Mengenal Asal Usul Ngabuburit, Tradisi Unik di Indonesia

0
401
ngabuburit
Ilustrasi ngabuburit. Photos by istockphoto

Orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah Ngabuburit. Hal satu ini sudah menjadi budaya di masyarakat Indonesia setiap kali bulan Ramadhan tiba.

Kamu penasaran bagaimana asal usul, apa itu ngabuburit ramadhan dan fakta menarik lainnya tentang budaya satu ini? Simak penjelasannya di bawah ini !

3 Fakta Menarik Budaya Ngabuburit di Indonesia

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yaitu kata “burit” yang memiliki arti “sore hari”. Arti dari kata ngabuburit adalah “ngalantung ngadagoan burit” atau “bersantai menunggu waktu sore”, ini karena seseorang melakukan suatu kegiatan yang dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa. 

Berbeda daerah biasanya memiliki istilahnya masing-masing meskipun mengandung arti yang hampir mirip, contohnya pada bahasa melayu yang menggunakan kata “malengah puaso” yang berarti kegiatan mengalihkan rasa haus dan lapar saat berpuasa. 

Biasanya dilakukan diantara waktu setelah salat ashar hingga sebelum matahari terbenam. Sebetulnya kata ini tidak hanya digunakan saat bulan ramadhan saja, pada hari-hari biasa pun kata ini sering digunakan, namun tidak sepopuler saat di bulan ramadhan.

Baca Juga: 
Yuk, Lakukan Kebaikan di Bulan Ramadhan dengan Memberdayakan Sesama

Manfaat Ngabuburit

Kegiatan ngabuburit juga tentu memiliki manfaat untuk Kamu, diantaranya : 

1. Mengalihkan rasa haus dan lapar

Sore hari menjadi jam rawan bagi Kamu yang sedang menjalankan puasa, karena rasa lapar dan haus akan semakin terasa pada jam-jam ini. 

Maka dari itu Kamu perlu melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan dari rasa lapar dan haus. Kegiatan ini baik dilakukan terutama pada anak-anak yang sedang belajar berpuasa. 

2. Menghilangkan stress 

Ketika berpuasa, Kamu akan mudah merasa bosan dan jenuh. Untuk mengatasinya Kamu dapat mengisi waktu dengan berjalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kamu akan merasa lebih bersemangat karena merasakan udara segar sembari melihat pemandangan sekitar. 

3. Menambah pahala

Ketika mengisi waktu menunggu berbuka puasa dengan beribadah atau kegiatan positif lainnya, tentu akan menjadi pahala bagi Kamu. Apalagi saat bulan ramadhan, Kamu akan mendapat pahala yang berlipat ganda. 

amalan sunnah bulan ramadan
amalan sunnah bulan ramadan. Photos by istockphoto

Rekomendasi Kegiatan Ngabuburit Yang Bermanfaat

Untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, Kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini : 

1. Tadarus

Mengaji atau tadarusan bisa Kamu lakukan sendiri maupun bersama keluarga. Tadarus dapat menjadi cara Kamu lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain itu, tadarus bersama keluarga akan lebih mengeratkan tali kekeluargaan.

2. Mencari Takjil

Ngabuburit di Indonesia sepertinya sudah menjadi tradisi dan rasanya belum lengkap jika berbuka puasa tanpa takjil. Kamu bisa berjalan-jalan sambil membeli takjil untuk berbuka puasa. Biasanya saat bulan ramadhan akan banyak pedagang yang berjualan menu takjil seperti kolak dan makanan manis lainnya. 

3. Membantu dan Memberdayakan Orang Lain

Bentuk dari membantu orang lain bermacam-macam, misalnya memberi makan bagi fakir miskin, sedekah, ataupun membantu orang yang sedang dalam kesusahan. Memberdayakan orang lain juga termasuk suatu perbuatan baik lho.

Misalnya dengan memberdayakan perempuan pengusaha ultra mikro di pedesaan yang membutuhkan modal usaha. Melalui P2P Lending Amartha, kamu bisa mendorong kemajuan usaha mereka dengan modal mulai dari 100 ribu rupiah saja.

Selanjutnya kamu bisa mendapatkan imbal hasil pendanaan sampai 15% flat per tahun untuk setiap perempuan yang diberikan modal usaha. Informasi lebih jelas bisa kamu akses di www.amartha.com, ya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here