Mengenal Apa Itu QRIS dan Manfaatnya untuk UMKM

0
116

Di era digitalisasi saat ini, makin marak penggunaan e-money baik untuk transaksi online maupun offline. Salah satu cara yang populer dan praktis digunakan saat ini adalah QRIS. Metode ini tidak hanya digunakan untuk transaksi di kota, namun saat ini juga sudah biasa dilakukan di mana saja. 

Dan tentunya, teknologi ini memberikan banyak manfaat yang bisa mendukung bisnismu. Jika kamu belum pernah mendengarnya, akan kita bahas terkait hal itu lebih lanjut di artikel ini. Saat membahas tentang jenis transaksi, pasti tidak lepas dari jenis usaha yang menggunakan fitur ini. 

Saat ini UMKM juga sudah mulai menggunakan metode pembayaran ini untuk transaksi. Seberapa penting perannya untuk UMKM? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal QRIS

Sebelum membahas lebih jauh tentang penggunaannya untuk UMKM, ada baiknya bila kita mengetahui dulu apa itu QRIS.

Memiliki kepanjangan Quick Response Code Indonesian Standard, di dalamnya tersedia Kode QR yang menjadi alat utama dalam bertransaksi. Dalam kode ini, terdapat matriks unik yang bisa langsung menghubungkan dengan akunmu.

Untuk para pengelola usaha, kamu hanya perlu membuka rekening bank yang tergabung dalam sistem QRIS yang memiliki izin dari BI.

Ketentuan Penggunaan Kode QR

Kamu dapat menggunakanya untuk 2 jenis pembayaran yang berbeda, yaitu dengan metode Customer Presented Mode (CPM) dan Merchant Presented Mode (MPM). Implementasi ini ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Mengenal Manfaat QRIS untuk UMKM

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, kode QR ini mulai dipakai sebagai alat transaksi. Dengan menggunakannya, kamu bisa melakukan transaksi dengan cepat dan non-tunai.

Berikut ini adalah manfaat untuk UMKM:

Transaksi yang Mudah

Saat kamu menggunakan standar kode QR Nasional ini, maka akan lebih mudah untuk usahamu karena kamu hanya memerlukan 1 kode QR saja. Ini bisa mempercepat proses transaksi karena kamu tidak perlu repot memikirkan uang kembalian. Dan tentunya, ini bisa menghindari antrian.

Kamu juga tidak perlu mendaftar ke berbagai bank, cukup 1 akun dan kamu bisa menggunakan untuk berbagai jenis transaksi.

Sebagai Alternatif Pembayaran

Di jaman yang makin mudah seperti sekarang ini, banyak konsumen yang tidak suka membawa uang tunai. Alternatif pembayaran ini, maka kamu tidak perlu membawa uang tunai lagi. Kamu bisa membayar melalui e-wallet secara digital.

Dengan cara ini, usaha milikmu akan makin menarik minat pembeli, baik yang ingin membayar secara tunai maupun non-tunai.

Meminimalisir Peredaran Uang Palsu

Dengan menggunakan QRIS, tentunya bisa otomatis mencegah penggunaan uang palsu karena semuanya menggunakan sistem digital. Kamu juga akan lebih mudah untuk mencatat transaksi karena sudah tersimpan di data base. Kamu tidak perlu menyimpan dan mencatat secara manual.

Baca Juga: Pentingnya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

Bagian dari Merchant

Hal paling menguntungkan dan memudahkan dari penggunaan kode QR Indonesia ini adalah kamu tidak perlu mendaftar satu per satu ke bank. Cukup mendaftar QRIS 1 kali dan kamu bisa menerima semua jenis pembayaran dengan mudah.

Mudah untuk Dianalisis

Teknologi dalam kode QR standar Nasional ini membuat kamu bisa mengakses detail histori dari semua transaksi kamu. Ini juga akan lebih memudahkan karena semuanya terpantau secara real time.

Dengan segala keuntungan dan manfaat yang sudah disebutkan diatas, pasti kamu ingin mencoba memakai QRIS untuk UMKM kamu bukan?  

Yuk, bantu danai juga perempuan tangguh UMKM di Indonesia bersama Amartha. Amartha menghubungkan pendana atau investor kepada penerima pinjaman khususnya perempuan pengusaha mikro melalui konsep microfinance marketplace. Tersedia pinjaman produktif yang bertujuan untuk membangun UMKM di pedesaan. Bersama Amartha, kamu berkontribusi dalam investing berdampak positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here