Home Money+ Pendanaan Syariah Memasuki Era "New Normal", Mulailah Berinvestasi di Pendanaan Syariah

Memasuki Era “New Normal”, Mulailah Berinvestasi di Pendanaan Syariah

|

|

|

Pasien positif Covid-19 di Indonesia per tanggal 15 Juni 2020 sudah mencapai angka 38.277 pasien yang tersebar di 34 provinsi. Indonesia dan masyarakat sudah berjuang melawan virus ini hampir 3 bulan. Hal ini menyebabkan semua sektor terganggu, termasuk bidang ekonomi.

Baru-baru ini pemerintah pusat akan mulai memberlakukan ‘New Normal’ atau kebiasaan baru untuk masyarakat agar bisa berdampingan dengan virus corona. Selain itu, diharapkan pula semua sektor pemerintahan, termasuk ekonomi bisa berjalan lagi dengan baik.

Memilih Investasi Syariah Sebagai Peluang Usaha

Sistem ekonomi konvensional sudah banyak digunakan masyarakat untuk semua aktivitas keuangan. Tetapi saat ini sistem pendanaan syariah sudah mulai dilirik banyak pihak karena menawarkan banyak keuntungan. 

Produk-produk berbasis syariah bisa Anda gunakan sebagai peluang usaha  investasi yang menjanjikan di tengah masa transisi menuju new normal. Terdapat beberapa produk yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah:


1. Reksadana syariah

Bagi para pemula, reksadana menjadi pilihan paling favorit karena sangat mudah dilakukan. Beberapa bank syariah maupun platform e-commerce sudah melengkapi produknya dengan reksadana syariah. Anda cukup memulai investasi menggunakan smartphone saja.

2. Sukuk Ritel

Sukuk ritel merupakan produk investasi terbaru dari sistem ekonomi berbasis syariah. Anda bisa membeli obligasi syariah bernama SR012 dengan sistem pembayaran yang mudah. Produk sukuk ritel menganut akad ijarah dan wakalah sesuai dengan ketentuan ekonomi syariah. 

3. Emas

Investasi logam mulia sudah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Cara pembelian hingga pembayarannya pun sangat mudah. Anda bisa melakukan investasi emas di beberapa tempat misalnya perusahaan emas antam, pegadaian hingga platform e-commerce. 


4. Deposito syariah

Investasi di saat new normal akan aman dan transparan saat Anda memilih deposito syariah. Produk ini berupa simpanan dana berjangka dengan biaya ringan setiap bulannya. Jika deposito konvensional memberikan bunga, maka deposito syariah akan memberikan nisbah dari akad mudharabah.

Produk ini akan memberikan keuntungan pada Anda karena dana yang diterima akan sesuai dengan kesepakatan awal. Setiap nasabah juga bebas menentukan persentase besaran nisbah untuk dibagi antara pemilik modal dan pengelola dana.

5. Asuransi syariah

Memberikan perlindungan diri sangat penting dilakukan, apalagi setelah munculnya pandemi di tahun 2020. Anda bisa melakukan investasi menjanjikan berupa pembelian produk asuransi syariah. Produk ini juga menjadi peluang usaha untuk menambah pemasukan setiap bulannya.

6. Saham syariah 

Jenis investasi menjanjikan lain untuk menambah pundi-pundi rupiah dikala pandemi adalah membeli saham syariah. Saham berbasis syariah ini didasarkan pada sistem bagi hasil dengan keuntungan yang didapat dari JII70.

Saham JII70 terdiri dari 70 saham peringkat tertinggi untuk selanjutnya akan diputar pada pasar modal syariah harian. Karena prinsip syariah mengedepankan sistem bagi hasil sama rata, maka manfaat dan resiko juga tergantung dari besarnya modal yang Anda tanamkan.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...