Home Money+ Menabung atau Investasi? Pilih yang Pas Buat Kamu

Menabung atau Investasi? Pilih yang Pas Buat Kamu

|

|

|

Menyisihkan gaji bulanan secara rutin akan berdampak positif di masa mendatang. Setidaknya Kamu memiliki dana darurat dari beberapa persen penghasilan yang diperoleh. Terdapat beragam cara untuk menyisihkan gaji pada pos-pos tertentu, salah satunya dengan melakukan kegiatan investasi dari lembaga terpercaya.

Cara Bijak Kelola Uang

Apabila uang gaji sudah habis sebelum pertengahan bulan. Maka hal ini menandakan  pengelolaan keuanganmu belum diatur dengan cermat. Akan tetapi lain halnya jika saat ini keuangan telah terkontrol secara aktif sehingga banyak sejumlah uang yang tersisa. Maka dari itu apa cara bijak yang harus Kamu pilih, menabung atau berinvestasi?

Terdapat beberapa beragam pertimbangan dari kegiatan menabung dan berinvestasi seperti berikut ini: 

  1. Menabung

Menabung di bank menjadi trend yang sedang digemari para pegiat menabung. Terdapat hal positif ketika memilih menabung di bank seperti keuntungan bagi hasil, bunga, keamanan, kemudahan transaksi dan keunggulan lain sesuai dengan bank yang dipilih oleh setiap nasabah. 

Menabung dianggap sebagai alternatif investasi dengan risiko yang lebih minim. Sedangkan kekurangan menabung adalah prosesnya yang tidak gratis, tabungan yang sulit berkembang dan terdapat limit transaksi.

  1. Investasi

Kegiatan keuangan yang tidak kalah menarik adalah berinvestasi. Kegiatan ini dianggap memiliki peluang lebih besar untuk mencapai kebebasan finansial. Kemudian nilai aset yang disimpan akan terus berkembang, terhindar dari inflasi (tergantung pada produk yang dipilih) dan persiapan masa depan yang terjamin.

Secara umum Kamu dapat mengetahui kekurangan dari berinvestasi seperti risiko finansial yang cukup tinggi. Kemudian memerlukan modal besar untuk memperoleh profit besar dan anjloknya nilai saham.

Alternatif yang ditawarkan dalam bidang finansial terkini adalah investasi pendanaan. Kamu dapat berperan sebagai pemberi dana yang bertemu dengan peminjam dana dalam sebuah kolom aplikasi atau peer to peer lending. Kedua pihak ini diberikan arahan dan pemantauan terhadap sejumlah nilai uang yang ditanam. 

Setiap peminjam dapat mempergunakan uang tersebut guna kelancaran bisnis maupun usaha. Sedangkan dana yang Kamu tanam akan menghasilkan lebih banyak laba di masa mendatang. Kemudian yakinkan diri untuk memilih produk finansial yang tepat demi masa depanmu!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...