Mengenal Bisnis Retail dan Jenis-jenisnya

|

|

|

Istilah retail atau ritel adalah istilah yang sering kita dengar, baik untuk para pebisnis atau orang awam. Namun, apa itu bisnis retail? Apa saja jenisnya dan bagaimana cara memulai bisnis retail?

Secara umum, bisnis retail adalah bisnis yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis ini memiliki pangsa pasar yang terbilang cukup besar.

Money+ merangkumnya untuk kamu di bawah ini:

Apa itu bisnis retail?

Bisnis retail atau ritel adalah aktivitas menjual produk atau jasa kepada konsumen atau pembeli secara langsung dalam jumlah kecil.

Produk atau jasa yang dibeli dari bisnis retail kebanyakan digunakan sebagai konsumsi pribadi atau keperluan rumah tangga.

Karena tujuannya untuk konsumsi pribadi, bisnis retail dapat dilakukan secara offline atau toko fisik maupun online atau toko digital.

Bisnis retail memiliki peran yang sangat penting dalam rantai pasokan (supply chain) dari produsen atau toko grosir besar ke konsumen yang membeli dalam jumlah kecil.

Baca Juga: Alasan Bisnis Franchise Adalah Bisnis Terbaik Untuk Pemula

Jenis-jenis bisnis retail

Bisnis retail dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu berdasarkan produk yang dijual, kepemilikan, dan skala usaha. Simak penjelasan di bawah ini:

Produk yang dijual

  • Service Retailing, ritel yang menawarkan layanan atau jasa kepada konsumen. Contoh: sewa apartemen, rental mobil, reparasi barang elektronik, hingga pengasuh bayi dan pemandu wisata.
  • Product Retailing, bisnis retail yang memasarkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Contoh: toserba atau department store, swalayan, minimarket (alfamart dan indomaret), food & drug retailer.

Kepemilikan

  • Ritel Independen, bisnis retail yang dijalankan tanpa afiliasi atau independen. Contoh: toko kelontong atau warung.
  • Waralaba atau franchise, bisnis yang dijalankan oleh franchisee menggunakan manajemen bisnis dari standar perusahaan franchisro. Contoh: Kopi Kulo, Janji Jiwa
  • Retail yang sudah ada, bisnis ini biasanya adalah warisan atau bisnis keluarga yang diwariskan kepada generasi berikutnya.
  • Corporate Chain, bisnis retail jenis ini terdiri atas dua atau lebih bisnis yang dimiliki oleh beberapa individu pemegang saham dan tergabung dalam satu grup. Contoh: Ramayana Group, Matahari Group

Skala Usaha

  • Retail skala besar, meliputi retailer yang menjual barang dalam skala besar. Contoh: department store, supermarket, hypermarket.
  • Retail skala kecil atau pengecer tradisional. Retail jenis ini terbagi lagi menjadi dua kategori: retail kecil berpangkal seperti pedagang kaki lima atau kios yang menetap dan retail kecil tidak berpangkal seperti pedagang keliling.

Cara memulai bisnis retail

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis retail? Berikut ini beberapa cara yang perlu kamu lakukan:

Tentukan bisnis yang ingin dijalankan

Seperti yang dijelaskan di atas, bisnis retail memiliki banyak jenis usaha, skala, dan kepemilikannya. Hal ini perlu kamu tentukan terlebih dahulu saat ingin memulai bisnis retail.

Tanyakan kepada dirimu jenis usaha apa yang ingin dijalankan, jasa atau produk? Apakah ingin skala kecil atau besar? Lalu, apakah ingin dijalankan sendiri, franchise, atau lainnya?

Memiliki modal usaha

Setelah memikirkan dengan baik poin nomor pertama, selanjutnya kamu perlu mencari tahu berapa besaran modal yang diperlukan untuk bisnis retailmu.

Apakah modal yang kamu miliki saat ini cukup? Atau kamu mungkin perlu meminjam kepada kerabat? Atau meminjam ke lembaga keuangan.

Apabila kamu memilih bisnis retail skala kecil dan kepemilikan independen, kamu bisa mengajukan pinjaman usaha tanpa agunan di Amartha. Sebagai informasi, Amartha hanya menyalurkan pinjaman kepada perempuan pengusaha mikro yang tinggal di pedesaan.

Siapkan strategi pemasaran

Langkah terakhir dan sangat penting adalah menyiapkan strategi pemasaran agar bisnis retailmu dikenal oleh banyak orang sehingga banyak pembeli. Ada banyak strategi pemasaran yang tersedia di internet, bahkan kamu bisa mencarinya di blog Money+.

Selamat mencoba!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.