Home Money+ Mengejutkan! Deposito Jadi Jenis Investasi yang Aman Meski Virus Corona Melanda

Mengejutkan! Deposito Jadi Jenis Investasi yang Aman Meski Virus Corona Melanda

|

|

|

Dunia sedang dilanda virus mematikan yang belum ditemukan vaksinya. Covid-19 alias Novel Coronavirus telah mewabah ke seluruh dunia, sehingga menjadi pandemi yang mematikan dan memperburuk kondisi keuangan. Tidak perlu khawatir investasi aman dilakukan sekarang adalah deposito. Pasti masih banyak yang penasaran mengenai apa itu deposito dan bunganya, simak ulasan berikut ini!

Apa itu deposito?

Deposito, mungkin bagi sebagian orang masih bertanya-tanya tentang investasi satu ini. Secara umum deposito diartikan sebagai produk simpanan berupa investasi sederhana yang ditawarkan bank. Soal keuntungan tidak perlu ditanyakan lagi, nasabah akan mendapatkan suku bunga tetap untuk waktu tertentu.

Uniknya simpanan deposito tidak hanya melayani rupiah saja, ada simpanan berjangka berupa valuta asing loh! Sementara jangka waktu penyimpanan bisa kamu pilih. Mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Bunga deposito ini menyajikan penawaran yang kompetitif. Sangat berbeda dengan bunga tabungan bank hanya 0,5% dari total simpanan uang.

Keuntungan Deposito

Keuntungan yang besar tentu menimbulkan berbagai pertanyaan. Terlebih lagi menyangkut suku bunga deposito berkisar sekitar 3-7%. Selain itu, tidak akan mengalami penurunan, karena sifat bunganya konstan. Supaya tidak buntung, kamu juga wajib memilih produk deposito bank apa yang dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

Sudah menjadi rahasia umum, menyimpan uang di bank akan dipotong biaya administrasi bulanan. Berbeda dengan deposito bebas biaya bulanan sampai masa jatuh tempo tiba. Investasi deposito juga tergolong paling aman dibanding produk investasi lainnya. Bayangkan saja deposito ini sangat minim resiko.

Pasalnya, keuntungan tidak berpijak terhadap kondisi keuangan dalam negeri dan pergerakan pasar. Selain itu, awal mula pendaftaran deposito bagi calon nasabah diwajibkan mengajukan persyaratan yang mudah. Seperti membawa KTP, buku rekening dan materai, serta mengisi form pengajuan deposito.

Cara Perhitungan Bunga Investasi Deposito

Supaya kamu tidak ragu turut serta dalam deposito, harus tahu dahulu bagaimana cara perhitungannya. Ingat ya tiap jangka waktu yang kamu pilih suku bunganya berbeda. Sejak dulu ada 2 cara untuk menghitung bunga khusus deposito.

1.Apabila simpanan kurang dari Rp. 7,5 juta rupiah

Akan dihitung bunganya per bulan dengan rumusan :

Jumlah uang simpanan x bunga (per tahun) x tenor : 12

Hitungan simpanan ini terbilang kecil, tetapi dapat diambil dalam jangka waktu cepat.

2.Apabila simpanan melebihi Rp. 7,5 juta rupiah

Tentu saja perhitungan berbeda, antara lain:

Jumlah uang simpanan x bunga (per tahun) x 80% x tenor : 12

Tahukah kamu 80% perhitungan deposito khusus nominal di atas Rp 7,5 juta adalah bunga tahunan yang telah dipotong pajak 20%. Contohnya, bunga 5,9%, maka 20% dari persentase bunga diambil, jadi memperoleh hasil 4,7% per bulan. Bagaimana betapa menggiurkan bukan? Yuk daftarkan diri untuk menyimpan deposito.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...