Mengenal Bisnis Hospitality dan Jenis-Jenisnya

|

|

|

Pernahkan kamu mendengar tentang kata hospitality? Banyak orang yang sering mengaitkan bisnis hospitality adalah tentang perhotelan. Bisnis hospitality punya jenis-jenis yang bermacam-macam.

Bisnis hospitality bukan hanya perhotelan, tapi juga merambah pada berbagai konsentrasi yang relevan dan spesifik seperti event, travel & tourism, dan kuliner.

Secara umum, hospitality bisa didefinisikan sebagai bisnis jasa yang sangat tergantung pada pelayanan terhadap tamu. Keramahtamahan merupakan modal utama agar bisnis hospitality bisa berkembang dengan baik.

Perlu diketahui,  bisnis hospitality sendiri bisa dibagi menjadi 4 jenis utama, yaitu:

1. Food & Beverages (F&B)

Jenis bisnis hospitality yang pertama adalah Food & Beverages (F&B). Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, ini merupakan bisnis yang masuk ke sektor makanan dan minuman.

Bisnis F&B sendiri biasanyanya menyuplai makanan dan minuman ke berbagai sektor, termasuk perhotelan.

Baca Juga: Tips Memilih Investasi Franchise F&B Yang Menguntungkan

Industri F&B sendiri diperkirakan menyediakan 50% dari semua makanan yang ada di hotel. Ini terdiri dari perusahaan yang terlibat dalam menyiapkan makanan, makanan ringan dan minuman yang dikonsumsi langsung di dalam hotel maupun di luar.

2. Penginapan

Yang dimaksud sebagai penginapan di sini adalah tempat menginap untuk jangka waktu tertentu seperti untuk tidur selama satu malam atau lebih.

Contohnya hotel mewah, hostel, perkemahan, dan bisnis lainnya yang menyediakan tempat untuk orang bermalam.

Jenis bisnis hospitality seperti penginapan biasanya punya target pasar seperti turis bisnis, turis liburan, turis dengan jangka panjang, turis low budget, ataupun tipe-tipe turis lainnya

3. Travel & Tourism

Pada dasarnya, Travel and Tourism selalu identik dengan pelayanan yang berhubungan dengan perjalanan orang-orang dari satu tempat ke tempat lain seperti bus, taksi, pesawat, kapal, kereta api, dan sebagainya. Semuanya ini bisa dibilang merupakan bagian dari jenis bisnis hospitality berupa Travel and Tourism.

Fungsi utama dari Travel and Tourism sendiri adalah untuk memfasilitasi orang-orang saat ingin berpergian. Ketika orang bepergian, mau urusan bisnis ataupun liburan, mereka akan menghabiskan uang untuk operasional pada jenis bisnis hospitality yang satu ini.

4. Rekreasi

Rekreasi sendiri bisa didefinisikan sebagai segala aktivitas yang dilakukan saat ingin bersantai dan bersenang-senang. Adapun, tujuan dari melakukan rekreasi yakni menyegarkan tubuh dan pikiran seseorang.

Karena itu, jenis bisnis hospitality yang digolongkan sebagai industri rekreasi contohnya adalah bioskop, taman rekreasi, arena bermain anak, maupun sarana hiburan lainnya.

Nah, itulah penjelasan dari bisnis hospitality serta jenis-jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.