ulang. Dalam prosesnya, ada 6 hal yang bisa kamu lakukan untuk pendekatan, yaitu: 

  1. Amati usaha alternatif yang relevan 
  2. Perhatikan kelompok strategis untuk bisnis
  3. Amati rantai pelanggan yang sudah ada
  4. Perhatikan daya tarik emosional dan fungsional konsumen
  5. Tunggu waktu yang tepat untuk melakukan eksekusi

2. Fokuskan Pada Strategi

Agar tidak menjadi strategi red ocean, kamu perlu memfokuskan diri pada strategi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Perencanaan tidak hanya berhenti di dokumen saja, tetapi perlu diperhitungkan langkah-langkah apa yang harus diambil. 

Kembangkan strategi tersebut agar dapat menghasilkan terobosan baru yang inovatif dan menciptakan pasar baru di masyarakat. Dengan begitu, kamu bisa keluar dari red ocean dan membuka peluang bagi pemain lain untuk masuk dalam blue ocean

Baca Juga: Memahami Blue Ocean Strategy Dalam Berbisnis

3. Terus Melakukan Inovasi 

Ketika sudah memperoleh pencapaian perusahaan, jangan langsung berpuas diri. Sebab, masih ada tujuan lain yang harus kamu capai yaitu menciptakan pasar-pasar baru yang inovatif. 

Untuk itulah, kamu harus terus berinovasi agar dapat menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen tanpa harus mereka memintanya. Biarkan konsumen mengikuti permainan yang sudah kamu tetapkan. 

Agar bisa menjalankannya, kamu perlu melakukan ini: 

  1. Memfokuskan diri pada kebutuhan konsumen di masa mendatang. 
  2. Mulai ciptakan motivasi atau dorongan dalam mempertajam segmentasi market yang dapat mengakomodasi perbedaan yang ada pada konsumen. 

Blue ocean strategy bisa diterapkan oleh siapa saja, tidak memandang perusahaan tersebut besar atau kecil. Selama kamu memahami konsepnya, kamu akan bisa menerapkannya. Begitu pula dengan berinvestasi di Amartha. Kenali dan pahami dulu. Kemudian mulai bergabung menjadi investor untuk memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here