Home Finance Memilih Pasangan adalah Investasi Jangka Panjang

Memilih Pasangan adalah Investasi Jangka Panjang

|

|

|

Romansa dan finansial adalah dua subjek yang kompleks dan berseberangan. Jika digabung secara serampangan, maka hal ini bisa menimbulkan bencana. Karena itu, memilih pasangan hidup yang baik bisa dibilang sebagai investasi jangka panjang.

Tentunya, kamu sering mendengar pasangan yang hubungan asmaranya menjadi berantakan karena permasalahan finansial. Tidak sedikit juga yang kemudian berpisah karena gagal dalam mengelola finansial bersama.

Dalam memilih pasangan yang hidup baik, tentunya harus ada keterbukaan dan saling mengungkapkan tujuan secara jujur untuk tujuan kebebasan finansial bersama. Meski begitu, hal-hal tersebut tetap tergantung pada aturan dasar, perjanjian, serta strategi keuangan yang telah disepakati bersama sejak memulai suatu hubungan.

Komunikasi merupakan kunci cara memilih pasangan hidup yang baik. Semakin awal komunikasi dimulai, maka semakin baik. Sebaiknya, komunikasi yang baik itu sudah harus dimulai sejak masih pacaran hingga kemudian di jenjang pernikahan.

Selain itu, kejujuran juga harus ditekankan dalam cara memilih pasangan hidup. Dengan mengedepankan kejujuran, sikap saling percaya dalam mengarungi bahtera rumah tangga akan muncul, termasuk dalam pengelolaan keuangan bersama.

Perlu kamu tahu, dalam memilih pasangan hidup tentulah tujuannya adalah memperoleh seorang pendamping yang dapat dipercaya perihal finansial. Pasanganmu sebaiknya harus mampu berkolaborasi denganmu dalam mengelola keuangan bersama.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika kamu dan pasanganmu akhirnya memutuskan untuk melakukan pengelolaan keuangan bersama:

  • Lakukan pembicaraan sejelas dan sedini mungkin tentang keuangan untuk menghindari ketidaksepakatan kecil yang berkembang menjadi pertengkaran.
  •  Rekening bersama sangat disarankan bagi pasangan dengan pandangan dan kebiasaan keuangan yang serupa.
  • Gaya investasi berbeda dari kamu dan pasanganmu serta kepribadian keuangan secara umum harus menjadi perbincangan tersendiri.
  • Pastikan kamu maupun pasanganmu memainkan peran dalam keuangan, meskipun ukuran peran itu dapat bergantung pada tingkat minat bersama.
  • Tetapkan tujuan keuangan dalam hubungan kamu dan pasangan, sebaiknya saling bantu satu sama lain untuk mencapai tujuan tersebut.

Nah, apabila kamu dan pasanganmu sudah memiliki pandangan dalam hal pengelolaan keuangan maupun investasi yang serupa. Ada baiknya kamu dan pasanganmu menerapkan beberapa strategi berikut!

1. Kenali Profil Risiko Diri Sendiri dan Pasanganmu

Hal yang paling penting adalah mengenali tingkat toleransi diri sendiri dan pasanganmu terhadap risiko dari setiap instrumen investasi jangka panjang yang hendak dipilih.

Jangan sampai nih, maunya untung cepat lalu memilih investasi yang cukup agresif. Kemudian, malahan jadi stres lantaran liat begitu berfluktuasinya harga pasar. Harga instrumennya turun sedikit aja langsung panik mau jual.

2. Menabung Bersama Sebelum Berinvestasi

Untuk beberapa instrumen investasi jangka panjang, kamu dan pasanganmu akan butuh modal besar demi mendapatkan imbal yang sepadan. Contohnya seperti investasi properti.

Jadi, ada baiknya kamu dan pasanganmu menabung terlebih dahulu hingga mencapai jumlah yang diinginkan, kemudian baru masuk ke instrumen investasi jangka panjang incaran.

3. Konsisten

Nah, ini termasuk yang paling susah. Untuk bisa berinvestasi dalam waktu yang lama hingga mendapatkan hasil yang sepadan sesuai yang diharapkan, tentunya kamu dan pasanganmu butuh perjuangan.

Contoh kecilnya, uang untuk investasi kadang terpakai untuk keperluan lain yang dirasa lebih darurat. Ini sudah hal yang biasa terjadi. Karena itu, kamu dan pasanganmu harus punya komitmen yang tinggi agar tetap konsisten berinvestasi.

Well, salah satu instrumen investasi yang patut kamu coba bersama pasanganmu adalah Peer to Peer (P2P) Lending. Salah satu platform Peer to Peer (P2P) Lending Produktif yang aman dan tepercaya adalah Amartha.

Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech peer to peer lending (P2P) yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro di pedesaan. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 500.000 perempuan di seluruh penjuru Indonesia telah menjadi mitra Amartha untuk diberdayakan.

Dengan bergabung menjadi pendana di Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Oh ya, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja loh!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...