Mengapa Pemilihan Lokasi Bisnis Sangat Penting?

0
62
sumber: www.istockphoto.com
sumber: www.istockphoto.com

Mengapa pemilihan lokasi bisnis sangat penting? Ketika menjalankan bisnis, khususnya secara offline, harus diakui jika lokasi merupakan salah satu pertimbangan yang biasanya cukup lama dilakukan. Mulai dari biaya hingga hal yang lain-lainnya. 

Sebenarnya, mengapa pemilihan lokasi ini begitu penting. Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan jika “lokasi menentukan prestasi”. Hal ini bukan hanya berlaku di bangku sekolah, tetapi juga bisnis, saat mendirikan bisnis di tempat yang tepat, peluang mendapatkan keuntungan bisa lebih besar. 

Mengapa Pemilihan Lokasi Bisnis Sangat Penting? 

Memilih lokasi bisnis menjadi hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi besarnya biaya yang nantinya harus disiapkan. Semakin strategis lokasi yang kamu jadikan sebagai pilihan, tentu saja biaya sewa atau pembelian tempat menjadi semakin mahal. 

Alasan pentingnya lokasi bisnis yang lainnya adalah lokasi akan menentukan cara promosi. Bila kamu memilih lokasi usaha dekat dengan kampus, teknik promosinya pasti akan berbeda jika memilih lokasi usaha yang dekat dengan perkantoran. 

Bahkan, penentuan lokasi usaha nantinya akan mempengaruhi keuntungan usaha yang nantinya bisa kamu dapatkan. Oleh sebab itu, menentukan lokasi usaha akan menjadi keputusan yang strategis, lebih-lebih jika kamu baru saja memulai bisnis. 

Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha

Setelah mengetahui mengapa pemilihan lokasi bisnis sangat penting, berikutnya adalah sejumlah faktor yang akan mempengaruhi pemilihan lokasi bisnis. Berikut beberapa diantaranya:

1. Strategisnya Lokasi

Ketika memilih lokasi untuk menjalankan usaha, kamu bisa melihat apakah lokasi tersebut strategi atau tidak. Lokasi usaha yang strategis adalah lokasi yang membuat target pelanggan mudah melihat serta menghafal lokasimu. 

Dengan banyaknya orang yang berkunjung di sekitar lokasi, kesempatan bisnis untuk dikunjungi juga terbuka lebih lebar. Namun, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah, pastikan jika produk atau jasa yang kamu tawarkan sesuai dengan target konsumen yang berada di sekitar lokasi. 

2. Kondisi Bangunan

Ketika memutuskan memilih lokasi usaha di sebuah tempat, lebih baik kamu juga memperhatikan kondisi bangunannya. Apakah bangunan tersebut layak ditempati untuk beberapa tahun kedepan. 

Layak tidaknya kondisi bangunan menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Bahkan, meskipun lokasinya bagus, tetapi bangunannya tidak layak, lebih baik kamu mencari lokasi lain. 

Bangunan yang tidak layak akan membuatmu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan renovasi. Bukan hanya menghabiskan waktu, kamu juga harus menambah biaya operasional untuk memperbaiki bangunan. 

Baca Juga: Deretan 10 Bisnis Bikin Kaya Yang Dijalani Miliarder Dunia

3. Luas Bangunan

Cara menentukan lokasi bisnis yang lainnya adalah melihat luas bangunan. Luas bangunan yang akan kamu gunakan harus sesuai bidang usaha yang nantinya kamu tekuni. Contohnya kamu membuka usaha café yang cozy untuk nongkrong. 

Café yang terlalu sempit akan membuat pelanggan tidak nyaman. Ditambah, biasanya anak muda akan nongkrong berlama-lama di café. Jika cafemu sempit, mereka tentu akan malas untuk mampir. 

Oleh sebab itu, penting untuk memiliki strategi serta rencana tata ruang yang tepat. Bila sudah menemukan kandidat lokasi usaha yang tepat, kamu bisa memikirkan rencana tata letak ruang serta kelebihan dan kekurangan dari lokasi tersebut. 

Sehingga, kamu bisa menonjolkan kelebihan, menutupi kekurangan lokasi kemudian memanfaatkan fungsinya dengan semaksimal mungkin. Setelah mengetahui alasan mengapa pemilihan lokasi bisnis sangat penting, jangan sembarangan memilih lokasi ya. Di luar sana, mungkin banyak UMKM yang juga bingung memilih lokasi karena terbatasnya dana. Kamu bisa membantu mereka dengan memberikan akses permodalan melalui microfinance marketplace Amartha. Selain membantu sesama UMKM, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun, lho.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here