Home Amartha Mengapa Proses Klaim Asuransi Saya Memakan Waktu?

Mengapa Proses Klaim Asuransi Saya Memakan Waktu?

|

|

|

Cuan atau untung merupakan kata yang terlintas pertama kali saat kita melakukan suatu investasi. Padahal, setiap instrumen investasi memiliki risikonya masing-masing. Sebagai pendana adalah menentukan jenis investasi yang cocok dengan profil risiko.

Di instrumen P2P Lending sendiri, risiko paling nyata adalah telat bayar hingga gagal bayar. Karena risiko yang nyata ini membuat sejumlah perusahaan melakukan mitigasi risiko, begitu pula dengan Amartha. Secara keseluruhan ada 5 mitigasi risiko yang dilakukan Amartha seperti tanggung renteng, sudah berizin usaha OJK, menerapkan ISO 27001 sebagai proteksi data diri, asuransi jiwa untuk mitra, dan asuransi penjaminan kredit untuk pendana.

Pandemi Covid-19 ini membuat sejumlah pengembalian dana (repayment) Anda di Amartha berada di kategori at risk atau pengembalian dana tepat waktu berada di bawah 100%. Kondisi ini terjadi karena mitra usaha secara langsung dan tidak langsung terdampak pandemi. Misalnya seperti penerapan PSBB atau local lockdown di beberapa desa, usaha mengalami kemunduran, sampai keadaan tidak terduga lainnya.

Ibu Rini, Mitra Usaha Amartha Yang Jago Ambil peluang Saat Pandemi

Mengklaim asuransi pun menjadi salah satu cara yang paling mudah dilakukan. Mengenai klaim asuransi penjaminan kredit, rekanan perusahaan asuransi terpercaya yang bekerja sama dengan Amartha untuk melindungi pendanaan Anda kini tengah mengalami peningkatan volume klaim yang signifikan. Pasalnya, peningkatan tersebut tak hanya dari Amartha saja, melainkan dari perusahaan lainnya.

Amartha tentu saja berkomitmen untuk memenuhi kewajiban untuk memproses klaim asuransi yang Anda ajukan. Namun ada beberapa hambatan yang dialami. Salah satunya berupa proses pengumpulan dokumentasi yang diperlukan dari tiap mitra usaha terdampak pandemi COvid-19 di sejumlah daerah di mana mitra Amartha tinggal dan beraktivitas. 

Adapun dokumentasi yang dibutuhkan berupa:

  • Akad,
  • Form Tanggung Renteng,
  • Surat Peringatan, dan 
  • Kartu Angsuran.

Demikian informasi yang dapat disampaikan terkait keterlambatan klaim asuransi dari para pendana. Amartha menyadari adanya ketidaknyamanan dalam situasi ini, namun Amartha tetap mengupayakan solusi agar para pendana dapat menerima dana pengembalian sesuai yang tertera di akad.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...